Jenis: Metamorfosis lengkap dan tidak lengkap

Kita bisa mendefinisikan, metamorfosis adalah sebagai pergantian nyata didalam anatomi makhluk hidup selama siklus hidupnya. Dalam pengertian metamorfosis ini artinya bahwa organisme dilahirkan dengan wujud dan mengalami pergantian besar didalam tubuhnya selama perkembangannya, menjadi benar-benar tidak sama di jaman dewasa.

Metamorfosis bisa dilihat pada katak, misalnya, yang berudu didalam step remaja; atau bahkan kupu-kupu, yang merupakan ulat saat mereka dilahirkan.

Kita menyebutkan bahwa organisme yang melakukan metamorfosis punya perkembangan tidak langsung. Di sisi lain, organisme, seperti manusia, yang tidak punya pergantian tubuh besar selama siklus hidupnya menghadirkan apa yang kita sebut pengembangan langsung.

 

Pengertian
Dalam bukanarjuna  metamorfosis adalah proses perkembangan pasca embrionik (setelah telur menetas) yang terjadi pada beberapa grup metazoa (hewan). Biasanya metamorfosis melibatkan transformasi cepat dan mencolok berasal dari larva ke step larva seterusnya atau ke individu dewasa – yang bisa muda atau dewasa secara kelamin.

 

Transformasi didalam metamorfosis ini umumnya disebabkan oleh tanda lingkungan seperti sinar atau suhu dan dimediasi oleh hormon karakteristik. Transformasi berasal dari larva menjadi dewasa termasuk pergantian habitat, makan dan perilaku. Hewan yang punya pola siklus hidup ini punya perkembangan tidak langsung, tidak sama dengan mamalia (kucing, anjing, manusia), misalnya, yang punya perkembangan langsung.

 

jadi apa itu pengertian Metamorfosis? Metamorfosis adalah suatu proses biologi di mana hewan secara fisik berkembang sehabis kelahiran atau penetasan, melibatkan pergantian mencolok dan relatif mendadak didalam wujud hewan atau struktur lewat perkembangan sel dan diferensiasi.

Beberapa serangga, amfibi, mollusca, crustacea, cnidaria, binatang berkulit lunak dan tunicata mengalami metamorfosis, yang umumnya (tapi tidak selalu) disertai pergantian habitat atau perilaku. Mamalia tumbuh secara bertahap, dimulai berasal dari bayi dan memperoleh makin besar hingga dewasa.

 

Meskipun mamalia tumbuh didalam ukuran, struktur dasar tubuh selalu sama lewat seluruh hidupnya. Serangga, di sisi lain, lewat serangkaian step perkembangan, disebut metamorfosis, sebelum saat mereka menggapai umur dewasa. Ketika lewat berasal dari satu step ke step berikutnya, serangga membuat perubahan struktur seluruh tubuh nya.

 

Jenis: Metamorfosis lengkap dan tidak lengkap

Metamorfosis dapat diklasifikasikan sebagai lengkap dan tidak lengkap.

  • Metamorfosis lengkap: Tahap imatur sangat berbeda dari bentuk dewasa, dan variasi dapat terjadi tidak hanya dalam morfologi, tetapi juga dalam habitat dan kebiasaan makan. Sebagai contoh metamorfosis lengkap, kita dapat menyebutkan beberapa nyamuk yang menetas dari telur sebagai larva di air, memasuki tahap yang dikenal sebagai pupa dan menjadi dewasa.
  • Metamorfosis tidak lengkap: pada metamorfosis jenis ini, perubahan organisme terjadi secara bertahap. Ini adalah kasus belalang, yang awalnya memiliki organisme muda (nimfa) yang tidak memiliki sayap; kemudian, nimfa dengan sayap dalam formasi diamati sampai menjadi individu dewasa.

 

Ada dua macam metamorfosis: metamorfosis tidak sempurna dan lengkap. Hewan yang mengalami metamorfosis lengkap terjadi melalui empat suasana yang berbeda berasal dari pertumbuhan.

Organisme ini di mulai sebagai telur sebelum saat menetas menjadi larva, membentuk pupa dan akhirnya muncul sebagai dewasa. Hewan yang mengalami metamorfosis yang tidak lengkap tidak merampungkan seluruh empat tahap. Mereka merasa sebagai telur, berkembang menjadi nimfa dan menjadi dewasa sehabis capai kematangan reproduksi.

Metamorfosis lengkap di mulai bersama langkah telur. Pada langkah ini, makhluk pakai nutrisi di dalam telur untuk berkembang menjadi wujud larva mereka. Setelah menetas sebagai larva, hewan makan sejumlah besar makanan untuk tumbuh di dalam ukuran. Ulat, belatung dan tempayak adalah umpama berasal dari larva. Ketika serangga melengkapi pertumbuhan larva, ia membentuk kulit-seperti pupa lebih kurang tubuhnya.

Selama lebih dari satu minggu, larva beralih menjadi organisme dewasa di di dalam pupa. Setelah muncul berasal dari pupa, organisme adalah dewasa yang lengkap bersama enam kaki, tiga anggota tubuh yang berbeda dan sepasang antena.