Cara Mengatasi Sampah di Lingkungan Masyarakat yang Mudah

Bingung cara mengatasi sampah di lingkungan masyarakat?.Nah,tenang berikut ini cara mengatasi sampah di lingkungan masyarakat yang bisa anda coba.

Cara Mengatasi Sampah di Lingkungan Masyarakat

1.Cara Mengatasi Sampah di Lingkungan Masyarakat-Pisahkan sampah berdasarkan jenisnya

Langkah pertama dalam sistem pengelolaan sampah rumah tangga adalah memisahkan sampah berdasarkan jenisnya. Secara umum, Anda dapat memisahkan sampah menjadi dua jenis, yaitu sampah organik dan anorganik.

Siapkan tempat sampah yang berbeda di rumah yang ditunjuk untuk setiap jenis sampah. Perlu Anda ketahui, sampah organik adalah sampah yang berasal dari alam. Seperti sisa makanan atau daun. Dengan kata lain, semua sampah yang mudah terurai adalah sampah organik. Sedangkan plastik, karet, kaca dan kaleng tergolong sampah anorganik.

2.Cara Mengatasi Sampah di Lingkungan Masyarakat-Pengelolaan sampah organik

Cara termudah untuk mengelola sampah organik adalah dengan mengubahnya menjadi kompos yang dapat Anda gunakan untuk berkebun. Namun, jika Anda tidak suka berkebun atau tidak menyukai bau yang ditimbulkan dari pembuatan kompos, Anda bisa menyumbangkan sisa bahan organik kepada teman-teman Anda yang memiliki hobi berkebun atau penjual tanaman. Karena mereka akan dengan senang hati menerima pengomposan itu.

3.Cara Mengatasi Sampah di Lingkungan Masyarakat-Pengelolaan sampah anorganik

Beberapa sampah anorganik, seperti kertas, karton, botol, botol plastik, kaleng, dll, dapat didaur ulang. Jika Anda tidak yakin apakah kemasan makanan dapat didaur ulang atau tidak, Anda dapat memeriksa logo daur ulang pada kemasan makanan. Jika ada logo daur ulang, kemasan makanan bisa didaur ulang. Bawalah sampah anorganik ke pusat daur ulang terdekat atau Anda juga bisa membuangnya ke tempat sampah.

4.Cara Mengatasi Sampah di Lingkungan Masyarakat-Pengelolaan limbah berbahaya

Limbah berbahaya yang dipisahkan diangkut ke pusat daur ulang. Staf pusat daur ulang pasti tahu cara mendaur ulang limbah berbahaya sehingga tidak merusak lingkungan.

Untuk barang elektronik yang rusak atau menjadi sampah, Anda dapat mengembalikannya ke perusahaan yang memproduksinya. Beberapa perusahaan elektronik menerima barang elektronik bekas untuk didaur ulang menjadi produk elektronik baru.

5.Reduce, Reuse and Recycle

Buat metode Reduce, Reuse, Recycle, atau lebih dikenal sebagai 3R sendiri. Biasakan untuk menggunakan lebih sedikit plastik atau bahan lain yang sulit terurai.

Dampak Sampah di Lingkungan Masyarakat

1.Dampak buruk lingkungan kotor dan pencemaran sampah terhadap lingkungan.

Lingkungan yang kotor dan pencemaran sampah dapat berdampak buruk bagi manusia dan lingkungan. Dampak buruk lingkungan kotor dan pencemaran sampah terhadap lingkungan itu sendiri meliputi banyak hal termasuk pencemaran air. Pencemaran air dapat terjadi ketika limbah dibuang ke sungai, bukan sampah, dan ini sering terjadi di daerah yang tidak dapat diakses oleh tim pembersih sampah, seperti di daerah terpencil, misalnya. Selain pencemaran air sungai, pembuangan limbah atau sampah juga dapat menghambat operasi air tanah dan ini tentu saja menjadi berita buruk mengingat air tanah sangat penting bagi manusia.

Selain mencemari sungai dan menghambat operasi air tanah, limbah juga dapat mencemari tanah dan membuatnya tidak sehat. Demikian pula halnya dengan pembakaran sampah pekarangan, mengingat pembakaran sampah khususnya sampah anorganik dapat merusak lingkungan jika dilakukan secara terus menerus.

2.Dampak Lingkungan kotor, pencemaran sampah dan dampak negatifnya bagi manusia.

Tidak hanya berdampak buruk bagi lingkungan, pencemaran dengan sampah dan lingkungan yang kotor juga dapat berdampak buruk bagi manusia yang tinggal di lingkungan tertentu. Misalnya, pencemaran limbah diketahui menyebabkan peningkatan berbagai jenis infeksi saluran cerna, dll.

Hal ini karena dengan menumpuknya sampah tanpa dibuang pada tempatnya, hewan pembawa penyakit seperti lalat akan semakin banyak dan tentunya ini bukan satu-satunya dampak buruk dari lingkungan yang kotor dan polusi bagi manusia.

Dampak lain dari lingkungan yang kotor dan pencemaran sampah pada manusia yang seharusnya kita cegah adalah gangguan pernafasan. Ini bisa terjadi jika solusi yang digunakan untuk mengelola tumpukan sampah adalah dengan membakarnya.

Pembakaran sampah, apalagi jika sampah yang dimaksud adalah sampah anorganik, dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan masyarakat yang tinggal di dalamnya.

3.Dampak Lingkungan kotor dan pencemaran sampah serta dampak negatifnya terhadap pencemaran tanah

Pencemaran tanah ini berasal dari limbah rumah tangga, limbah industri dan limbah pertanian. Sampah merupakan pencemar utama dalam limbah rumah tangga. Kita bisa melihat sampah berserakan dimana-mana. Hal ini akan berdampak pada hujan asam yang terjadi akibat aktivitas industri yang menyebabkan terlepasnya logam-logam berbahaya dari ikatannya dan menurunkan pH tanah. Penggunaan pupuk kimia yang tidak terkendali menyebabkan tanah kehilangan unsur hara dan akibatnya produktivitas lahan pertanian di wilayah tersebut menjadi berkurang. Selain masuknya pestisida ke dalam tanah, mereka akan berpengaruh pada organisme yang berbeda melalui rantai makanan.

Baca Juga: Cara Mengurangi Penggunaan Plastik

Nah,itu tadi cara mengatasi sampah di lingkungan masyarakat yang bisa anda coba.sebagai cara mengurangi sampah yang ada di lingkungan masyarakat serta menjadikan lingkungan menjadi bersih dan asri.