Contoh Absensi Kehadiran Karyawan

Absensi diberlakukan tak hanya pada siswa yang datang ke sekolah saja, melainkan juga pada karyawan dalam sebuah perusahaan. Apalagi SDM ini peranannya juga sangatlah penting terhadap kemajuan bisnis dalam perusahaan. Jika seandainya kinerjanya tidak dipantau dengan benar maka akan berpotensi juga di dalam menghambat perkembangan atau kemajuan usaha tersebut. Untuk itulah setiap mereka masuk dan juga pulang maka harus diberlakukan sistem absen. Untuk mengetahui produktivitas kerjanya, seberapa sering membolos dan sebagainya.

 

Contoh absensi kehadiran karyawan ini sendiri sebenarnya sangat banyak ragamnya, diantaranya adalah:

 

  1. Absensi manual, beberapa perusahaan kecil dan memang tidak terlalu banyak tenaga kerja atau SDM yang ada disana, umumnya mengandalkan absensi secara manual ini. Karena memang tidak membutuhkan terlalu banyak tenaga maupun waktu untuk memantau kehadiran mereka. Memang tidak mengeluarkan biaya yang besar untuk sistem absensi ini, hanya saja sering kali terjadi tindak kecurangan, ditambah lagi juga memperberat pekerjaan bagian personalia.
  2. Absensi berbasis fingerprint, beberapa tahun belakangan lebih banyak perusahaan yang mengandalkan sistem ini untuk memantau tingkat kehadiran dari pegawai mereka. Karena sistem fingerprint ini sudah berbasis teknologi, tentunya lebih mudah digunakan, namun alat-alat yang dibutuhkan untuk menunjang sistem ini terbilang banyak dan membutuhkan biaya yang cukup besar.
  3. Absensi berbasis aplikasi web, yang terbaru dan juga tengah begitu populer adalah aplikasi absensi yang berbasis web, sehingga nantinya dapat dengan mudah diakses oleh setiap karyawan. Bahkan sistem yang satu ini dapat bekerja secara realtime, meskipun tidak menggunakan banyak alat layaknya sistem fingerprint. Sistem absensi yang satu ini nyatanya juga dapat meminimalisir tindak kecurangan yang terjadi.

 

Setiap jenis atau

appsensi.com ini memang memiliki plus minusnya masing-masing, sehingga bisa dijadikan sebagai pertimbangan sebelum memilih untuk menggunakannya. Biaya juga termasuk faktor penting yang harus dipertimbangkan. Karena untuk harganya sendiri juga berbeda-beda. Memantau SDM menjadi tugas yang sangat penting jika ingin keberlangsungan bisnis juga tetap terjaga dan pastinya maju.