Efek Samping Minum Air Kelapa Muda Saat Haid

Efek Samping Minum Air Kelapa Muda Saat Haid – Ada banyak mitos yang beredar tentang apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi saat menstruasi. Namun satu hal yang pasti, tidak ada larangan meminum air kelapa muda saat menstruasi. Padahal, kandungan mineral dalam air kelapa mampu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mencegah kram perut.

Pada tahun 2019, beredar kabar bahwa mengkonsumsi air kelapa muda menjadi salah satu pemicu terjadinya pendarahan pada wanita, terutama saat menstruasi. Faktanya, klaim ini sama sekali tidak memiliki dasar ilmiah. Demikian pula larangan minum es saat menstruasi hingga tidur siang saat menstruasi. Untuk lebih jelasnya, yuk simak kita manfaat minum air kelapa muda saat haid berikut ini:

Artikel Lainya : 5 Resep Jus Tomat dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Manfaat Minum Air Kelapa Muda Saat Haid

Efek Samping Minum Air Kelapa Muda Saat Haid

Berkat kandungan nutrisi, elektrolit, vitamin, dan mineral-mineral penting di dalamnya, air kelapa menjadi salah satu pilihan minuman yang menyehatkan, selain air putih. Daripada kita membahas mitos yang tidak berdasar tentang larangan minum air kelapa, lebih baik membahas manfaat minum air kelapa saat menstruasi, diantaranya sebagai berikut :

1. Mencegah Dehidrasi

Saat menstruasi, banyak darah yang dikeluarkan oleh tubuh. Itulah mengapa wanita sering merasa lesu dan tidak berdaya. Mengonsumsi  air kelapa pada saat menstruasi diyakini dapat mencegah dehidrasi serta memastikan kecukupan cairan tubuh.

2. Bersahabat dengan Pencernaan

Minum air kelapa muda saat ini adalah pilihan yang tepat karena dirasa cukup ramah untuk sistem pencernaan. Artinya, tidak ada risiko yang dapat ditimbulkan, seperti mual atau nyeri saat mengonsumsinya. Selain itu, air kelapa juga sangat alami dan tidak mengandung tambahan gula atau sodium yang tidak selalu dibutuhkan tubuh.

3. Rendah Kalori

Dalam satu gelas atau 250 ml air kelapa mengandung 45 kalori, sehingga sangat bermanfaat bila  dikonsumsi oleh kaum hawa sekalipun. Daripada Anda meminum air soda, lebih baik Air kelapa muda karena kandungan mineral dan elektrolitnya.

4. Mengandung Potasium | Efek Samping Minum Air Kelapa Muda Saat Haid

Air kelapa mengandung potasium yang tinggi dan menjadikan buah ini dianggap sebagai minuman yang menyehatkan terutama bagi wanita yang sedang menstruasi. Kandungan mineral dalam air kelapa disebut memiliki kadar potasium 10 kali lebih tinggi dibanding  minuman lain yang ada di pasaran.

Di dalam satu gelas atau sekitar 250 ml air kelapa terdapat kalium yang setara dengan buah pisang sebagai salah satu sumber kalium. Itu sebabnya minum air kelapa juga bisa membantu mencegah kram perut. Tak hanya itu, kalium juga membantu dalam menyeimbangkan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

5. Kaya Magnesium

Kandungan magnesium sangat penting dibahas ketika kita berbicara tentang mengonsumsi air kelapa saat haid. Sebab, magnesium membantu distribusi kalsium dan kalium ke otot-otot tubuh sehingga tubuh menjadi rileks dan terhindar dari kontraksi. Oleh karena itu, rasa kram atau nyeri yang dirasakan saat haid pun bisa dihindari.

6. Mengandung Asam Amino | Efek Samping Minum Air Kelapa Muda Saat Haid

Jika ada asam amino yang membantu tubuh merespon stres seperti saat menstruasi, itu ada di air kelapa. Selain itu, air kelapa muda juga mengandung alanin, arginin, sistein, dan serin yang lebih banyak jika dibandingkan dengan susu sapi. Kandungan arginin juga mampu menjaga kesehatan jantung.

Artikel Lainnya : Cara Menanam Pohon Kelapa Agar Cepat Berbuah

Cara Menghadapi Rasa Tidak Nyaman Saat Haid 

Memilah makanan saat menstruasi adalah cara bijak setidaknya untuk membantu tubuh bisa melakukan penyesuaian dengan baik. Pada saat menstruasi, hormon prostaglandin akan cenderung lebih aktif dan dapat menyebabkan kontraksi pada otot rahim. Semakin tinggi hormon ini, semakin banyak sakit perut atau kram yang akan Anda rasakan.

Karena itu, inilah saatnya untuk mempertimbangkan apa yang tidak boleh dimakan. Minum air kelapa saat haid tentu tidak apa-apa, ternyata banyak sekali manfaatnya untuk tubuh. Namun, minuman berikut tidak boleh dikonsumsi saat menstruasi:

  • Susu dengan kandungan asam arakidonat dapat memicu kram perut
  • Minuman bersoda
  • Kopi dengan kafein tinggi
  • Alkohol

Beberapa minuman di atas mengandung bahan yang rawan membuat hormon estrogen dan testosteron meningkat sehingga menyebabkan perut menjadi lebih kram dan nyeri.

Selain minum air kelapa saat menstruasi, alternatif terbaik lainnya yaitu air putih. Selain itu, minuman seperti teh hijau, jus nanas, teh peppermint, teh jahe, dan kaldu juga dapat membantu menjaga siklus menstruasi agar tetap lancar.

Demikian beberapa efek samping minum air kelapa muda saat haid. Untuk informasi menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi website kami hanya di Madrid Comics.