Cara Membuat Selai Coklat Dari Coklat Batang Enaknya Lebih

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat selai coklat dari coklat batangan yang enak dan mudah. coklat merupahkan hasil dari oalahan biji buah kakao, selain itu coklat juga mempunya banyak manfaat jika dikonsumsi dengan porsi yang pas.

Selai Coklat

selai coklat

Cokelat matang dari pohonnya bisa dimakan jika buahnya menempel pada biji kakaonya dan rasanya agak asam karena hanya kulitnya yang digunakan untuk membuat bubuk kakao. Cokelat juga mengandung lemak yang manfaatnya mirip dengan minyak zaitun dan mengandung mineral esensial untuk memperkuat tulang, gigi, kulit dan rambut.

Ini sangat membantu untuk mencegah proses penuaan dini. Cokelat juga diketahui mengandung antioksidan dan flavonoid yang sangat membantu mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan kanker serius. Meskipun merupakan makanan penambah berat badan, coklat juga dianggap sebagai salah satu makanan penurun stres yang sangat baik.

Bahkan coklat dipercaya dapat meningkatkan mood. Diyakini bahwa coklat juga meningkatkan libido, atau keinginan untuk bahagia, dan mengurangi tingkat stres seseorang. Cokelat juga bermanfaat untuk memperlambat penuaan, menurunkan tekanan darah, dan menenangkan orang dalam berbagai kondisi mental.

Namun, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi cokelat setiap saat, karena terlalu banyak cokelat dapat membahayakan kesehatan Anda, karena terlalu manis dapat menyebabkan diabetes. Jika anda tidak suka manis cobalah tahu bulat, tahu juga enak dan banyak manfaatnya.

Baca juga : Cara Membuat Cream Coklat Dari Coklat Bubuk Yang Tentunya Praktis

Cara Membuat Selai Coklat Dari Coklat Batang

Cara Membuat Selai Coklat Dari Coklat Batang

Bahan – bahan :

  • 3 sendok makan tepung terigu
  • Cokelat batangan secukupnya
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 2 bungkus susu kental manis
  • 3 sendok teh vanilla
  • 2 sendok makan margarin
  • 300 ml air

Cara Membuat Selai Cokelat Batangan :

  1. Pertama, lelehkan permen sampai encer.
  2. Masukkan semua bahan ke dalam panci kecuali margarin dan tepung yang harus berkualitas baik agar selai tidak mengeras, atau Anda bisa membuat tepung sendiri menggunakan mesin penepung untuk memastikan kualitas tepung lebih terjamin.
  3. Kemudian aduk rata hingga tepung atau cocoa powder tidak lagi tercampur.
  4. Kemudian masak dengan api kecil di atas kompor, aduk terus sampai Anda mendapatkan konsistensi yang lembut.
  5. Tambahkan margarin, aduk hingga merata.
  6. Keluarkan, tunggu hingga dingin, atau masukkan ke dalam lemari es.
  7. Saus coklatnya siap disantap.

Manfaat Selai Coklat

Manfaat Selai Coklat

  • Tingkatkan mood Anda

Penelitian menunjukkan bahwa makan cokelat dapat menurunkan kadar hormon kortisol, yang diproduksi tubuh saat stres, dan merangsang otak untuk melepaskan lebih banyak endorfin dan serotonin, yang dapat membuat Anda bahagia.

  • Kendalikan nafsu makan Anda.

Satu studi menunjukkan bahwa makan cokelat sebelum atau sesudah makan dapat memberikan efek penuh. Karena bisa mencegah keinginan ngemil yang tidak sehat dan bisa berujung pada penambahan berat badan.

  • Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Kandungan flavonoid pada coklat dapat meningkatkan sirkulasi dan mengurangi resiko penyumbatan pada pembuluh darah. karena membuat coklat menjadi makanan yang baik untuk mengurangi penyakit jantung dan mencegah stroke.

  • Pengendalian kadar gula darah.

Manfaat flavonoid yang tidak kalah pentingnya dalam cokelat adalah mengontrol gula darah. Maka dari itu, coklat baik untuk menyeimbangkan kadar gula darah dan mencegah diabetes.

  • Menurunkan kolesterol.

Cokelat dipercaya dapat menyeimbangkan kadar kolesterol dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Dengan demikian, coklat membantu mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

  • Menjaga fungsi dan kesehatan otak.

Makan coklat juga dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Manfaat ini dikarenakan kandungan flavonoid pada coklat yang dapat meningkatkan perhatian dan daya ingat.

  • Menekan pertumbuhan sel kanker.

Kandungan antioksidan pada coklat dipercaya dapat mencegah kerusakan sel yang merupakan salah satu penyebab kanker. Sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi cokelat secara rutin dapat menurunkan risiko terkena kanker.

Demikian artikel yang saya jelaskan semoga mempunyai manfaat yang lebih tentang cara membuat selai coklat dari coklat batang, terima kasih.