Contoh Teks Eksplanasi Lengkap Srtukturnya

Contoh teks eksplanasi akan dibahas dalam artikel ini. Mungkin teks eksplanasi tidak asing bagi kita. Namun, bagaimana dengan teks eksplanasi yang punggungnya mungkin tidak banyak orang tahu. Kecuali untuk pengulas bahasa yang mengejar berbagai jenis teks tertulis.

Dilanasir dari https://rumusrumus.com/ dalam dunia penulisan banyak orang perlu mengetahui beberapa teks, seperti teks pameran, teks prosedur dan teks lucu biasanya merupakan teks anekdotal.

Mungkin sebagian dari Anda memikirkan masalah ini. Beberapa bahkan mungkin mencari referensi tentang teks penjelasan. Jadi di situlah Anda akan menemukan apa yang Anda cari. Inspirasi bagi penulis untuk membahas teks penjelasan ini bisa menjadi jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan dalam pikiran Anda.

Tujuan dari diskusi yang lebih rinci akan membahas makna, karakteristik, struktur, aturan bahasa dan contoh. Poin-poin dari sub-bab ini akan dibahas kemudian dalam diskusi.

Pengertian teks eksplanasi

Teks eksplanasi dari contoh adalah teks yang membahas peristiwa “Mengapa” dan “Bagaimana”. Diskusi membahas proses alami, sosial, budaya, ilmiah dan sebagainya. Intinya, teks penjelasan membahas segala sesuatu tentang fenomena sosial dan alam.

Penjelasan yang sama berasal dari bahasa Inggris “Penjelasan”, yang berarti tindakan menjelaskan atau menjelaskan suatu pernyataan atau fakta.

Peristiwa yang terjadi secara alami selalu memiliki hubungan sebab akibat dan suatu proses. Kita dapat menulis peristiwa ini dalam bentuk teks penjelasan untuk menemukan semua proses, penyebab dan penyebab fenomena. Melalui penulisan teks penjelasan, dimungkinkan untuk memasukkan data informatif pembaca tentang berbagai masalah yang dihadapi di dunia nyata.

Karakteristik teks eksplanasi

Contoh teks eksplanasi harus memiliki karakteristik khusus yang memerlukan perhatian. Fungsi ini dirancang untuk mengetahui bagaimana teks penjelas saat ini. Terlepas dari ini, juga dimungkinkan untuk membedakan diri Anda dari teks-teks lain. Jadi fitur khusus dari teks penjelasan sangat penting untuk diketahui.

Fitur-fiturnya adalah sebagai berikut:

1. Struktur terdiri dari deklarasi umum, sebab dan akibat dan interpretasi
Teks penjelasan harus memiliki struktur umum, sebab dan akibat, dan interpretasi. Pernyataan umum tentang peristiwa yang terjadi, didukung oleh sebab dan akibat dan ditafsirkan dengan analisis peristiwa ini sebagai kesimpulan akhir yang harus dikonfirmasi.

2. Informasi berdasarkan fakta dan data
Penjelasan harus disertai dengan semua bentuk data akurat yang diperoleh. Data dapat diperoleh dari hasil wawancara penelitian, pengamatan atau referensi buku, berita dan sejenisnya. Data dalam teks penjelas harus dibuat nyata di lapangan. Oleh karena itu, jenis teks ini selalu terkait dengan peristiwa nyata.

3. Tujuan
Teks ekspansi harus objektif. Bukan hanya dangkal tanpa data dan fakta. Tidak diperbolehkan hanya melakukan fantasi atau perspektif. Meski didukung oleh bukti realitas nyata.

4. Membahas pengetahuan dan acara
Teks penjelasan bukan hanya teks sejarah tanpa tujuan yang jelas. Bukan hanya untuk hiburan dan sejenisnya. Namun, jenis teks ini harus memberikan informasi dan pengetahuan yang akan disajikan sesuai dengan peristiwa yang terjadi bersamaan dengan proses sebab dan akibat. Jangan memasukkan subjektivitas dalam jenis teks ini, kecuali untuk suatu pendapat berdasarkan analisis yang benar.

5. Jadilah informatif
Teks penjelasan harus deskriptif. Itu menjelaskan informasi dengan cara, tanpa merendahkan dan doktrin.

Struktur teks eksplanasi

Contoh teks eksplanasi memiliki struktur sendiri seperti teks pada umumnya yang juga memiliki struktur sendiri. Struktur yang ada dimaksudkan untuk memudahkan kita dalam deskripsi teks ini. Melalui titik-titik struktural yang ada, itu membuatnya lebih mudah karena sudah ada sejumlah sistematisasi. Berikut adalah struktur dalam teks penjelasan sebagai berikut:

1. Pernyataan umum
Deklarasi umum tentang deklarasi suatu topik yang akan dijelaskan dengan deskripsi masalah. Ini dibahas dalam serangkaian acara. Pernyataan awal untuk sampai ke diskusi. Ini bisa dikatakan sebagai masalah mendasar.

2. Konten terkait sebab dan akibat
Isi di sini merujuk pada presentasi terperinci dari acara yang sepenuhnya menjelaskan proses acara. Hubungkan dengan sebab dan akibat acara. Peristiwa tersebut dijelaskan dalam beberapa tahap dari awal hingga akhir.

3. Penafsiran
Interpretasi berisi hasil analisis dari peristiwa yang menafsirkan fenomena tersebut. Interpretasi ini juga menegaskan kesimpulan atas argumen yang telah disajikan.

Kaidah bahasa Teks eksplanasi

Setiap esai dalam sebuah teks harus memiliki aturan linguistik yang membutuhkan perhatian. Demikian pula dengan contoh teks penjelas itu juga memiliki aturan bahasa. Berikut adalah beberapa aturan untuk dipertimbangkan:

Fokus pada sifat umum
Menggunakan bahasa standar dan ilmiah
Ini menggunakan lebih banyak material dan kata kerja relasional.
Menggunakan waktu dan hubungan sebab akibat.
Gunakan kalimat pasif.

Contoh teks penjelasan tentang banjir

Deklarasi umum

Banjir adalah fenomena alam yang secara langsung mempengaruhi kehidupan manusia. Mampu menyebabkan kerusakan fisik, mental dan material. Banjir adalah luapan besar, bisa banjir dan menghantam suatu daerah dan di daerah pemukiman. Ini karena sungai tidak lagi mampu menampung air.

Banjir sudah biasa kita dengar. Karena di Indonesia pun sudah banyak yang mengalami peristiwa ini, terutama di kota-kota besar yang notabene jauh dari pepohonan yang mampu menyerap air hujan di pepohonan. Didukung lagi oleh limbah yang sering dibuang begitu saja. Karena itu, kita harus mengatasi sebab dan akibat banjir. Harapannya nanti kita bisa mengantisipasi dan mempertahankan dengan cara sebaik mungkin.

Sebab dan akibat

Banjir tidak hanya mungkin terjadi tanpa sebab. Terjadinya banjir disebabkan oleh setidaknya dua faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah faktor alam dan faktor manusia. Faktor alam adalah hujan lebat, posisi geografis lebih rendah dari permukaan laut, pasang naik di air laut dan daerah tersebut terletak di cekungan sehingga output air menyusut.

Faktor manusia adalah segala sesuatu yang disebabkan oleh manusia seperti penggundulan hutan, reboisasi, pembuangan sampah yang tidak tepat dan sebagainya sehingga buangannya tersumbat dan karenanya air meluap.

Banjir menyebabkan kerugian besar bagi manusia. Tindakan manusia membuat bumi protes untuk menghukum pria itu sendiri. Banyak barang berharga dibanjiri dan dihanyutkan, banyak korban jiwa dan penyakit, fasilitas umum hancur dan kerugian lainnya.

Interpretasi

Banjir adalah fenomena alam yang berdampak negatif. Banjir disebabkan oleh faktor alam dan manusia. Untuk menghindari banjir lagi, sebagai manusia, kita dapat memperlakukan alam dengan baik dan menjauh dari semua penyebab banjir. Sehingga alam tidak marah kepada manusia.

Demikianlah pembahasan tentang contoh teks eksplanasi , semoga bermanfaatdan menambah ilmu pengetahian bagi para pembaca.Terima kasih !

Sumber : https://rumusrumus.com/contoh-teks-eksplanasi/