Jenis-Jenis Digital Marketing Untuk Bisnis

Jenis-Jenis Digital Marketing Untuk Bisnis

 

Digital marketing sendiri sudah digunakan oleh banyak pengusaha. Karena dari digital marketing ini setiap produk yang di promosikan maka akan lebih banyak orang yang mengetahuinya. Jika semakin banyak orang yang tahu maka akan meningkatkan level bisa jadi bahwa ada calon pembeli baru mulai bermunculan.

 

Lalu jika pembeli merasa puas dengan barang yang di beli atau jasa yang di pakai maka mereka akan menyuruh orang lain untuk ikut menikmati produk tersebut. Karena terkadang promosi dari mulut ke mulut tidak kalah efektif dengan promosi melalui internet. Adapun jenis-jenis dari digital marketing yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda adalah:

 

Digital Marketing Melalui Website

Website adalah salah satu platform yang harus Anda miliki bila ingin memulai promosi di internet. Mengapa demikian? Sebab saat ini penelusuran barang ataupun jasa di internet utamanya di situs menunjukan penambahan angka yang cukup tinggi.

 

Contohnya saja jika seseorang memerlukan sebuah produk barang maka ia akan mencari informasi terlebih dahulu di internet tentang kelebihan dan kelemahan barang tersebut. Jika sudah di temukan informasi yang menyeluruh tentang barang itu maka ia akan lanjut mencari tahu tentang susunan harga dari situs satu ke situs yang lain.

 

Jika kita mempunyai website maka saat seseorang mencari informasi tentang suatu barang maka situs yang kita miliki pasti hadir di kolom penelusuran google. Apalagi jika produk yang kita miliki baik itu dalam bentuk barang maupun jasa memiliki keunggulan yang jauh lebih bagus di bandingkan dengan produk kepunyaan pesaing maka otomatis di kolom penelusuran produk kita tampil di urutan yang sangat atas.

 

Karena saat ini internet telah mengupgrade atau memperbaharui menu yang ada di dalam internet itu dan lebih menyeluruh tentunya. Salah satu menu baru yang ada di internet adalah belanja. Yakni suatu kolom yang berisikan atau bermanfaat sebagai search engine otomatis untuk setiap orang yang ingin langsung melakukan pembelian barang suatu produk.

 

Menu melakukan pembelian barang ini lah yang memuat tentang beberapa website yang di miliki oleh semua pengusaha baik itu pengusaha barang maupun jasa. Sedangkan manfaat utama dari suatu website untuk bisnis adalah:

 

.Memberikan informasi produk secara menyeluruh pada customer : Informasi suatu produk sangatlah penting untuk calon pembeli atau customer yang akan melakukan pembelian barang di toko Anda. Sedangkan jika Anda memilih digital marketing berupa situs maka sebelum melakukan pembelian customer sudah tahu terlebih dahulu mengenai informasi menyeluruh seputar produk yang akan ia beli. Sehingga transaksi bisa lebih mudah tentunya.

.Sebagai penunjuk profesionalisme perusahaan kita : Sebuah perusahaan dikatakan mempunyai kualitas yang baik jika perusahaan yang kita miliki bisa menunjukan profesionalisme dalam kinerjanya. Sebab untuk sebagian besar customer profesionalisme sangatlah penting dan sering juga di pakai sebagai patokan suatu penilaian. Dengan memakai website maka perusahaan yang kita miliki bisa terlihat lebih profesional.

.Media untuk promosi yang low budget : Promosi yang menghabiskan banyak budget atau biaya terkadang belum tentu memberikan hasil yang maksimal. Namun untuk Anda yang baru merintis suatu perusahaan dari bawah tapi ingin cepat menemukan hasil maka Anda bisa mencoba digital marketing jenis situs ini. Sebab biaya promosi yang kita perlukan sangat terjangkau tetapi hasilnya maksimal.

.Tempat penjualan barang dan jasa yang sangat mudah : Bisa di bilang siapa saja bisa menggunakan internet. Mulai dari anak kecil, remaja, orang dewasa, bahkan orang tua yang sudah menjangkau usia puluhan tahun. Karena kenyataan ini lah kenapa website di bilang sebagai lokasi penjualan barang dan jasa yang sangat mudah sebab bisa di akses oleh siapa saja.

.Kinerja non stop : Fungsi utama dari situs selanjutnya adalah sebagai perangkat kerja yang non stop atau tidak ada waktu untuk istirahat. Karena beberapa website meluangkan jasa atau fitur sebagai customer service 24 jam. Sehingga setiap orderan yang masuk bisa langsung di tangani.

 

Digital Marketing Jenis SEM (Search Engine Marketing)

Meskipun sudah memakai digital marketing yang bermediakan internet tetapi bukan berarti kita terbebas dari suatu persaingan. Sebab kompetisi dalam bidang promosi bisa di bilang cukup banyak. Mengingat hampir setiap orang mempunyai jenis usaha yang serupa dan nyaris sama maka jumlah pemilik website di dalam internet terus meningkat dari waktu ke waktu.

 

Apalagi saat ini banyak pengusaha muda yang mulai menyadari jika internet jauh lebih efektif untuk beriklan di bandingkan dengan media promosi yang lain. Di samping lebih efektif pastinya hasil maksimal yang di miliki oleh internet lah yang menggoda banyak pengusaha untuk menciptakan sebuah media promosi di dalamnya.

 

Untuk menanggulangi ini maka pihak google menyediakan beberapa fasilitas ekstra yang mempunyai harga bervariasi untuk memperlihatkan setiap situs yang tercatat di dalam google. Fasilitas itu berupa SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing). Meskipun memiliki nama yang nyaris sama namun nyatanya kedua kemudahan ini sangatlah berbeda.

 

SEO (Seacrh Engone Optimization) adalah sebuah fitur dari google yang memiliki manfaat sebagai pembuat situs Anda menjadi nomor satu atau yang ada di tingkatan atas pada google. SEO bisa di bilang lebih mudah daripada SEM sebab Anda bisa membuatnya sendiri tanpa pertolongan ahli.

 

Apalagi biaya yang di miliki SEO lebih murah daripada biaya SEM. Namun sayangnya Jasa SEO (Search Engine Optimization) memerlukan waktu optimasi yang cukup lama sebab memang fitur ini di tujukan untuk iklan jangka panjang. Sedangkan SEM (Search engine Maketing) adalah sebuah fitur yang akan menciptakan website kita berada posisi teratas di bandingkan dengan situs yang lain di dalam internet.

 

Proses optimasi SEM jauh lebih cepat di bandingkan dengan SEO. Meskipun harganya cukup mahal namun jika Anda lebih memilih untuk memakai SEM dari pada SEO maka situs perusahaan Anda bisa berada di posisi teratas dan mengungguli webiste lain yang memilih memakai SEO daripada SEM.

 

Digital Marketing Jenis Social Sedia Marketing

Berbicara mengenai social media tentu saja mayoritas pembaca di sini sudah tahu atau bahkan mempunyai lebih dari satu social media. Mengapa di sebut social media? Sebab beberapa software social media memang menghubungkan setiap orang yang sedang di daerah bertolak belakang dan berjarak yang sangat jauh.

 

Dan di dalam software social media ini lah mereka saling berhubungan yang akhirnya menyusun suatu hubungan sosial antar setiap orang. Saat ini telah ada banyak sekali software social media baru yang saling bermunculan. Semakin banyaknya software untuk social media ini juga di karenakan pertumbuhan zaman dan teknologi yang semakin canggih.

 

Sehingga setiap software social media mengikuti perkembangan zaman supaya tidak terbelakang tentunya. Perkembangan dari software social media juga menawarkan begitu banyak  macam fitur lain yang sebelumnya tidak ada di software social media versi yang lama. Banyak dari software social media sendiri seperti instagram, facebook, twiter, dan beberapa software chat online.

 

Karena dari waktu ke waktu pemakai social media semakin meningkat dan bisa di bilang penambahan pemakai social media ini sangat lah pesat maka semua pengusaha memanfaatkan eksistensi social media sebagai tempat atau media untuk produk berupa barang maupun jasa dari semua perusahaan baik yang ada di Indonesia maupun perusahaan luar negeri.

 

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan beberapa iklan yang di selipkan saat Anda membuka social media bukan? Biasanya perusahaan ini membayarkan sejumlah uang pada pemilik software social media sehingga iklan dari perusahaannya bisa muncul di dalam social media itu.

 

Promosi melewati digital marketing berjenis social media ini bisa di bilang paling efektif. Bahkan tidak sedikit pengusaha baru yang memberikan testimoni atau pembahasan bahwa sejak mereka memakai digital marketing social media maka kunjungan penjualan pada perusahaan mereka sangat lah tinggi. Karena memang hampir semua software social media ada atau bisa di akses oleh orang yang ada di seluruh dunia.

 

Digital Marketing Jenis Online Adveristing

Online adveristing adalah jenis digital marketing yang hampir  sama dengan digital marketing pada social media. Tapi bedanya online adveristing ini bisa mencakup semua situs yang ada di internet tidak hanya social media saja. Online adveristing sendiri juga di kenal sebagai iklan perusahaan secara online.

 

Setiap media internet yang di pakai untuk menciptakan atau sebagai tempat penayangan iklan ini mempunyai harga yang bervariasi. Ada yang menetapkan biaya iklan yang cukup murah tetapi sering juga ada situs yang menetapkan biaya iklan yang bisa di bilang sangat mahal.

 

Biasanya perbedaan harga atau biaya iklan ini di sebabkan oleh jumlah trafic pada situs itu. Jika trafic pada situs masih rendah sampai sedang maka seringkali pemilik situs akan menetapkan ongkos iklan yang lumayan terjangkau. Namun jika website yang akan Anda pakai beriklan ternyata mempunyai trafic yang cukup tinggi maka biaya yang kita keluarkan juga menjadi semakin tinggi.

 

Online adveristing bisa di bilang paling efektif untuk menjadi media digital marketing atau media promosi usaha Anda. Sebab perusahaan Anda bisa di tampilkan dalam beberapa website familiar ataupun platform internet yang telah di pakai oleh jutaan pemakai. Seperti platform youtube dan situs kepenulisan. Dimana Anda bisa menilai mau  berapa banyak customer yang klik iklan kita itu.

 

Digital Marketing Jenis Video Marketing

Jenis digital marketing selanjutnya ialah video marketing. Dimana jenis digital marketing ini di kenal sebagai jenis media promosi yang sangat efektif di bandingkan dengan jenis digital marketing yang lainnya. Mengapa demikian? Sebab produk yang kita miliki akan di jabarkan secara menyeluruh menggunakan video dan dikemas secara bagus.

 

Dimana video memang lebih menarik untuk sebagian besar orang daripada tulisan. Dan juga ada kenyataan yang mengatakan jika setiap orang lebih mudah memahami atau menangkap sebuah gambar di bandingkan dengan memahami sebuah artikel ataupun bacaan.

 

Bagusnya lagi saat ini teknologi digital marketing jenis video marketing sudah sangat berkembang pesat. Dimana tidak hanya video 2 D saja yang bisa Anda jajaki namun juga video marketing berbentuk 3 D.

 

Sehingga produk barang atau jasa yang kita miliki akan di presentasikan dengan lebih menarik dan lebih nyata sehingga lebih banyak customer yang tertarik. Inilah yang menjadi alasan dasar kenapa video marketing bisa di anggap sebagai media promosi yang jauh lebih efektif di bandingkan dengan media promosi yang lainnya.

 

Nah itu tadi beberapa jenis-jenis digital marketing yang bisa Anda coba untuk mempromosikan perusahaan Anda. Sesuaikan jenis digital marketing yang kita pilih dengan keperluan promosi yang kita inginkan.

 

Sumber : Growing a Business In a Digital World