Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet Bagi Pemula

Assalamu’alaikum Wr. Wb. pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara menyimpan sayuran agar awet. Menyimpan sayuran perlu anda ketahui baik untuk waktu singkat maupun untuk waktu yang lama.

Dalam penyimbahan sayuran atau bahan makanan diperlukan beberapa cara agar sayuran tersebut akan bertahan dalam waktu yang lama dan terjaga kualitasnya. Jangan sampai sayuran atau bahan makanya untuk persediaan anda membusuk atau rusak sebelum digunakan.

Sayuran adalah salah satu bahan makanan yang cukup riskan jika anda simpan dalam waktu yang cukup lama. Akan bertahan lama jika mendapatkan penanganan yang tepat seperti membersihkan hingga teknik penyimpanan karena dapat berpengaruh besar pada daya simpan sayur.

Baca juga Web Utama kami Rumah Mesin

Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet

Berikut ini cara menyimpan sayuran agar tetap awet dan segar :

 

1. Memilah Sayuran yang Akan Segera Diolah

Setelah anda berbelanja, sebaiknya sayuran yang anda beli dikeluarkan dari dalam tas belanja. Kemudian lakukanlah pemisahan berdasarkan kapan sayuran tersebut akan dioleh. Pemisahan ini digunakan untuk sayuran yang akan dioleh dalam kurun waktu 48 jam dan lebih dari 28 jam atau dua hari.

Dan sayuran yang ingin anda oleh dalam waku kurang dari 48 jam bisa segara ditangani. Sayuran tersebut bisa langsung dicuci bersih dengan air mengalir untuk menghilangkan kotorannya. Kalau sayuran sudah bersih, langsung simpan pada wadah tertutup atau plastik kedap udara.

Sedangkan sayuran yang akan dioleh selebih dari 48 jam jangan dicuci terlebih dahulu. Karena mencuci sayuran dengan menggunkan air akan menambah cairan pada sayuran dan akan membuat sayuran cepat layu dan tidak segar.

 

2. Cara Menyimpan Sayuran untuk Waktu yang Lama

Jangan mencuci sayuran yang digunakan dalam jangka waktu yang lama. Karena dapat membuat sayuran yang anda cuci memiliki kadar air tambahan dan membuat sayuran cepat busuk dan tidak segar. Minyimpan sayuran untuk waktu yang lama memerlukan cara agar sayuran tetap segar dan layak untuk dikonsumsi. Salah satu cara yaitu untuk menjaga kondisi sayuran tidak lembab dan tetap kering.

Untuk penyimpanan sayuran agar awet dan tahan lama, pertam-tama anda memerlukan wadah transparan sehingga kondisi dari sayuran dapat dicek secara berkla tanpa harus membuka tutup dari wadah tersebut. Atau juga bisa menggunakan plasti kedap udara ( bisa juga menggunakan vacuum sealer ).

Taruh tisu handuk dibagian dasar penyimpanan. Bertujuan untuk menyerap cairan yang nantinya akan keluar dari sayuran. Tisu handuk memiliki daya serap yang lebih bagus dibandingkan tisu biasa, sehingga akan membuat sayuran akan bertahan lebih lama.

 

3. Cara Menyimpan Sayuran untuk Waktu yang Singkat

Gunakanlah sayuran yang cepat layu terlebih dahulu, contohnya selada. Cuci selada dan pilih daun selada yang mulai berlendir untuk digunakan terlebih dahulu. Pilih sayuran yang mana akan diolah kurang dari 48 jam dan lebih dari 48 jam. Setelah itu pilih sayuran yang langsung diolah dan disimpan terlebih dahulu.

Jika anda mencuci sayuran, jangan arahkan sayuran yang anda cuci ke bawah keran air. Karena akan merusak sayuran akibat dorongan air yang keluar dari keran yang terlalu keras.

 

4. Mengakali Ruang Pada Kulkas yang Terbatas

Jika kulkas anda tidak memiliki ruang yang cukup, anda bisa menggunakan teknik fermentasi sayuran. Sebagi contoh bawang putih atau acar. Karena tidak semua orang memiliki kulkas yang besar dan cukup ruang untuk menyimpan bahan makanan.

Baca juga : Cara Membuat Kacang Telur 1 Kg Gurih dan Renyah

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang cara menyimpan sayuran agar awet bermanfaat dan berguna bagi anda. Selamat mencoba…

Terima kasih:)