Cara Ternak Ayam Kalkun Untuk Pemula,Dijamin Untung!!!

Halo semua!! Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara ternak ayam kalkun. Penasaran kan? Ini dia penjelasannya.

Ayam Kalkun

 

Kalkun adalah jenis ayam yang banyak digunakan bersama ayam buras dan ayam pedaging. Kalkun adalah makanan yang terkenal dengan kelezatannya. Di luar negeri, Turki menjadi makanan favorit saat ada acara seperti pesta.

Namun, masih belum sepopuler di Indonesia kalkun digunakan sebagai bahan makanan. Kalkun merupakan salah satu jenis ayam yang berukuran cukup besar dan memiliki bentuk tubuh yang unik pula. Berikut ini beberapa penjelasan singkat tentang cara beternak kalkun.

Cara Ternak Ayam Kalkun

1. Pemilihan benih

Memilih bibit kalkun yang baik dan benar berpengaruh pada keberhasilan pemeliharaan kalkun. Saat kami membeli kalkun untuk dikembangbiakkan, kami memastikan bahwa ayam dalam keadaan sehat dan tubuh mereka bebas dari cacat.

Selain itu, perhatikan juga bentuk tubuh kalkun. Cobalah untuk memilih ayam yang memiliki tubuh kekar.

2.Pemilihan Lokasi Ternak

Cara merawat ayam yang selanjutnya yaitu,lokasi peternakan yang strategis memastikan kesuksesan dalam bisnis kalkun. Jauhkan kalkun dari keramaian agar kalkun merasa nyaman.

Selanjutnya untuk mengantisipasi hilangnya kalkun oleh orang-orang nakal, karena ternyata harga kalkun di pasaran sangat tinggi.

3. Kandang

Seperti hewan ternak lainnya, kalkun membutuhkan kandang untuk hidup bersama dan melindungi diri dari gangguan di lingkungannya. Kandang kalkun tidak membutuhkan kandang yang rumit, sudah cukup dengan pembatas seperti pagar dan juga atap sebagai pelindung. Serta tempat untuk kalkun jelajah.

Anda siap untuk memulai kalkun. Dalam kandang kalkun, perlu diperhatikan bahwa upaya dilakukan untuk memasukkan sinar matahari ke dalam kandang, terutama sinar matahari pagi. Selain itu, kebersihan kandang juga harus dijaga agar kalkun terlindung dari berbagai penyakit.

Harus ada juga tempat makan dan minum di dalam kandang. Pisahkan kalkun berdasarkan usia. Ini untuk menghindari pertarungan kalkun lainnya.

Pemilihan lokasi kandang yang baik dilakukan di dekat sumber air seperti danau, sungai, atau persawahan. Ini untuk memudahkan kalkun mencari makanan tambahan.

Namun, karena postur tubuhnya yang besar, kalkun lebih suka disapu daripada dikurung. Karena mereka bergerak lebih bebas ketika ditulis. Kandang juga berguna untuk berteduh saat hujan.

Dianjurkan juga untuk membangun kandang ke arah timur agar kalkun mendapatkan sinar matahari pagi di pagi hari sehingga kalkun semakin sehat.

4. Makan

Pemberian pakan yang memadai dan memadai mendukung keberhasilan di Turki. Untuk mengurangi biaya pakan, kita bisa menggunakan sisa makanan dari restoran dan gastronomi. Lebih jelasnya pembebian pakan hampir sama dengan pakan ayam petelur.

Selain itu kita juga bisa menggunakan dedak yang dicampur dengan ikan kecil atau bekicot yang bisa kita dapatkan dengan mudah di persawahan. Proses pembuatannya juga bisa menggunakan bantuan mesin pembuat pakan ayam.

Untuk memperbaiki pola makan, kami terkadang menawarkan makanan kemasan yang banyak tersedia di toko hewan peliharaan. Pemberian pakan juga harus disesuaikan dengan umur dan kondisi fisik kalkun agar pakan di dalam kandang selalu habis.

Karena jika makanan tidak habis dan membusuk di dalam kandang, bisa menyebabkan bakteri yang bisa menyerang kalkun. Selain makanan, minuman juga harus tersedia di kandang. Jauhkan makan dan minum. Ini untuk menjaga kebersihan minuman agar tidak tercampur dengan pakan kalkun.

5. Perawatan Ayam Kalkun

Kalkun termasuk spesies yang mudah dipelihara. Pakannya juga sederhana, yang Anda butuhkan hanyalah dedak atau dedak yang dicampur dengan sayuran seperti kangkung, bayam, sawi dan sayuran hijau lainnya.

Untuk anakan yang berumur 0 sampai 1,5 bulan biasanya membutuhkan suhu yang hangat, sekitar 30 sampai 45 derajat celcius. Saat kalkun mencapai usia tersebut, mereka akan membutuhkan pakan berupa BR-1 dengan campuran air panas dan sayuran seperti sawi atau sayuran hijau lainnya.

Kalkun akan mencapai usia remaja pada usia 1,5 hingga 6 bulan. Saat ini ayam dilepas dari kandang.Saat kalkun lebih tua dari 6 bulan, jenis kelamin antara pria dan wanita tampak sangat jelas. Cara terbaik untuk menjaga diri Anda saat ini adalah dengan memisahkan kalkun jantan dan betina jika perlu.

Cara ini dirancang untuk menghindari pertengkaran antara pria dan wanita. Saat kalkun betina siap kawin, ia biasanya tampak meringkuk dan kemudian kalkun betina mulai masa reproduksinya. Pada usia 8 bulan, berat kalkun bisa mencapai 5 kg lebih jika asupan makanannya bisa terpenuhi.

Demikian pembahasan kita tentang cara ternak ayam kalkun,semoga dengan artikel ini dapat membantu kalian dalam memelihara kalkun.