Cara Mudah Mengupas Batok Kelapa Agar Buah dan Airnya Utuh

Bagi anda yang belum tahu cara mudah mengupas batok kelapa,ikuti langkah langkah berikut.sebelum ke penjelasan intinya simak baik-baik pengertian batok kelapa berikut ini Yaa.

Pengertian Batok Kelapa

Tempurung kelapa adalah bagian dari buah kelapa yang berbentuk endocrap, keras dan dilapisi sabut kelapa, biasanya tempurung kelapa digunakan sebagai bahan kerajinan, bahan bakar dan briket.

Langsung kita ke pembahasan yaitu cara mudah mengupas batok kelapa, nah bagi kalian yang baru memulai bisnis sabut kelapa kalian bisa menggunakan mesin pengolahan sabut kelapa.

Cara Mudah Mengupas Batok Kelapa Agar Buah dan Airnya Utuh

kebanyakan orang lebih suka kelapa muda karena lebih banyak airnya dan lebih segar, serta dagingnya juga lebih enak dan renyah.Tapi itu kembali ke preferensi dan tujuan. Karena bukan berarti kelapa yang sudah tua tidak berkurang, tetapi penggunaannya berbeda dengan kelapa muda.

Kelapa tua atau yang sudah “matang” biasanya dijadikan daging untuk keperluan kuliner. sekarang kita memasuki tahap cara mudah mengupas batok kelapa.

Alat-alat:

  • Palu
  • Handuk

Langkah-Langkah:

  1. Balut kelapa dengan handuk, lalu pegang dengan satu tangan. Setelah airnya dibuang, lilitkan serbet di salah satu sisi kelapa. Pegang sisi kelapa yang terbalut serbet dengan tangan yang tidak dominan sehingga bagian kelapa yang tidak tertutup serbet berada di depan Anda.
  2. Putar kelapa, lalu pukul dengan palu hingga pecah.Pegang kelapa yang dibalut serbet, lalu ketuk dengan kuat menggunakan palu. Putar kelapa sambil terus memukul sepanjang bagian tempurung hingga retak dan terbelah menjadi dua.
  3. Pisahkan tempurung kelapa dan letakkan di meja dapur dengan bagian yang terpotong berada di bawah. Jika tempurung kelapa telah direbut kembali, gunakan jari untuk salah satunya menjadi dua. Tempatkan kelapa di atas meja dapur dengan bagian yang terpotong berada di bawah.
  4. Pukul kelapa menggunakan palu untuk melonggarkan dagingnya.Dengan menghadapkan kelapa ke bawah, pukul setiap bagian kelapa menggunakan palu. Ini akan melonggarkan daging yang menempel di tempurung agar Anda bisa melepas dagingnya dengan mudah.
  5. Selipkan pisau di celah antara tempurung dan daging untuk melepas dagingnya.Setelah dagingnya dilonggarkan dengan memukulnya menggunakan palu, selipkan pisau mentega di celah antara tempurung dan daging kelapa. Gunakan pisau tersebut untuk melepas daging kelapa dari tempurung dengan hati-hati. Ulangi langkah ini pada semua potongan kelapa.

Hilangkan serat dari dagingnya. Setelah daging dilepas dari tempurung, Anda akan menjumpai selapis kulit tipis yang berserat dan berwarna cokelat di bagian luar daging kelapa.Kupas serat ini dengan hati-hati menggunakan pengupas sayuran hingga tersisa dagingnya saja.

Nah itu langkah-langkah mengupas batok kelapa, sekarang saya akan memberikan cara mengeluarkan udara dari kelapa penasaran kan yu simak baik-baik.

Cara Mengeluarkan Air Kelapa

  1. Buatlah lubang di bagian atas kelapa.Ada 3 “mata” atau lekukan di bagian atas kelapa, dan salah satunya paling lunak. Gunakan pisau tajam untuk menusuk setiap lekukan.
  2. Jika Anda telah menemukan lekukan yang paling lunak, tusukkan ujung pisau ke dalamnya dan buatlah lubang yang berukuran sekitar 1,5 sentimeter.
  3. Balkan kelapa di atas gelasAnda membutuhkan gelas untuk meminta air kelapa. Letakkan kelapa secara terbalik di atas gelas sehingga lubang yang Anda buat berada di atas gelas.
  4. Jangan biarkan air kelapa benar-benar habis. Setelah ditempatkan di atas gelas terbalik, biarkan kelapa tetap di sana selama beberapa menit atau hingga semua air habis.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencari mesin-mesin untuk keperluan tertentu, kunjungi website rumah mesin.

Nah,itu tadi cara mudah mengupas batok kelapa yang bisa anda coba di rumah.semoga bermanfaat bagi anda dan orang di sekitar.terima kasih telah membaca artikel ini,Sampai jumpa di artikel yang selanjutnya Yaa!.