Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Sistem Informasi Wajib Anda Ketahui

jurusan-sistem-informasi

Untuk menambah referensi Anda seputar jurusan Sistem Informasi, melalui kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan jurusan Sistem Informasi. Anda dapat mempertimbangkan beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan dijelaskan di bawah dalam memilih jurusan yang berkaitan dengan komputer. Yuk kita simak penjelasan ini hingga akhir ya sob.

Kelebihan Jurusan Manajemen Informatika

1. Lebih berfokus ke pemahaman dalam pengembangan dan maintenance sistem informasi

Di jurusan Sistem Informasi (Manajemen Informatika), Anda akan mempelajari kemampuan yang tak banyak dimiliki jurusan lainnya. Diantaranya, kemampuan dalam mendefinisikan dan menganalisa kebutuhan sistem informasi dalam sebuah organisasi.

Untuk menggapai hal tersebut, Anda akan diajarkan dalam mengembangkan sistem informasi untuk memperkaya teori, metode dan paradigma yang sudah eksis, merencanakan proyek pengembangan sistem informasi dari sebuah organisasi, memonitor proyek pembuatan teknologi informasi sebagai komponen utama pada sistem informasi, serta mengelola pemeliharaan sistem informasi (maintenance, supports/dukungan, dan services/pelayanan) yang sudah diterapkan pada sebuah perusahaan maupun organisasi, mengembangkan metode baru yang bisa dipergunakan sebagai dasar dalam perencanaan dan pengembangan proyek sistem informasi.

2. Tidak terlibat langsung pada hardware

Karena di Sistem Informasi lebih condong ke pengembangan sistem, tentunya mahasiswa jurusan Manjemen Informatika tidak akan terlibat langsung pada hardware. Walaupun begitu, ilmu dasar mengenai hardware wajib dikuasai supaya dapat menentukan perangkat keras yang akan digunakan dalam sistem yang akan diterapkan.

3. Analisis program

Materi pada jurusan sistem informasi akan difokuskan untuk menganalisa kebutuhan akan sistem dari sebuah perusahaan dan merancang sistem yang sesuai kebutuhan dan tujuan terhadap perusahaan. Sehingga, selain belajar teknik pemograman, Anda juga bakal mempelajari proses bisnis yang ada pada perusahaan.

4. Memliki mata kuliah bisnis yang berkaitan dengan sistem informasi

Bila Anda melihat daftar mata kuliah Sistem Informasi, maka terlihat akan lebih mengarah ke penerapan sistem yang berbasis komputer dalam dunia bisnis dan manajemen. Hal ini dikarenakan kemampuan lulusan Sistem Informasi yang wajib menjadi “penengah” dan jembatan untuk orang teknis dengan pengguna yang masih awam mengenai komputer.

5. Ilmu terkait teknik, boleh didapatkan dari mata kuliah peminatan

Meski keliatannya jurusan Manajemen Informatika tidak berkaitan dengan teknik pemrograman, Anda masih boleh kok mengambil mata kuliah pemrograman di jurusan Manajemen Informatika. Anda dapat memilihnya pada mata kuliah peminatan yang disediakan dari fakultas.

6. Lulusan SMA IPS bisa masuk

Di beberapa universitas juga masih memperbolehkan lulusan SMA IPS untuk masuk ke jurusan Sistem Informasi ini. Hal ini jelas berbeda dengan jurusan Teknik Informatika yang mengharuskan pendaftarnya dari lulusan SMA IPA.

7. Jenjang Karir yang Menggiurkan

Nantinya setelah Anda lulus dari jurusan Sistem Informasi ini, peluang Anda untuk bekerja akan lumayan luas. Seiring dengan perkembangan zaman, perusahaan akan membutuhkan pengembangan sistem yang fleksibel, efektif serta efisien.

Kekurangan Manajemen Informatika

1. Ilmu teknik tidak terlalu mendalam

Pada jurusan Sistem Informasi berfokus pada pengembangan dan semua hal yang berkaitan dengan Sistem Informasi, teknik pemrograman. Serta software lebih condong menjadi fokus tambahan. Bila Anda lebih ingin membuat dibandingkan untuk merencanakan, sebaiknya Anda tidak memilih jurusan Sistem Informasi.

2. Tidak direkomendasikan bagi Anda yang ingin jadi programmer

Bila Anda ingin bercita–cita menjadi seorang programmer, ada baiknya Anda memilih jurusan Teknik Informatika dibandingkan Sistem Informasi. Karena mata kuliah yang ada di Sistem Informasi tidak selalu berkaitan dengan hal programming.

Sekian penjelasan saya kali ini. Semoga informasi ini bisa membantu Anda dalam mempertimbangkan beberapa jurusan yang berkaitan dengan komputer, khususnya jurusan Sistem Informasi.