Inilah Gaji Digital Marketing Online di Indonesia!

Berapa sih gaji profesional digital marketing online?

Pertanyaan di atas termasuk yang paling banyak peminatnya di mesin pencarian. Apalagi popularitas digital marketing meroket dalam lima tahun belakangan ini.

Jika kamu ingin tahu jawabannya, ini adalah artikel yang tepat buatmu.

Faktor penentu gaji profesional digital marketing online

Sebelum masuk ke pembahasan nominalnya, sebaiknya kamu pahami dulu faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan gajinya. Hal ini penting buat jadi bahan pertimbangan biar menghindari salah persepsi.

Lamanya bekerja

Tidak mengherankan bahwa pengalaman memainkan peran penting dalam penentuan gaji. Namun, wajib dicatat bahwa lamanya durasi bekerja di industri saja tidak bisa jadi satu-satunya jaminan.

Tidak seperti pekerjaan pemasaran lainnya, seorang digital marketer perlu tahu cara bekerja dengan sejumlah saluran digital. Nah, jika kamu selama bertahun-tahun hanya ahli hanya di satu bidang, biasanya hal itu tidak akan berperan untuk mendongkrak penghasilan secara “signifikan”. Naik sih naik, tapi tidak yang wow gitu.

Skills

Seorang digital marketer yang sukses perlu menguasai sejumlah skills strategis. Hal ini sudah sedikit disinggung di poin sebelumnya. Semakin banyak keterampilan digital yang kamu miliki, semakin tinggi pula gajimu.

Dari tren yang ada, skills yang bisa mempengaruhi besaran gaji yang diterima antara lain social media marketing, search engine marketing, dan email marketing.

Dengan kata lain, perusahaan memberikan kompensasi kepada para profesional yang dapat melakukan aktivitas marketing secara utuh (dari perolehan traffic hingga ke konversi). Dengan kata lain tidak terbatas pada keahlian tertentu.

Untuk itu, jangan ragu untuk terus melakukan upgrading skill. Salah satunya dengan mengikuti Kelas Digital Marketing-nya Bitlabs.

Reputasi

Ini adalah faktor yang diabaikan oleh sebagian besar profesional, tetapi jika dilakukan dengan benar, reputasi bisa cukup membantu dalam negosiasi gaji.

Reputasi dalam konteks ini berkaitan dengan personal branding-mu sebagai seorang profesional. Digital marketer yang dikenal luas dan punya reputasi baik punya kans lebih besar untuk menawarkan ratecard dengan nominal yang lebih tinggi dibanding orang lain.

Ada beberapa cara untuk memoles personal branding ini. Antara lain:

Membuat dan aktif merawat situs web atau blog pribadi

Kamu tetap boleh punya aset ini meskipun tengah bekerja untuk sebuah perusahaan. Jangan malas, berikan update artikel berkala misalnya tentang topik-topik seputar: panduan digital marketing, studi kasus, maupun berbagi pengalaman.

Koneksi dengan influencer di industri

Terhubung dengan para pemain besar di industri media sosial layaknya Facebook, Twitter, LinkedIn adalah jalan pintas untuk meningkatkan reputasi dan personal branding-mu. Ketika kamu dianggap ahli karena banyak menerima endorsement dari digital marketer lain, proses “menjual” jasa yang kamu tawarkan bisa lebih mulus

Publikasi di web bereputasi tinggi

Seorang digital marketer harus “aktif” dan mengambil setiap kesempatan untuk mempromosikan karyanya. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mempublikasikan karyamu di situs web otoritas tinggi.

Situs web semacam ini sangat selektif terhadap kontributor yang dinaikkan karyanya sehingga prestise-nya pun ikut naik. Menerbitkan artikel di situ bisa bikin citramu naik dan bisa jadi bahan pertimbangan gaji.

Negara/lokasi tempat bekerja

Meskipun digital marketing dapat dikerjakan dari rumah dan bisa melayani klien di seluruh dunia, negara tempat bekerja juga jadi faktor yang memengaruhi gaji atau tarif per jam/proyek-mu(pekerja lepas).

Posisi pekerjaan

Tingkatan gaji di perusahaan tergantung pada tanggung jawab pekerjaan yang kamu pegang.

Misalnya, digital marketing specialist yang jadi leader tim bisa dibayar lebih tinggi dibanding spesialis yang hanya bekerja sendiri.

Kemampuan menghasilkan output

Salah satu perbedaan antara marketing tradisional dan online adalah semuanya metriks dapat diukur. Artinya, mengetahui apakah kampanye pemasaran digital yang kamu lakukan menguntungkan atau tidak pun ROI bisa dengan mudah dicek.

Pemasar yang dapat menjalankan campaign yang menguntungkan dan memberikan return lebih kepada perusahaan juga akan menerima kompensasi yang lebih tinggi daripada marketer yang hanya melakukan tugas biasa.

Gaji profesional digital marketing online

Setelah mengatahui faktor-faktor di atas, berikut ini adalah gambaran gaji para profesional digital marketing. Data di bawah dilansir dari situs id.indeed.com di mana nominalnya bersifat dinamis dari waktu ke waktu.

Untuk digital marketer secara umum, rata-rata gajinya di Indonesia berada di kisaran 5 juta rupiah. Nominal ini biasanya akan diterima oleh mereka yang bekerja sebagai content writer, content marketer,  social media specialist, dan social media manager.

Sedangkan, marketing specialist bisa memperoleh gaji di atas 7 juta rupiah per bulan.

Bagaimana dengan marketing manager? Penghasilan yang diterima posisi ini tergolong sangat tinggi karena bisa menembus angka 14 juta rupiah per bulan.

Namun, perlu diingat kembali, ada banyak faktor yang menentukan besaran gaji digital marketing online. Terkhusus di Indonesia, lokasi tempat bekerja jadi penentu yang krusial. Tentu saja gaji marketing manager di Jakarta dan di Yogyakarta akan sangat jauh berbeda.