Cara Membuat Tanaman Sendiri Yang Mudah Dan Simple

Di artikel kali ini saya akan membahas tentang cara membuat tanaman sendiri yang mudah dan simple

cara membuat tanaman sendiri yang mudah dilakukan

Siap untuk membuat taman sendiri? Tantangan membuat  landscape taman sendiri memang mungkin akan terasa berat, namun jika kamu tahu cara membuat taman sendiri bukan tidak mungkin hasil taman buatanmu akan tampil layaknya karya tangan para profesional. Ada kepuasan tertentu yang tidak bisa dibandingkan jika kamu mampu menguasai cara membuat taman sendiri dengan baik.

Yuk, langsung deh dengan cara membuat taman sendiri yang mudah dilakukan

Cara Membuat Tanaman Sendiri

cara membuat tanaman sendiri yang mudah dilakukan

1. Cari Ide & Inspirasi Taman

Pastinya cara membuat taman sendiri ini harus diawali dengan apa jenis taman yang diinginkan. Apakah bentuk kebun sayur, taman kecil yang berisi bumbu dapur, atau kebun bunga? Jika kamu memilih kebun bunga, apakah jenis bunga hias yang dipilih adalah bunga, tahunan atau bahkan campuran?

Apapun jenis taman yang ingin kamu dapatkan dari cara membuat taman sendiri ini, saran Kania adalah mulai dari skala yang kecil, karena lebih baik sukses kecil-kecilan dalam cara membuat taman sendiri gagal total.

2. Pilih Lokasi Yang Tepat

Hampir seluruh jenis tanaman, baik sayur-sayuran maupun bunga, membutuhkan ekspos langsung sinar matahari selama 6 jam setiap harinya. Ambil sekurang- kurang 1 hingga 2 hari untuk memilih  tempat  yang paling cocok untuk taman, Analisa sinar matahari adalah salah satu tahapan dalam cara membuat taman sendiri yang cukup penting, jadi lakukan dengan seksama yah.

jika tidak ada  tempat  Yang cocok untuk review paparan matahari, Pilih Saja  tempat  DENGAN sengatan matahari Dan Sumber udara terdekat Yang ada. Pastikan  tempat  ini juga tidak tersembunyi dan mudah diakses pemeliharaan taman nanti semakin praktis dan efisien.

3. Mulai Membersihkan Lahan

Cara membuat taman sendiri lokasi yang ketiga adalah pernyataan dengan kata-kata yang dituju. Bersihkan areal tersebut dari sampah dan tumbuhan ilalang jika ada. Setelah itu, lembutkan dengan tangan / sekop kecil atau lapisi koran bekas dengan tumpukan pupuk kompos di atasnya.

Gunakan sekitar 5 lembar koran bekas dan 10 cm pupuk, yang mana seluruhnya akan terdekomposisi dengan baik dalam kurun waktu 3-4 bulan, sekaligus menutupi lahan yang sudah bersih dalam cara membuat taman itu sendiri.

4. Memperbaiki Kualitas Lahan

Salah satu hal terpenting dalam cara membuat taman itu sendiri adalah memperbaiki kualitas lahan. Ini dapat dilakukan dengan memberikan pupuk organik dan memastikan penyebarannya yang merata dengan baik. Pupuk organik seperti sisa kotoran atau sisa hewan atau sisa daun / rumput yang dapat ditambahkan ke permukaan lahan pertanian menjadi penuh nutrisi dan siap menghasilkan.

5. Memastikan Kepadatan Tanah

Mencangkul adalah salah satu bagian dari cara membuat taman sendiri yang membutuhkan tenaga, namun tidak terlalu berat kok. Dengan mencangkul, tanah akan berkurang kepadatan dan nutrisinya. Hasilnya, oksigen dan udara lebih mudah terserap oleh akar tanaman.

Patokan dalam mencangkul dalam cara membuat taman sendiri adalah jika kondisi tanah bisa dipadatkan dengan mudah menggunakan tangan dan tidak langsung pecah saat dilepas ke bawah. Gunakan sekop kecil dan aduk tanah dengan ketinggian 20- 50 sentimeter seluruh pupuk organik pada tahap 4 tercampur dengan sempurna.

6. Pilih Jenis Tanaman

Pastikan jenis tanaman yang kalian pilih dalam cara membuat taman sendiri ini sudah sesuai dengan iklim dan kondisi cuaca di lingkungan. Jika membutuhkan sumber dan info, maka sisihkan waktu untuk melakukan riset kecil-kecilan dari buku atau sumber lain di Internet. Dalam melaksanakan cara membuat taman sendiri, kemauan untuk mencari ilmu memang sangat dibutuhkan loh  guys!

Beberapa tanaman yang selalu menjadi langganan taman rumah adalah bunga monstera, pucuk merah, lidah mertua, dan bunga kertas. Kalau kamu mau pilih yang lain juga boleh banget!

7. Mulai Menanam

Bagian ini adalah tahap yang paling mengasyikkan dalam cara membuat taman sendiri, mulai meletakkan bibit tanaman ke dalam tanah yang sudah siap untuk ditanami. Beberapa benih bisa ditempatkan secara langsung dalam cara membuat taman itu sendiri, tetapi ada pulak benih yang harus ditumbuhkan sendiri secara terpisah di bibitan kecil, baik di kotak kecil atau pot-pot individu.

Tidak ada salahnya jika kalian bertanya kepada ahli atau profesional yang sudah mahir menanam tanaman, terutama dari segi kedalaman peletakkan tanaman atau jarak antara satu tanaman dengan lainnya.di antara kalian pasti pernah yang namanya minum air kelapa, serat dari kelapa ternyata memiliki banyak manfaat yang harus kita ketahui

8. Perawatan Secara Rutin

Tanaman yang rutin dirawat akan tumbuh menjadi tanaman yang kuat dan sehat. Setelah melakukan bagian berat dari cara membuat taman sendiri, lakukan pemeliharaan harian. Salah satu cara merawat tanaman seperti menyirami, membasmi hama, membersihkan dari semak- semak, dan memupuk sesuai takaran yang disarankan.kalian juga harus tau cara membuat cocopeat.

nah ada informasi tambahan nih buat kalian, di tahun 2021 sudah banyak orang yang memulai bisnis salah satu contohnya adalah sabut kelapa,buat kalian yang sedang menggembangkan usaha sabut kelapa bisa membeli  mesin pemintal tali  sabut kelapa yang di jamin bermanfaat bagi kalian.