HP Sony Anti Air yang Cocok untuk Sosmed dan Update Status Whatsapp

HP Sony Anti Air yang Cocok untuk Sosmed dan Update Status Whatsapp

Desain

satu seri Xperia, T2 Ultra tak Sebagai salah berbeda jauh. Desain kotak dan warna hitam mengilat menjadi ciri khasnya. Terbilang ramping dan ringan, sisi depannya dipenuhi layar besar dan hitam riben. Begitu pula sisi belakangnya, terbuat dari plastik berkualitas bagus dengan warna hitam doff.

Bahan ini membuatnya mudah kotor oleh jejak jemari. Adapun tombol yang tersedia, yakni volume, power, dan tombol kamera fsik di kanan bawah. Port microUSB untuk data dan isi ulang ada di samping kiri atas, sedangkan jack audio 3.5 mm di sisi kanan atas. Posisi ini memang menjadikannya ?eksibel saat ponsel dipakai sambil diisi ulang. Sementara slot microSD ada di kiri, dan slot microSIM ada di kanan. Di belakang, ada kamera plus ?ash, dan speaker mono yang berbentuk memanjang. Slot microSD bersifat hotswap sehingga terasa praktis karena bisa dilepas pasang tanpa harus mematikan ponsel. Berbeda dengan beberapa seri Xperia premium lainnya, T2 Ultra ini tidak dibekali ketahanan terhadap air dan debu. Namun, desain unibodi (baterainya tak bisa dilepas) memberinya desain yang relatif rapat. Bicara layar, bisa dikatakan sangat memuaskan. Layar IPS LCD Full HD 1280 pixel terasa tajam dan berwarna cemerlang, namun tetap sejuk di mata saat dinikmati berlama-lama. Belum lagi respon layar terasa gesit, termasuk multitouch, saat menjelajah semua ftur dan aplikasinya. Apalagi, ukuran layarnya yang 6 inch terasa pas. Terasa lega namun tidak lebar, sehingga masih bisa dioperasikan dengan satu tangan atau dimasukkan saku.

 

Antarmuka dan Aplikasi

Meski baru dirilis, sayangnya phablet ini belum dibekali OS Android KitKat, tapi masih Android v4.3 (Jelly Bean). Namun, Sony merencanakan bisa di-upgrade ke Android v4.4.2 (KitKat). Antarmukanya sedikit dipermak, meski kesan Jelly Bean masih tetap kuat. Pengunci layarnya bertipe tirai halus yang menarik dan bisa dibuka dengan menggeser ke atas bawah. Dalam posisi terkunci, kita bisa mengakses langsung ke kamera tanpa perlu membukanya, dan satu pintasan lagi yang bisa dipilih.

Homescreen terdiri dari lima halaman standar yang sudah berisi widget Weather (informasi Cuaca), jam digital, audio player dan koleksi foto gallery. Tampilan koleksi foto ini sangat menarik karena bisa dilihatlihat dengan memutarnya ke bawah, seperti mengakses secara cepat. Di bawahnya, tersedia beberapa pintasan permanen. Adanya pintasan kamera, membuat pemotret lebih cepat memilih pengaturan yang sesuai kebutuhan. Pintasan permanen lainnya adalah aplikasi multimedia yang siap dimainkan, yaitu Walkman (pemutar musik), Album (galeri foto), Movies (pemutar video), Sony Select dan Sketch. Sony Select berisi daftar aplikasi pilihan Sony yang tentunya pas untuk T2 Ultra ini, yang diambil dari Google Play. Pengelompokan disesuaikan dengan kebutuhan Sony, yaitu Game, Theme, Entertainment, Business, Productivity, Health, dan Camera. Jika dipilih, maka akan terhubung ke Google Play dan proses download berlangsung seperti biasa. Sony Select ini terlihat ditonjolkan, karena berita aplikasi dan game terbaru bahkan dijadikan widget di homescreen, sehingga selalu muncul jika ada informasi terbaru. Ada aplikasi unik untuk mengoptimalkan memori RAM saat pemakaian.

Bentuknya berupa ikon anak kecil yang jika digeser ke ikon roket di sisi bawah akan mematikan aplikasi yang tak perlu, dan otomatis menambah memori RAM yang bisa dipakai. Masuk dalam menu utama, tampilan ikon dan huruf cukup besar dan jelas, sehingga mudah dicari meski bercampur. Dengan sistem laci, menggeser jari ke kanan akan membuka ftur untuk mengelola aplikasi, seperti Search Apps, Uninstall, Alphabetical, Installed plus akses ke Play Store dan Sony Select. Aplikasi lain yang khas dan siap pakai di T2 Ultra ini ada Socialife Kamera 13 MP mampu menghasilkan foto bagus meski belum berbekal sensor Exmor menjadi andalan Sony. Tombol kamera News (sosial media), TrackID (pendeteksi lagu), Smart Connect, Playstation, Play Memories Mobile, Sony Music, TV SideView, Xperia Lounge dan Xperia Care. PlayMemories merupakan aplikasi penghubung kamera ber-WiFi dengan ponsel ini, sehingga hasil foto bisa langsung di-share ke jejaring sosial. Aplikasi lainnya, ada Movie Studio, Backup & Restore, NeoReader, Play NewsStand, Play books, Evernote, dan OfceSuite.

Audio

Sebagai merek legenda, Walkman yang menjadi pemutar musiknya memang tampil lebih menarik ketimbang Android lainnya. Begitu dibuka, ada tampilan kotak-kotak yang menarik, berisi pengelompokan lagu, ftur pemutar lagu, dan ftur SensMe. SensMe akan mengelompokkan lagu sesuai kebutuhan, dengan sembilan pilihan suasana hati. Dengan SensMe, kita tak perlu memilih lagu sesuai mood, karena walkman akan memilihkannya. Speakernya mono dan output suaranya jernih dan alami. Memang tak cukup keras dengan nada tengah lebih dominan, namun kejernihannnya memang lebih berkualitas. Namun, posisi speaker di belakang membuat suaranya teredam saat ditaruh di meja. Sementara lewat earphone bawaan, nada stereo sangat kuat dan enak didengar. Saat sedang memutar lagu, kita bisa tahu informasi lengkap lagu tersebut dengan ftur music info.

Tentu saja dibutuhkan akses internet. Untuk pendongkrak nada, ada ClearAudio+ yang sayangnya malah mengurangi output suara di speaker. Lewat earphone bawaan, ClearAudio+ menampilkan suara lebih kuat di semua nada. Sementara equalisernya, terdiri dari 8 pilihan equaliser siap pakai, tiga setting pilihan, dan lima kanal equaliser manual. Ada pula tambahan ClearBass untuk nada rendahnya. Namun, bagi pecinta nada bass yang kuat dan mantap, tak akan bisa menikmatinya. Nada bass tampil biasa saja, tak cukup bertenaga dan bulat. Otak-atik setting, equaliser, hingga mengganti dengan headset lain, tak banyak membantu. Radio FM tampil keren dan modern, dengan pencari frekuensi sistem geser yang ?eksibel. Penangkapan suara bagus dan jernih. Jika penangkapan kurang bagus, suara radio bisa dipaksa menjadi mono. Lagu yang terdengar bisa langsung dicari informasinya lewat TrackID.

Kamera

Resolusi 13MP, pengaturan dan aplikasi foto menjadi andalannya. Adanya tombol kamera fsik memudahkan pemotretan. Mode pengaturan di posisi manual mode cukup lengkap, termask soft snap, handheld twilight, Gourmet, Anti motion blur, Soft Skin, Backlight Correction HDR, High ISO, dan scene standar lainnya. Pilihan itu sangat membantu saat memotret di dalam ruang, sehingga foto tak mudah terekam kabur. Saat dicoba memotret tangan yang digerakkan cepat di dalam ruang, foto tetap terekam dengan baik tanpa gejala kabur. Yang menarik, ada dua kotak autofocus selalu bergerak mengikuti objek bergerak dan mengunci objek agar tetap tajam. Noise foto dalam ruang memang terlihat, namun belum mengganggu sehingga foto tetap tampil bagus. Di luar ruang, keandalan kameranya terlihat.

Foto terekam tajam dan dengan mudah menyesuaikan tingkat kecerahan sesuai bagian layar yang disentuh. Warna juga tampil cemerlang. Foto makro berlangsung responsif dengan hasil foto tajam. Gradasi warna juga terlihat alami. Hasil foto bisa diolah langsung di ponsel dengan banyaknya flter dan efek yang ada, seperti AR E?ect, Picture E?ect, dan Portrait Retouch. Hasil foto bisa dibuat tajam di objek utama dan blur di latar, dengan ftur Background defocus. Fitur Timeshift burst memudahkan memotret objek bergerak cepat, lalu dipilih adegan yang paling bagus. Rekaman video Full HD tampil tajam dan alami, berukuran besar dan berjalan mulus saat diputar di PC. Di dalam ruang, video juga terekam tajam meski warna agak gelap.

Kinerja

Kinerjanya bisa diandalkan, terasa mulus menjalankan banyak aplikasi sekaligus, termasuk game berat seperti Asphalt 8. Tak terasa gejala lemot atau lag yang mengganggu. Koneksi bisa dilakukan lewat banyak cara. Namun, di PC Windows XP, akses ke dalam internal data cukup sulit dilakukan. Lain halnya di Windows 7, yang langsung berjalan lancar. Browsing internet terasa nyaman di layarnya yang lega dan responsif. Membuka banyak tab tak masalah dan masih terasa lancar, tentu saja internetnya harus cepat. Bekal baterainya juga cukup awet untuk pemakaian seharian penuh. Hasil uji benchmark menunjukkan skor yang bagus