Cara Membuat Selai Coklat Dari Milo Yang Enaknya Terasa

Punya roti tapi bingung mau diberi toping apa? Diberi selai coklat aja, salah satunya selai coklat dari milo. Mudah kok, cara membuat selai coklat dari milo yang mudah dan bahanya juga mudah didapatkan diwarung terdekat.  Selai itu selai coklat dari milo juga banyak manfaatnya untuk tubuh lho!

Definisi Coklat

Definisi Coklat

Coklat matang dari pohonnya bisa dimakan jika buahnya menempel pada biji kakaonya dan rasanya agak asam karena hanya bijinya yang digunakan untuk membuat bubuk kakao. Coklat juga diketahui mengandung antioksidan dan flavonoid yang sangat membantu dalam mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh yang dapat menyebabkan kanker yang mengerikan.  Makanan yang sangat cocok untuk menghilangkan stres.

Bahkan coklat dipercaya dapat meningkatkan mood. Juga dipercaya bahwa coklat meningkatkan libido atau keinginan untuk bahagia dan mengurangi stres pada seseorang. Coklat juga bermanfaat dalam memperlambat penuaan, menurunkan tekanan darah, dan memiliki efek menenangkan bagi orang yang memiliki banyak pikiran.

Namun, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi cokelat setiap saat, karena terlalu banyak cokelat dapat membahayakan kesehatan Anda, karena terlalu manis dapat menyebabkan diabetes. Jika sarapan dengan roti yang dikasih toping selai ditambah dengan minuman jus buah sebagai pendamping akan makin enak.

Baca Juga : Cara Membuat Selai Coklat Lumer Cocok Untuk Menghilangkan Stress

Cara Membuat Selai Coklat Dari Milo

Cara Membuat Selai Coklat Dari Milo

Bahan – bahan :

  • 6 kantong coklat
  • 3 sachet coklat milo
  • 4 sendok makan susu kental manis
  • 6 sendok makan gula pasir
  • 4 sendok makan tepung terigu
  • 400 ml air
  • 2 sendok makan meizina

Cara Membuat Selai Coklat Dari Milo :

  1. Pastikan tepung yang Anda buat berkualitas tinggi, atau Anda bisa membuat tepung sendiri dengan menggunakan mesin penepung.
  2. Campurkan bahan yang sudah disiapkan dan tambahkan cokelat ke dalam panci dengan air secukupnya. Aduk sampai semuanya tercampur rata.
  3. Didihkan, lalu tambahkan gula dan coklat milo. Aduk hingga kental dan pecah. Saat Anda memadamkan api
  4. Tambahkan meizina terlarut, aduk rata dan dinginkan.
  5. Simpan dalam wadah tertutup agar selai tidak membeku.

Manfaat Selai Coklat

Manfaat Selai Coklat

Coklat memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Coklat bukan hanya makanan enak, tapi juga obat stres. Namun konsumsi coklat yang berlebihan bisa jadi tidak sehat, seperti diabetes. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati saat mengonsumsi coklat.

1. Tingkatkan Mood Anda

Tidak diragukan lagi manfaat coklat ini. Coklat terkenal karena sifatnya yang meningkatkan mood. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan coklat dapat menurunkan kadar hormon kortisol yang dibuat tubuh saat stres dan merangsang otak untuk memproduksi lebih banyak endorfin dan serotonin, yang dapat membuat Anda bahagia.

2. Kendalikan nafsu makan Anda

Satu studi menunjukkan bahwa makan cokelat sebelum atau sesudah makan dapat memberikan efek penuh. Hal ini dapat mengurangi keinginan Anda untuk ngemil, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Makanya, konsumsi coklat dipercaya bisa mengontrol nafsu makan, oleh karena itu bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan ideal.

3. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Coklat mempunyai kandungan flavonoid yang berfungsi meningkatkan sirkulasi dan mengurangi resiko penyumbatan pada pembuluh darah. Efek ini menjadikan coklat sebagai makanan yang baik untuk pencegahan penyakit jantung dan stroke. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan bahwa coklat efektif mencegah stroke.

4. Pengendalian Kadar Gula Darah

Manfaat flavonoid yang tidak kalah pentingnya dalam coklat adalah mengontrol gula darah. Dengan demikian, coklat bermanfaat dalam mencegah resistensi insulin dan diabetes. Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda perlu lebih berhati-hati dalam memilih coklat yang Anda konsumsi. Beberapa jenis coklat mengandung gula dan jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan diabetes.

Demikian artikel yang saya jelaskan semoga dapat mengispirasi cara membuat selai milo dan manfaatnya, silahkan dicoba dirumah dan jangan lupa buat toping sarapan roti dengan selai coklat.