Cara Menggoreng Popcorn Agar Mengembang yang Mudah

Cara menggoreng popcorn agar mengembang bukanlah hal yang sulit. Anda pasti sudah tahu tentang jajanan yang bernama popcorn. Popcorn adalah makanan ringan atau snack yang terbuat dari jagung. Jajanan ini sangat identik dengan bioskop atau film dan banyak diminati dari berbagai kalangan. Popcorn memang menjadi teman santai yang hebat. Makanan ini juga akan melengkapi aktivitas Anda saat menonton film bersama pasangan atau keluarga.

Namun, selain di bioskop, jajanan ini sulit ditemukan di sekitar rumah. Tapi jangan kecewa dulu, Anda juga bisa membuat popcorn sendiri untuk dinikmati. Anda bisa mencoba resep cara membuat popcorn sebagai camilan rumahan. Anda juga dapat dengan mudah menemukan resepnya di Internet.

Membuat popcorn juga tidak sulit, asalkan Anda mengikuti resep dan tips membuatnya. Anda juga bisa menggunakan mesin pemipil jagung dan mesin perontok jagung, Nah berikut ini caranya.

Cara Menggoreng Popcorn Agar Mengembang

1. Resep Popcorn Sederhana

Bahan-bahan

  • 2 cup jagung popcorn
  • 200 gram mentega

Bahan rasa

  • 85 ml susu kental manis
  • 200 gram gula pasir
  • 300 ml air
  • 2 sdt essence vanila
  • 3 sdt soda kue
  • 200 gram mentega

Cara Membuat

  1. Masukkan sedikit mentega ke dalam panci.
  2. Tuang jagung secukupnya ke dalam panci.
  3. Aduk dan setelah jagung mengembang, tutup panci, tapi jangan terlalu kencang.
  4. Kecilkan api dan tunggu hingga semua popcorn mengembang.
  5. Masak karamel dengan mencampur gula, susu, air, dan esens vanila hingga rata.
  6. Goreng dalam wajan dengan api kecil hingga kecoklatan.
  7. Matikan api dan tambahkan soda kue.
  8. Tambahkan mentega dan aduk rata.
  9. Tuang karamel di atas popcorn dan aduk cepat sampai rata.
  10. Panggang dengan api kecil selama sekitar 30 menit, aduk terus selama 10 menit.
  11. Dinginkan dan popcorn siap disajikan.

2. Resep Popcorn Spesial

Bahan-bahan

  • 3 genggam kecil Jagung pipil kering
  • 4 sdm Butter
  • 4 sdm Gula aren disisir
  • 5 sdm Gula halus
  • 2 sdm SKM
  • 2 sdt Garam

Cara Membuat

  1. Panaskan 2 sendok makan mentega dalam wajan besar, lalu tambahkan jagung dan tutup. Kocok wajan sesekali agar jagung tidak gosong.
  2. Saat jagung sudah mulai berubah menjadi popcorn, terus kocok wajan di atas api agar matang merata dan tidak gosong. Pastikan semua jagung matang. Keistimewaannya adalah tidak ada suara letupan yang terdengar lagi.
  3. Buka tutup panci. Matikan apinya.
  4. Di wajan lain (bisa pakai teflon) panaskan 1 sendok makan mentega, lalu masukkan gula merah, gula halus, skm dan garam.
  5. Tunggu hingga semuanya larut dan mulai menjadi karamel. Perisai keluar berbusa dan menebal. Kocok teflon sebentar agar merata.
  6. Matikan api dan tuangkan karamel di atas popcorn. Aduk rata dengan cepat agar tidak menggumpal di satu tempat. Aduk terus popcorn.
  7. Biarkan popcorn mendingin di atas loyang lebar yang dilapisi kertas roti. Salin ke dalam wadah kedap udara setelah dingin.

Tips dan Cara Menggoreng Popcorn Agar Mengembang

  1. Saat memasak biji popcorn, gunakan minyak dengan titik didih tinggi seperti minyak canola, minyak kelapa, atau minyak kacang. Minyak ini dipilih agar popcorn tidak mudah gosong.
  2. Saat memasak popcorn, panci harus ditutup agar biji popcorn tidak melompat keluar dari wajan. Namun, sebaiknya Anda membuka tutupnya sedikit agar uapnya bisa keluar. Ini dilakukan untuk mencegah popcorn basah oleh uap yang menumpuk di wajan.
  3. Salah satu trik untuk membuat popcorn manis lebih renyah adalah dengan memasak karamel sedikit lebih lama. Semakin lama karamel dimasak, popcorn karamel akan semakin renyah. Pastikan karamel tidak gosong dan menjadi pahit.
  4. Setelah karamel selesai, matikan api dan tambahkan bahan lain seperti vanila. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam ke karamel untuk rasa manis dan asin yang lezat, gaya karamel asin.
  5. Anda juga bisa menaburkan garam pada popcorn karamel segera setelah dikeluarkan dari oven.
  6. Jika Anda memanggang popcorn karamel di dalam oven, sebarkan popcorn di atas loyang datar agar matangnya merata. Jangan lupa untuk mengaduk popcorn setiap 15 menit saat dipanggang agar tidak gosong.

Demikian artikel dari saya semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba, terimakasih.