Ini Dia 5 Obat Herbal Radang Tenggorokan Dari Bahan Alami

Sering kali Anda merasa tidak nyaman saat mengalami gejala radang tenggorokan yang akan membuat tenggorokan terasa gatal, nyeri hingga batuk. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh adanya infeksi dari bakteri maupun virus. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena terdapat obat herbal radang tenggorokan yang bisa Anda temui secara mudah. Yuk simak beberapa ulasan bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai obat herbal.

  1. Madu

Salah satu bahan alami yang paling sering digunakan oleh banyak orang untuk mengatasi radang tenggorokan yaitu madu. Bahan alami ini memiliki antibakteri yang melapisi tenggorokan agar tidak mudah iritasi maupun mengurangi rasa sakit radang.

Anda bisa meminumnya dengan mencampur 1 sdm madu dengan segelas air hangat atau mencampurnya dengan teh. Cara ini sangat tepat untuk menyembuhkan radang tenggorokan secara cepat.

  1. Peppermint

Selain sering digunakan untuk menyegarkan nafas, ppermint juga mampu meredakan radang pada tenggorokan. Hal ini dikarenakan peppermint mengandung antibakteri, antivirus dan anti-inflamasi yang membantu penyembuhan pada tenggorokan yang sakit. Anda bisa juga mencampurnya dengan minyak zaitun.

  1. Teh Kamomil

Obat herbal radang tenggorokan berikutnya yaitu berasal dari the kamomil yang dapat memberikan efek menenangkan. Selain itu, kamomil sendiri memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Bawang Putih

Bahan alami lainnya yang juga memiliki sifat antibakteri dan sangat bagus untuk meredakan radang tenggorokan yaitu bawang putih. Selain itu, bawang putih juga mengandung allicin yang mampu melawan infeksi dan dapat membantu mencegah virus flu biasa. Apalagi jika Anda mengonsumsi bawang putih secara teratur.

  1. Kunyit

Mengonsumsi kunyit ternyata juga mampu mengatasi radang pada tenggorokan, hal ini karena kunyit mengandung anti inflamasi. Anda bisa mengonsumsi kunyit dengan menambahkan bubuk kunyit ke dalam segelas susu hangat.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat dijadikan sebagai obat herbal radang tenggorokan dan bisa Anda praktikan secara langsung. Anda juga bisa melakukan berbagai hal untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan, seperti mengurangi pembicaraan, menghindari asap rokok maupun meningkatkan meminum air mineral.