Cara Menyimpan Sayuran Dalam Kulkas Agar Awet

Haii apakabar semuaa? Alhamdullilah sehat terus ya harapnnya. Walaupun PPKM terus diperpanjang kita semua harus tetap semangat ya. Pada artikel kali in akan membahas tentang “Cara Menyimpan Sayuran Dalam Kulkas Agar Awet”. Seperti pada umumnya kulkas merupakan tempat semua penyimpanan bhaan maknaan apasaja, seperti sayur, buah, aneka jajan, bahkan daging. Yuk simak pembahasannya dibawah ini !

 

Cara Menyimpan Sayuran Dalam Kulkas Agar Awet

Simpan makanan menurut jenisnya

Kulkas memiliki beberapa rak. Setiap rak idealnya diatur sesuai dengan jenis makanannya. Jadi jangan mencampur satu jenis makanan dengan yang lain.

Misalnya, simpan makanan siap saji seperti yogurt, keju, daging matang, dan sisa makanan di rak atas dan tengah. Sedangkan sayuran atau buah-buahan di bagian bawah.

Makanan seperti ikan dan daging mentah, serta unggas, harus disimpan dalam wadah tertutup (kedap udara) di dalam freezer. Selain itu, hindari menyimpan telur di balik pintu lemari es karena dapat menyebabkannya menjadi busuk. Ya, pintu kulkas biasanya buka dan tutup sepanjang hari.

Nah, kondisi ini menyebabkan telur mengalami fluktuasi suhu saat membuka dan menutup. Oleh karena itu, agar telur tetap segar dan tahan lama, telur harus disimpan di lemari es, yang suhunya jauh lebih stabil.

Bersihkan kulkas secara rutin

Bersihkan lemari es Anda secara teratur setidaknya sebulan sekali, terutama pegangan, rak, dan kompartemen penyimpanan. Namun, sebelum membersihkannya, Anda harus terlebih dahulu mengeluarkan makanan atau minuman dari lemari es.

Cuci semua permukaan secara menyeluruh dengan cairan pembersih khusus dan kemudian bilas sampai bersih. Kemudian bersihkan permukaan lemari es secara menyeluruh dengan kain bersih. Jangan pernah menggunakan deterjen yang justru dapat merusak lemari es.

Periksa semua makanan di lemari es Anda setidaknya seminggu sekali. Pastikan tidak ada makanan dan minuman yang kadaluarsa atau tidak layak pakai di dalam lemari es.

Baca Juga : https://lintasusaha.com/cara-menyimpan-bahan-makanan-di-kulkas/

Cara Menyimpan Sayuran Dalam Kulkas Agar Awet

yang selalu rapi dan bersih adalah dambaan setiap orang, biasanya mengurus isi kulkas itu mudah tapi berat. Ketahui cara menjaga agar isi kulkas selalu rapi dan bersih.

Keluarkan isi kulkas

Langkah pertama adalah menata lemari es dengan rapi, sehingga Anda perlu mengeluarkan semua isi lemari es dari atas hingga ke rak dan laci. Hal ini sangat diperlukan agar dapat melihat dengan jelas apa yang dimiliki dan perlu disingkirkan.

Makanan terpisah

Masalah umum adalah bahwa dengan lemari es penuh, Anda tidak akan tahu apakah makanan telah melewati tanggal kedaluwarsa atau kedaluwarsa, yang menyebabkan bau tidak sedap. Namun, memisahkan apa pun lagi dapat dicegah dari kontaminasi dengan konten lain.

Bersihkan kulkas

Rasanya hampir tidak mungkin kulkas selalu bersih, bukan? seperti salju dan es yang menumpuk di dalam freezer, jadi ada baiknya untuk membersihkan kulkas baik di luar maupun di dalam. Selain itu, pastikan Anda tahu cara membersihkan kulkas dengan benar.

Alas Dasar

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan Ruppers adalah meletakkan alas di rak. Cara ini dapat membantu menghindari noda makanan atau minuman yang mungkin berserakan. Untuk mencapai dua fungsi sekaligus, yaitu cleansing dan beauty, kamu bisa menggunakan alas bedak dengan motif cerah.

Gunakan wadah

Gunakan wadah tertutup dan pelindung bau untuk menyimpan makanan. Namun untuk langkah ini, tentunya Ruppers harus memperhatikan terlebih dahulu ukuran coolernya agar bisa menentukan berapa banyak container yang bisa ditampungnya.

Masukkan kelompok rempah-rempah di area khusus

Tentunya jika Anda suka memasak, Ruppers memiliki berbagai macam bumbu yang berbeda dan jangan lupa untuk menutupnya sebelum disimpan agar lebih mudah disimpan dan tidak berhamburan, gunakan pintu samping untuk meletakkannya. Namun jika kapasitas Anda terbatas, jadikan itu prioritas.

Label Nama

Setelah menggunakan wadah tertutup, langkah selanjutnya yang tak kalah pentingnya adalah pelabelan. Cara ini jauh lebih mudah daripada memisahkan berdasarkan warna. Cocok untuk area lemari es di mana Anda ingin memaksimalkan penggunaan.

Rak pendingin terpisah

Kedengarannya seperti cara yang sangat mudah, bukan? tetapi juga ternyata memiliki efek menguntungkan yang sangat baik. Pasalnya, cara ini memudahkan untuk memasukkan bahan makanan ke dalam lemari es tanpa terasa berat.

Memiliki bagian makanan cepat saji yang kedaluwarsa

Memprioritaskan hal-hal yang memudahkan untuk diketahui, misalnya jenis makanan yang memiliki tanggal kadaluarsa lebih awal, seperti buah-buahan. Cara ini juga memungkinkan Ruppers menata lemari es dengan lebih mudah dan tidak ada sisa makanan.

Tempat jajanan spesial

Tidak hanya untuk memudahkan mencari isi kulkas, tetapi juga untuk menghindari keruwetan saat mencari camilan. Apalagi jika Anda memiliki anak di sekitar rumah yang suka makan jajanan.

Gabungkan tempat

Mengatur isi lemari es menjadi lebih mudah dengan menggunakan berbagai wadah plastik tempat buah atau sayuran disimpan. Tidak perlu menggunakan format atau wadah besar karena sudah cukup untuk kebutuhan Anda

Penggunaan barang-barang yang tidak terpakai

Alih-alih memaksa Anda untuk menyimpan makanan dengan wadah dengan ukuran yang sama di lemari es, untuk mengakalinya, Anda bisa menggunakan beberapa produk pengganti seperti egg cup untuk menambahkan saus, mayones, dll. Ide lain adalah menggunakan sebotol air daripada sekotak susu atau bumbu cair.

Cara Membersihkan Kulkas Yang Benar

Mesin pendingin ini juga harus diservis minimal sebulan sekali, karena tidak ada gunanya menyimpan makanan di lemari es karena tidak higienis di dalamnya. Pendingin tidak hanya berfungsi sebagai toko kelontong, tetapi juga sebagai tempat berkembang biaknya bakteri.

Kulkas harus dibersihkan sebulan sekali agar bebas dari bau dan bakteri yang dapat menyebabkan makanan mudah rusak. Tidak sulit untuk membersihkan kulkas, Anda hanya perlu menyiapkan perangkat berikut ini.

  • spons pembersih
  • Cairan pencuci piring
  • Semprotan sabun
  • Handuk kering
  • cukup air
  • Bersihkan kain basah
  • Sikat gigi bersih
  • Saputangan

Langkah-langkah membersihkan kulkas

  1. Pertama-tama lepaskan kabel kulkas yang terhubung ke listrik. Sering kali membutuhkan waktu lama untuk membersihkan lemari es.
  2. Keluarkan semua isi kulkas. membedakan mana yang masih layak didinginkan dan mana yang tidak layak atau kadaluarsa.
  3. Hapus semua rak di lemari es. Rendam sebentar dalam air agar kerak yang menempel di freezer mudah dibersihkan.
  4. Bersihkan rak pendingin dengan deterjen dan air panas. Kering.
  5. Siapkan penyemprot penuh sabun cuci piring. Pertama bersihkan bagian dalam/samping kulkas dengan kain, kemudian dengan sabun dan spons.
  6. Lap dinding lemari es yang bersabun dengan kain lembab sampai bersih dan tidak ada sisa sabun.
  7. Bersihkan juga karet pintu dan bagian tengah dengan sikat gigi. Membersihkan.
  8. Keringkan semua bagian kulkas dengan kertas tisu.
  9. Ganti rak pendingin. Sambungkan kembali kabel untuk mendinginkan lemari es. Bersihkan juga gagang pintu lemari es.
  10. Sambil menunggu lemari es dingin, bersihkan barang dan makanan yang ingin Anda masukkan kembali ke dalam lemari es. Susun dengan rapi di lemari es.

Dari pembahasan artikel diatas kita bisa tau bahwa membersihkan kulkas itu penting untuk menjaga kesegaran dalam sayuran. Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat. Selamat mencoba.