Cara Merawat Bebek Peking Yang Mudah Dilakukan

Cara merawat bebek Peking meliputi pembibitan, penggemukan hingga ternak yang khusus berorientasi pada telurnya. Pada umumnya pemeliharaan Bebek Peking sama halnya dengan pemeliharaan Itik biasa. Memilih anakan yang berkualitas juga perlu dilakukan dan yang paling utama yaitu untuk bibit pejantannya karena bebek pejantan lebih cepat dibesarkan dibandingkan dengan betina.

Dalam beternak bebek peking ada beberapa tahapan yang harus diketahui oleh peternak. Apa sajakah itu ? Berikut penjelasannya. Dalam pemeliharaan bebek Peking ada 3 tahapan yang peternak perlu mengetahui, yaitu intensif, semi intensif dan extensif

Cara Merawat Bebek Peking

Pertama yaitu cara merawat anak bebek yang mulai diakukan saat usia 1-60 hari. Karena pada usia anakan masih cukup rawan maka perlu adanya pemisahan dengan indukannya, biasanya menggunakan kandang box yang diberikan penghangat. Untuk pemeliharaan bebek peking anakan ada makanan khusus yang memiliki kandungan protein sekitar 20%.

Dengan masa pertumbuhan 61 hingga 150 hari, di waktu tersebut kita sudah memulai mempersiapkan bebek jantan dan betina yang memiliki kualitas unggul. Pemilihan Bebek jantan dan betina di tempatkan dalam kandang khusus, dengan perlengkapan tempat bertelur, kandang umbaran dan perairan seperti kolam agar sesuai dengan habitatnya.

Secara umum dari ketiga sistem tersebut jenis sistem intensif yang cukup banyak dipilih karena dirasa lebih menguntungkan. Sistem Intensif yaitu pemeliharaan secara dikandangkan. Semua aktivitas berada di dalam kandang mulai dari pemberian pakan dan tanpa melepaskan didaerah sumber makanan.

Mengenal Pakan Bebek Peking supaya cepat besar

Pakan merupakan salah satu kebutuhan yang diperlukan untuk tumbuh kembang bebek. Pemberian pakan yang baik akan membuat bebek semakin cepat dalam pertumbuhan daging bahkan dalam produksi telurnya. Asupan pakan yang bergizi memang diperlukan.

Jenis pakan yang biasa diberikan yaitu dedak atau bekatul, tepung cangkang, bekicot, tepung jagung, tepung ikan dan sebagainya. Dan jika Anda ingin mencapur pakan tersebut bisa menggunkan mesin pembuat pakan ayam. Dalam pemberian pakan pun juga harus dibedakan antar usia, seperti berikut ini :

1.Usia 0-2 minggu = Full BR Starter 511
2.Usia 2 minggu-1 bulan = dengan perbandingan 1:2 untuk starter 551: Bekatul ( 3 kali sehari)
3.Usia 1 bulan ke atas = dengan perbandingan 1:3 untuk starter 551: Bekatul ( 3 kali sehari)

Mengenal 3 Jenis Kandang Bebek Yang Baik

1.Kandang Baterai

Sistem kandang baterai ini maksimal dalam satu kandang hanya memuat 1 ekor bebek peking dewasa (sepasang). Karena hanya berisi satu ekor memang lebih mudah untuk dikontrol dan diteliti kondisi ayamnya. Sehingga untuk mendeteksi kesehatannya juga mudah.

2.Kandang Postal

Jenis kandang postal ini sedikit berbeda dengan kandang baterai. Dalam satu kandang dapat digunakan untuk menempatkan beberapa ekor tergantung dari penggunaan kandangnya baik untuk starter, grower atau layer. Jika untuk kandang starter dalam satu kandang usia 1 hingga 2 bulan bisa untuk sekitar 10 ekor/m2.

Kandang Postal menjadi salah satu tipe kandang yang banyak digunakan oleh peternak bebek peking. Untuk usia grower dalam satu kandang dapat ditempatkan sekitar 7 ekor usia 61-150 hari.Saat sudah memasuki masa bertelur yaitu usia 5 bulan ke atas dalam satu kandang hanya memuat sekitar 5 ekor saja.

Untuk tempat pakan dan minum dijadikan dalam satu ruangan, namun jenis kandang lebih tepat untuk kandang starter dan grower.

3.Kandang Ranch

Kandang Ranch hampir sama dengan kandang postal hanya saja jenis kandang ranch ada untuk tempat ternakan dan tempat untuk umbaran. Layaknya seperti pemeliharaan bebek pada umumnya, kandang ranch ini dilengkapi kolam yang berguna sebagai tempat mandi dan membersihkan kotoran.

Selain itu juga berguna untuk mengatur suhu tubuhnya karena bebek termasuk tipe hewan yang tidak terlalu tahan dengan panas.

Nah itu dia cara merawat bebek peking yang mudah dilakukan, semoga dapat membantu Anda dalam merawat bebek. Terima kasih