Cara Mengakali Absen Fingerprint (Sidik Jari)

Setiap tempat kerja mempunyai berbagai aturan yang dipunyai. Sehingga hal tersebut membuat karyawan mempunyai hak dan kewajiban yang harus dijalankan agar di kantor tersebut dapat tercipta harmoni. Salah satu hal yang diatur oleh diatur misalnya adalah mengenai kehadiran karyawan, sehingga untuk membuat kehadiran dapat terdeteksi dengan baik maka kantor menggunakan alat yang canggih. Seperti sekarang ini di tempat kerja sudah umum ditemui mesin absen otomatis yang tidak mudah dicurangi seperti fingerprint. Akan tetapi tentu saja, karyawan tetap bisa untuk mengakali hal tersebut dengan beberapa cara dan dalam kondisi khusus. Misalnya saja beberapa cara mengakali absen fingerprint (sidik jari) yang dimiliki kantor adalah:

 

  • Salinan gambar atau fotokopi sidik jari

Cara pertama yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan salinan gambar atau fotokopi sidik jari. Terutama untuk mesin yang menggunakan sidik jari saja, akan tetapi untuk mesin yang mempunyai fitur wajah tidak bisa untuk menggunakan cara ini. Adapun untuk cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan salinan yang bisa didapatkan dari mesin scanner atau foto. Selanjutnya gambar tersebut di balik dan tingkat kontras bisa dinaikkan serta dikombinasikan dengan warna hitam putih. Cetak hasil tersebut menggunakan ukuran jari yang dipunyai.

 

  • Gel silikon

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan gel silikon. Dimana bahan ini bisa digunakan untuk menggunakan sidik jari yang dibuat menjadi cetak sidik jari. Anda bisa membuat cetakan dengan bahan dempul, setelah mengeras maka kemudikan silikon cair tersebut dicetak dengan sidik jari dan tunggu hingga mengeras kembali.

 

  • Jari rekan kerja

Cara mengakali absen fingerprint (sidik jari) yang terakhir adalah menggunakan jari rekan kerja. Dimana hal ini adalah cara yang paling mudah dan tidak membutuhkan peralatan yang harus disiapkan seperti di atas. Alat fingerprint biasanya akan menggunakan dua jari yang satunya menjadi cadangan. Sehingga cara mengakalinya adalah menggunakan sidik jari baru dari rekan kerja yang bisa dicatat pada mesin absen fingerprint. Hal ini akan membuat Anda bisa tetap absen apabila mempunyai acara atau berhalangan hadir.