Cara Membuat Sempol Sederhana Tanpa Daging

Okeey kawan kawan bertemu lagi dengan saya, nah disini saya akan membagikan artikel tentang cara membuat sempol sederhana tanpa daging, yuk baca sampai selesai agar paham.

Sempol

Sempol adalah makanan jalanan yang sangat populer saat ini. Saking populernya Sempol yang dulu sepi penjual Sempol, kini bisa kita temukan dimana-mana. Bahkan, penjual Sempol bisa Anda temukan di mana-mana.

Jajanan yang satu ini sangat digemari oleh masyarakat umum, khususnya para anak muda milenial. Selain itu, Sempol juga memiliki banderol harga yang cukup murah sehingga banyak pedagang yang menjualnya.

Salah satu alasannya karena sempol mudah disiapkan dan bahan-bahan yang Anda butuhkan sangat mudah ditemukan di mana saja. Pemrosesan juga dapat digambarkan sangat sederhana, pemrosesan mesin tidak diperlukan.

Sempol adalah makanan atau jajanan yang sukses dibuat oleh Balikpapan. Sandwich tepung terigu dan tepung tapioka. Disajikan dengan saus kacang atau saus cabai, kami menemukannya di mana-mana. Karena rasanya yang enak, banyak orang yang menyukai Sempol ini, dengan rasa yang enak, Sempol hanya memiliki harga yang sangat murah.

Kalaupun harganya murah, rasa yang tercipta dari rasa asinnya pun tidak sembarangan lho… banyak yang ketagihan sempol, makanya sempol sedang naik daun saat ini. Beginilah kita bisa melihat pedagang sempol yang biasa ditemui di pinggir jalan.

Bahan:

10 sendok makan tepung tapioka gandum utuh
4 sendok makan tepung gandum utuh
1 daun bawang, potong dadu
Air panas secukupnya

Bumbu halus :

5 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sdt kaldu bubuk
Garam secukupnya

Pencelup :

1 telur
Sedikit garam

Begini cara memasaknya:

Siapkan wadah, lalu masukkan tepung terigu, tepung tapioka, bawang bombay, tak lupa bumbu halus. Lalu aduk hingga rata.
Setelah tercampur, tambahkan garam dan kaldu sampai rasanya enak.
Tambahkan air panas sedikit demi sedikit sambil mengaduk adonan dengan sendok, setelah terlihat seperti adonan dan tidak panas lagi gunakan tangan sampai adonan bisa dibentuk
Ambil adonan dan tempel di tusuk sate.
Setelah adonan menempel di tusuk sate, siapkan panci dan tambahkan air hingga hampir penuh. Rebus hingga mendidih.
Jika air sudah mendidih masukkan adonan sempol ke dalam panci dan tunggu hingga adonan mengapung, jika sudah mengapung tunggu sampai matang.
Setelah sempol direbus, kita keluarkan dan saring agar airnya menyusut.
Siapkan telur, lalu masukkan campuran sempol yang sudah dimasak ke dalam adonan telur hingga merata.
Goreng dalam minyak panas hingga setengah matang, lalu angkat tiriskan dan celupkan kembali ke kocokan telur, lalu goreng hingga matang.
Ambil sempol yang sudah matang, tiriskan dan sajikan.

Tips ngemil di PKL

Berikut adalah beberapa tips bagi mereka yang suka ngemil di pinggir jalan.

1. Perhatikan proses memasaknya

Proses memasak menjadi salah satu pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk membeli jajanan pinggir jalan. Seperti dilansir Departemen Pertanian Amerika Serikat, kita harus bisa menentukan apakah proses memasak yang dilakukan sudah sesuai dengan peraturan keamanan pangan.

Departemen Pertanian AS merekomendasikan aturan memasak untuk makanan, yaitu: Makanan panas harus dikukus atau disajikan pada suhu 60 derajat Celcius atau lebih tinggi.

Yang terpenting, jika makanan akan disajikan panas tetapi tidak panas saat Anda membelinya, yang terpenting adalah jangan membelinya. Makanan dingin harus disimpan di atas es atau di lemari es dan harus dingin saat Anda memakannya.

Sandwich dan roti gulung siap pakai dengan daging, ikan, ayam, telur, dan keju harus disimpan di lemari es. Semua daging harus dimasak dengan matang sampai tidak ada daging merah muda yang tersisa.

2. Menjaga kebersihan makanan

Kebersihan makanan bisa dibaca dari bahan-bahan yang digunakan. Hindari membeli makanan dengan bahan yang terlihat kotor, busuk, atau bahkan berjamur. Bahan-bahan tersebut dapat terkena bakteri yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

3. Pastikan bahan yang kalian gunakan masih baru.

Saat membeli makanan jajanan, kita juga harus memastikan bahwa bahan makanannya adalah bahan baru, yang bisa dikenali dari warna dan kekuatan bahannya. Camilan yang terbuat dari sisa bahan layu meningkatkan kadar bakteri dalam makanan. Misalnya, untuk jenis gorengan, Anda bisa membeli gorengan yang dimasak dengan minyak baru, bukan minyak lama yang menghitam.

4. Bawa peralatan makan sendiri

Menggunakan peralatan makan Anda sendiri dapat membantu mencegah bakteri. Hal ini terutama berlaku untuk makanan yang disajikan dalam wadah yang digunakan secara bergantian di tempat tersebut. Siomay, bakso, dan batagor adalah tiga jenis makanan yang umumnya disajikan di piring atau mangkuk oleh pedagang yang sudah digunakan berulang kali. Anda dapat menggunakan piring penjual dengan memastikan terlebih dahulu bahwa penjual akan mencuci piring dengan sabun dan air mengalir agar tetap bersih. Namun, jika piring dan mangkuk dibilas dengan ember berisi air keruh dan jarang diganti atau diganti, sebaiknya bawa peralatan makan sendiri. Ini akan membantu Anda mencegah bakteri dan virus penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh Anda.

5. Alat pembersih yang digunakan oleh penjual

Kebersihan peralatan masak dan metode memasak juga dapat diperhitungkan saat memilih makanan jalanan. Seperti yang dilaporkan Better Health Channel, ada beberapa standar alat kebersihan yang harus diperhatikan dan digunakan dalam proses memasak untuk menyajikan makanan, antara lain: Vendor menggunakan perangkat yang berbeda untuk menangani makanan mentah dan matang agar bakteri dari bahan baku tidak menempel. untuk makanan yang dimasak. Penjual menggunakan kain bersih untuk menyeka permukaan untuk disajikan atau dimasak. Peralatan yang digunakan penjual bersih. Pencuci Piring dan Cara Mencuci Peralatan yang Dapat Ditukar yang Digunakan Konsumen.

6. Bersihkan area atau lingkungan tempat anda berjualan

Kebersihan tempat refreshment point juga harus diperhatikan. Kebersihan tempat dapat menjadi tolak ukur untuk mengetahui apakah makanan yang disajikan terkena virus atau bakteri. Hindari membeli jajanan saat penjual berada di dekat tempat sampah, terkena polusi udara, atau makanan tidak terlindungi mis. B. wadah atau tutup.

Okee mungkin itu yang bisa saya bagikan pada artikel cara membuat sempol sederhana tanpa daging, nah bagi kalian yang suka daging bisa mencari resep dan cara membuat sempol dengan daging ayam, gunakan mesin penggiling untuk mempermudah pengolahannya.