Ini yang Harus Anda Lakukan Supaya Hewan Peliharaan Anda Tidak Sakit!

Di jaman sekarang banyak orang yang memelihara hewan peliharaan di dalam rumah, mungkin salah satunya adalah Anda. Namun, bagaimana jika hewan peliharaan Anda sakit? 

Untuk mengantisipasi supaya hewan kesayangan Anda tetap sehat, kami sarankan kepada Anda untuk rajin melakukan pemeriksaan rutin di rumah sakit, puskesmas, atau klinik khusus hewan seperti ulasan adhdmalta.org.

Mengapa Hewan Peliharaan Perlu Melakukan Pemeriksaan Rutin?

  • Rentan terhadap penyakit

Anda perlu mengetahui bahwa hewan peliharaan sangat rentan terhadap penyakit yang mengancam kesehatannya. Kucing atau anjing Anda sangat mudah berpotensi sakit yang disebabkan oleh cacing, kurap, kutu, iritasi, atau adanya luka karena cidera. 

  • Hewan yang sakit berbahaya bagi manusia

Hewan yang mengidap penyakit serius seperti rabies akan memberikan dampak negatif pada kesehatan manusia di sekitarnya. Selain itu adanya parasit toksoplasmosis pada kotoran kucing sangat berbahaya bagi ibu hamil.

Ibu hamil yang terkena virus tokso dan rubella dapat berdampak pada kecacatan janin yang dikandungnya. 

Tempat Pemeriksaan Hewan Peliharaan yang Tepat

Supaya hal-hal buruk tidak terjadi, kami sarankan Anda mulai memeriksakan hewan kesayangan Anda di tempat yang tepat. Anda perlu mendatangi dokter hewan di rumah sakit hewan, klinik hewan, atau puskeswan.

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum pergi ke tempat pemeriksaan kesehatan hewan kesayangan Anda, diantaranya adalah:

  • Lokasi

Pastinya banyak ditemukan pet shop atau pusat pemeriksaan kesehatan hewan di sekitar tempat tinggal Anda. Oleh karena itu, kami sarankan untuk mencari yang terbaik dan terpercaya, seperti puskeswan atau rumah sakit hewan. 

  • Dokter ahli

Anda perlu memastikan kredibilitas dan pengalaman dokter yang akan menangani hewan kesayangan Anda.

  • Jadwal praktik

Anda perlu mencari informasi mengenai jadwal buka praktik dokter hewan di tempat yang akan Anda tuju.

  • Biaya 

Sesuaikanlah dengan budget Anda. Biasanya biaya di pet shop akan lebih mahal daripada di rumah sakit hewan atau puskeswan. 

  • Ulasan pengunjung

Anda perlu juga melihat review dari pengunjung sebelumnya. Jika banyak pengunjung yang puas dengan pelayanan dokter yang baik, maka patut untuk Anda datangi. Namun jika sebaliknya, kami sarankan Anda untuk mencari tempat yang lebih baik. 

Jadi kapan Anda akan membawa hewan peliharaan Anda untuk melakukan pemeriksaan rutin? Pastikan hewan kesayangan Anda selalu sehat ya!