Yuk Kenali Apa Saja Jenis-Jenis Tomat!

Buah tomat dikenal memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Namun, tahukah Anda ada beragam jenis tomat di luar sana? yuk kenali beberapa jenis tomat berikut ini!

Tomat merupakan tanaman yang pertaman kali di dataran Amerika Selatan. Tanaman tomat masih berkerabat dekat dengan terung, kentang dan paprika. Tomat termasuk dalam buah-buahan karena memiliki struktur daging dan biji yang aman bila dimakan. Namun sebagian orang masih beranggapan bahwa tomat adalah jenis sayur-sayuran, karena fungsinya sebagai pelengkap dalam masakan.

Pada umumnya, buah tomat memiliki warna merah cerah yang terkenal kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin. Oleh sebab itu, buah tomat juga banyak dipilih untuk dikonsumsi sebagai salah satu bahan makanan yang menyehatkan.

Dalam setiap 100 gr buah tomat, terkandung 20 kal kalori, 1 gr protein, 0,3 gr lemak, 4,2 gr karbohidrat, 5 mg kalsium, 1500 SI karoten (vitamin A), 60 mikrogram thiamin (vitamin B), 40 miligram sam Askorbat (vitamin C), 27 mg fosfor, 0,5 mg zat besi, dan 360 mg potassium.

Buah tomat seringkali dijadikan sebagai bahan dalam masakan, seperti sambal, sayur umis, salad, sup, lalapan, dan bahan pelengkap makanan lainnya. Selain itu, tomat juga bisa digunakan sebagai bahan minuman seperti jus tomat. Tak hanya itu, tomat pun dapat dikonsumsi secara langsung sebagai salah satu menu yang menyehatkan.

Dilihat dari beragam nutrisi dan manfaat yang bisa didapatkan dari buah tomat, menjadikannya layak untuk dibudidayakan di rumah. Cara menanan tomat sebenarnya tidak sulit, namun perlu perlakuan khusus yang tepat agar tanaman tomat bisa tumbuh subur dan menghasilkan buah yang lezat.

Dalam budidaya tanaman tomat, perlu diperhatikan pemilihan benih yang berkualitas. Namun sebelum itu, Anda juga harus mengetahui jenis-jenis tomat yang akan dibudidayakan.

Baca Juga : Cara Pemupukan Cabe Rawit dalam Polybag yang Benar

Jenis-Jenis Tomat

Yuk Kenali Apa Saja Jenis-Jenis Tomat!

Tomat ada banyak jenisnya dan dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan ukurannya. Untuk informasi lebih lengkapnya, mari kita simak informasi berikut!

1. Tomat Plum

Tomat plum merupakan sebutan bagi buah tomat yang memiliki bentuk hampir mirip seperti buah plum. Jenis buah tomat yang satu ini berbentuk bulat lonjong berdaging tebal, berkulit tipis serta mengandung banyak air. Selain itu, tomat plum memiliki rasa yang agak asam.

Jenis tomat yang satu ini pada umumnya digunakan sebagai bahan dalam berbagai masakan seperti sambal, sayur tumis, sup, ataupun dibuat minuman seperti jus ataupun salad tomat. Tomat plum disebut juga sebagai processing tomato atau paste tomato, karena kerap diolah menjadi saus atau pasta.

2. Tomat Anggur

Jenis tomat yang satu ini memiliki bentuk yang hampur mirip dengan buah anggur. Baik dilihat dari bentuk ataupun rangkaiannya. Jika dibandingkan tomat lainnya, tomat anggur termasuk ke dalam jenis tomat yang paling kecil. Tomat anggur memiliki bentuk yang bulat, dan rasa yang manis. Selain itu daging tomat anggur tidak terlalu tebal, serta mengandung air yang tidak terlalu banyak.

Karena bentuknya yang kecil seperti anggur dan rasanya yang manis, jenis tomat yang satu ini biasanya dimakan secara langsung atau digunakan untuk membuat salad sayur. Tomat anggur sendiri sangat jarang ditemui di Indonesia karena sebagian besar penduduk Indonesia mengonsumsi buah tomat melalui proses pemasakan terlebih dahulu.

3. Tomat Ceri

Tomat ceri hampir mirip dengan tomat plum. Bedanya, tomat ceri memiliki rasa yang lebih manis. Selain itu, tomat ceri berbentuk kecil agak lonjong dan mengandung banyak air.

Saat masih muda, tomat ceri berwarna hijau muda dan saat matang warnanya berubah menjadi jingga agak kemerahan. Selain tomat anggur, tomat ceri juga kerap digunakan sebagai bahan salad, hiasan makanan, atau untuk dimakan langsung.

4. Tomat Pear

Tomat Pear berasal dari benua Eropa. Sesuai namanya, tomat yang satu ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan buah pear, namun berukuran lebih kecil. Tomat pear memiliki rasa yang manis dan warna yang beraneka ragam, diantaranya yaitu merah, jingga, dan kuning. Tomat pear biasanya dimakan secara langsung, atau sebagai bahan pelengkap salad, campuran minuman, atau hiasan pada makanan.

5. Jenis Tomat Beef

Jenis tomat yang satu ini disebut juga sebagai beefsteak tomato karena memiliki daging yang tebal. Dibanding dengan tomat lainnya, tomat beef memiliki ukuran yang lebih besar. Pada umumnya, satu buah tomt beef memiliki berat kurang lebih 500 gram.

Tomat beef memiliki bentuk yang bulat tidak beraturan dan permukaannya berulir. Jenis tomat ini memiliki kulit yang tipis serta banyak ruang bagi bijinya.

Selain memiliki bentuk yang besar, daging buah yang juga tebal, biji yang tidak terlalu banyak, tomat beef juga mengandung kadar air yang sangat sedikit sehingga ketika diiris tidak terlalu basah dan berair.

Tomat beef memiliki rasa yang sedikit asam, dan cocok digunakan sebagai bahan sayuran atau hiasan pada makanan seperti pada sandwich ataupun burger. Selain itu, tomat beef juga seringkali ditambahkan dalam berbagai sup, tumisan, atau beberapa masakan lainnya.

6. Tomat Globe

Jenis tomat yang satu ini memiliki bentuk bulat yang seragam dan berukuran tidak terlalu besar. Tomat globe memiliki rasa yang tidak terlalu asam dan seringkali digunakan sebagai bahan pelengkap makanan utama, salad, sandwich ataupun burger. Jenis tomat ini juga disebut sebagai slicing tomato karena selalu dipotong atau diiris saat pengolahannya. Tomat globe adalah salah satu jenis tomat yang banyak di jual di pasaran Indonesia.

7. Tomat Oxheart

Jenis tomat yang satu ini berukuran hampir mirip dengan tomat beef. Yang membedakan keduanya yaitu tomat oxhear memiliki siluet mirip buah stroberi dengan bentuk lonjong dan daging buah yang memiliki banyak ruang untuk bijinya.

8. Jenis Tomat Campari

Tomat campari memiliki ukuran yang lebih besar daripada tomat ceri dan lebih kecil daripada tomat plum. Selain itu, tomat campari memiliki bentuk bulat menyerupai tomat globe. Jenis tomat yang satu ini disebut juga sebagai cocktail tomato. Biasanya tomat yang satu ini dijual bersama dengan tangkainya.

Sekian informasi mengenai jenis-jenis tomat, semoga artikel ini bisa bermanfaat serta menambah wawasan Anda.