Berikut Ini Beberapa Contoh Kerajinan Sabut Kelapa

Halo sahabat kali ini saya akan menyampaikan tentang contoh kerajinan sabut kelapa. Berikut penjelasakan mengenai seputar sabut kelapa. Simak dan jangan lupa untuk dipelajari. Selamat membaca…

Sabut Kelapa

Serabut kelapa merupakan bahan utama untuk anda melakukan kerajinan pembuatan berbagai produk kerajinan sabut kelapa. Selain itu serabut kelapa juga merupakan hasil samping dari pohon kelapa atau limbah dari pohon kelapa.

Pada dasarnya serat dari serabut kelapa berbeda-beda sehingga ada yang masih kasar dan kental tersebut sehingga dapat diolah untuk mendapatkan serat yang lembut dengan dua cara, yaitu dengan cara tradisional (manual) dan cara modern (mekanis).

Dengan mesin ini, Anda dapat merusak kulit kelapa dalam jumlah yang lebih banyak dan lebih cepat. Produk hasil dekomposisi dibagi menjadi dua jenis, yaitu cocofiber dan cocopeat. Cocopeat adalah sabut kelapa yang berbentuk seperti pasir. Dan yang akan digunakan untuk barang ekonomi adalah serat panjang yang disebut cocofiber.

Baca juga : Jual Cocomesh Murah dan Berkualitas

Berikut Beberapa Contoh Kerajinan Sabut Kelapa

Keset Sabut Kelapa

Kerajinan kelapa lainnya dan banyak dicari adalah tikar. Beberapa orang mengatakan kalau tikar sabut dapat mencegah ular masuk ke rumah Anda karena ular takut dengan coco. Hingga saat ini, beberapa pengrajin kulit kelapa mengalami peningkatan omzet.

Langkah-langkah untuk melakukannya adalah:

  1. Siapkan sabut kelapa yang sudah diolah seperti tar biasa.
    pilih sabut kelapa yang kuat dan cukup tebal lalu pilih salah satu.
  2. Sekarang campurkan kelapa hingga menjadi satu kesatuan atau campuran.
  3. Pegang ujung kelapa dituangkan di atas kasur beton dan tekan untuk memadat.
  4. Tempatkan di beton selama 1-2 hari, kemudian keluarkan dari beton dan kaos kaki sabut kelapa siap digunakan.

Tali Rami dari Sabut Kelapa

 

Kerajinan kelapa pertama adalah tali rami. Kerajinana kelapa ini sekarang sedang dicari karena sedang tren. Tren kerajinan ini memang memiliki keindahan karena mampu memberikan kesan natural. Sehingga banyak orang yang membuat kerajinan barang antik untuk dijual atau dibuat untuk keperluan pribadi.

Salah satu alat yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan antik adalah tali rami ini. Dapat juga di manfaatkan untuk proyek DIY, mengikat hadiah, aksesori, menggantung foto, dan materi kreatif lainnya

Pot Tanaman

Bagi anda yang bercocok tanam dan suka bercocok tanam, rasanya wajib memiliki salah satu kerajinan sabut kelapa ini.

Tanaman yang biasanya menggunakan tanaman hias sabut kelapa adalah anggrek. Selain itu, pot bunga yang berwarna-warni dan bahan yang diracik secara alami terlihat lebih garing, cantik dan natural.

Sapu Sabut Kelapa

Masih bertahan di era milenial, perahu kelapa ini memiliki gaya jadul namun sangat fungsional. Ya, sapu kelapa tetap tidak ingin dilupakan dengan sapu modern saat ini.

kebanyakan orang masih bisa menggunakan sapu kelapa yang dibersihake lebih mudah, murah, lebih awet dan ramah lingkungan. Sebab, kebanyakan sapu modern saat ini terbuat dari plastik sintetis yang tahan lama.

Sedangkan harga sapu kelapa mulai dari Rp. 5000 sampai Rp. Hanya 30.000. Apalagi jika dilakukan langsung dengan produsennya, akan lebih murah jika sudah ada di kios pasar atau toko.

Sapu adalah kerajinan kelapa yang dibuat dengan modal kecil. Kelapa secukupnya dan santan encer dan encer. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Pertama, pisahkan batok kelapa yang lembut dan halus, pilih yang lunak.
  2. Setelah halus, ikat dengan panjang yang diinginkan.
  3. Satukan atau kumpulkan sabut kelapa dalam jumlah banyak.
  4. Sekarang masukkan kulit kelapa ke dalam badan sapu yang telah disiapkan sebelumnya.
  5. Proses pemasangan atau perakitan badan sapu biasanya menggunakan alat tambahan untuk mempercepatnya.

Ring Dekorasi

Kerajinan kelapa berbentuk cincin ini wajib dimiliki. Selain menambah kesan estetis, hiasan cincin juga bisa ditambahkan pada hiasan lainnya. Misalnya menambahkan bunga kering dan inisial nama dan sebagainya.

Cincin hias kelapa kelapa ini bisa dibandrol mulai dari Rp. 9.000 hingga puluhan ribu rupiah. Jadi, selain cantik, ragam kerajinan penghias kelapa ini cukup murah.

Baca Juga : Berikut Beberapa Kegunaan Minyak Atsiri dalam Industri

Sekian dari saya kurang lebih nya mohon maaf. Semoga artikel yang saya buat tentang contoh kerajinan sabut kelapa bisa menjadi referensi untuk anda. Selamat untuk mencoba.

Terima kasih:)