Pengertian dan Ciri – Ciri Karya Tulis Ilmiah

pengertian teks karya ilmiah

Pembelajaran mengenai karya tulis ilmiah umumnya kalian bisa dapatkan dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Umumnya karya tulis ilmiah berisi data, fakta, dan solusi tentang suatu masalah yang sedang diangkat dalam karya tulis ilimiah tersebut.

Nah, pada artikel ini kami akan membahas mengenai pengertian dan ciri – ciri karya tulis ilmiah. Berikut ini adalah pengertian karya tulis ilmiah, simak dengan baik.

 

Pengertian Karya Tulis Ilmiah

Karya tulis ilmiah adalah karya tulis yang dibuat untuk memecahkan atau pun menyelesaikan suatu permasalahan dengna landasan metode ilimiah dan teori. Umumnya karya tulis ilmiah berisi fakta, data, serta solusi tentang suatu masalah yang sedang diangkat.

 

 

Struktur Karya Ilmiah

Dalam suatu karya ilmiah terdapat 3 (tiga) struktur yang melengkapi karya tulis ilmiah, berikut ini adalah 3 (tiga) bagian struktur yang ada di karya ilmiah, simak dengan baik.

 

1. Pendahuluan

Bagian yang pertama adalah Pendahuluan, pada bagian ini berisikan dasar penelitian ilmiah yang sedang dilakukan, masalah yang diangkat dalam karya ilmiah serta mekanisme penyelesaian masalah tersebut.

 

2. Isi dan Pembahasan

Pada bagian kedua adalah isi dan pembahasan, bagian ini umumnya terdiri lebih dari 1 (satu) bab. Jumlah bab pada bagian ini bergantung pada seberapa rumit pembahasan dan pembedahan dari bahan penelitian yang sedang diangkat. Jika bahan penelitian yang diangkat dalam karya ilmiah bersifat kompleks, maka pembahasan akan menjadi lebih panjang dan bab bagian ini semakin lebih banyak.

 

3. Kesimpulan

Bagian yang terakhir adalah kesimpulan, bagian ini berisikan kesimpulan dari hasil analisis pada bagian atau struktur sebelumnya yakni struktur Isi dan Pembahasan. Kesimpulan yang disampaikan di bagian ini berupa penjelasan yang padat serta singkat tentang hasil analisis dari bagian sebelumnya. Umumnya bagian ini hanya mempunyai 1 (satu) bab.

 

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai karya ilmiah, mulai dari pengertian karya ilmiah dan struktur karya ilmiah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita, jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.

www.pintarnesia.com