Cara Merebus Daging Sapi Agar Cepat Empuk

Pada kesempatan saya kali ini, saya akan membagikan cara merebus daging sapi agar cepat empuk. Ingin tahu apa saja tips-tipsnya? Simak berikut ini.

Cara Merebus Daging Sapi Agar Cepat Empuk

1. Marinasi Daging dengan Garam dan Bumbu

Jika kalian tidak suka dengan rasa dan aroma dari nanas pada masakan, maka cobalah marinasi daging dengan garam selama 30 menit. Lebih bagus lagi jika menggunakan bumbu yang akan digunakan untuk memasak. Proses marinasi akan membuat daging membuka jaringan agar dapat diresapi bumbu-bumbu marinasi.

Sehingga saat daging direbus, daging akan lebih cepat empuk. Selain itu, penambahan bumbu pada air yang akan direbusa akan membuat titik didih lebih tinggi, sehingga daging jadi lebih cepat empuk.

2. Merebus Dengan Teknik 5-30-7

Cara merebus daging sapi agar cepat empuk dapat kamu lakukan jika tidak punya bahan-bahan pelengkap yang bisa membantu daging cepat empuk. Merebus daging dengan cara 5-30-7 ini bisa kamu coba dengan mudah, berikut caranya:

Rebus daging selama 5 menit, lalu biarkan daging yang sudah direbus tadi selama 30 menit dengan keadaan panci tertutup rapat. Kemudian rebus lagi daging selama 7 menit. Daging sudah bisa untuk dimasak.

3. Menggunakan Nanas

Ternyata, buah nanas segar mengandung enzim bromelain yang dapat mencerna protein dan bisa melunakkan jaringan pada daging, sehingga kalian bisa menambahkan nanas saat proses perebusan. Usahakan kalian menggunakan nanas yang masih segar ya, karena nanas kaleng atau jus nanas kemasan biasanya sudah mengalami penetralan enzim.

Cara merebus daging sapi agar cepat empuk seperti ini bisa kalian lakukan dengan memotong nanas menjadi beberapa bagian sebelum memasukkan nanas ke dalam panci rebusan daging. Selain menggunakan cara itu, kalian juga dapat membuat jus nanas untuk marinasi daging selama 20 menit sebelum daging direbus.

Cara merebus daging agar cepat empuk menggunakan nanas dapat dibilang cukup ampuh untuk melunakkan daging. Sebab, cita rasa pada nanas dapat menyamarkan bau khas daging dan membuat proses merebus lebih cepat. Kalian hanya akan butuh waktu sekitar 30 menit untuk menghasilkan daging sapi yang empuk.

Nanas yang dimasak bersama daging pun akan dapat menambah cita rasa masakan menjadi lebih lezat.

4. Menggunakan Api yang Kecil

Cara merebus daging agar empuk selanjutnya adalah pada besaran api yang digunakan. Mengatur besar kecilnya api saat merebus daging sapi juga sangat penting diperhatikan. Penggunaan api yang saat proses merebus daging memang akan mengempukkan daging tetapi juga dapat merusak tekstur dari daging itu sendiri.

Saat awal mendidihkan air dan memasukkan daging menggunakan api yang berukuran sedang masih diperbolehkan. Ketika daging sudah mulai berubah warnanya segeralah untuk mengecilkan api agar bagian dalam pada daging bisa empuk secara merata.

Merebus daging dengan cara ini sebenarnya tidak memerlukan waktu yang lama. Daging hanya cukup direbus sekitar 30-40 menit an saja dan jangan terlalu lunak. Jika merebus daging terlalu lunak nantinya akan merusak tekstur alami pada daging dan membuatnya mudah hancur saat dimasak dengan bumbu.

Itu tadi cara merebus daging supaya cepat empuk, Berikut ini saya akan membagikan resep semur daging sapi.

Semur Daging Sapi

Bahan-Bahan :

  • Daging sapi 500 gr, iris tipis
  • Serai 1 batang
  • Daun salam 3 lembar
  • Laos 2 cm
  • Kecap manis secukupnya
  • Santan kental 1/2 sachet
  • Gula merah, secukupnya
  • Kaldu sapi, dan garam, secukupnya

Bumbu Halus :

  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang putih 8 siung
  • Kemiri 5
  • Jahe 1 ruas
  • Kunyit, secukupnya
  • Biji pala, secukupnya

Cara Membuat Semur Daging Sapi :

  1. Haluskan semua bumbu halus. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi dengan api yang kecil sampai keluar aroma harum.
  2. Setelah bumbu halus sudah sedikit kering masukkan laos, daun salam, dan sereh. Aduk rata. Tambahkan daging sapi yang sudah diiris tipis, tumis hingga warna daging sedikit berubah menjadi kecoklatan.
  3. Tuangkan 300 ml air, aduk hingga semua daging terendam dengan air. Tunggu sampai air sudah mendidih. Diamkan semur daging selama 5 menit dengan posisi teflon atau wajan tertutup rapat.
  4. Jika dirasa sudah lima menit, matikan api. Diamkan daging selama 30 menit, tanpa membuka tutup teflon.
  5. Panaskan lagi semur daging dengan menambahkan kecap manis dan lada bubuk. Aduk hingga rata dan air kembali mendidih.
  6. Kemudian, diamkan lagi semur daging selama 7 menit dengan posisi teflon atau wajan yang tertutup rapat.
  7. Setelah didiamkan selama 7 menit, kuah bumbu akan meresap ke dalam daging sehingga air menyusut.
  8. Tambahkan kaldu sapi, garam, gula merah, dan setengah bungkus santan kental. Aduk hingga semua bahan tercampur rata ke dalam semur.
  9. Semur daging sapi sudah siap disajikan

Baca Juga : Cara Membuat Kerupuk Amplang Ikan Tenggiri

Kalian bisa mempraktekkan resep diatas dirumah lhp, bahanya juga sangat mudah. Demikian artikel yang saya buat kali ini, jika ada kesalahan penulisan ataupun salah kata saya mohon maaf. Semoga bermanfaat yaa.