Kegiatan-kegiatan Pramuka Penegak

Mungkin sebagian dari Anda tidak asing dengan kegiatan pramuka bukan?? Pramuka adalah kegiatan organisasi atau gerakan panduan, Pramuka juga sebagai wadah sebuah proses pendidikan kepramukaan yang mencakup proses pendidikan dilingkungan sekolah dan juga lingkungan keluarga yang diaplikasikan dalamĀ  kegiatan menyenangkan, menarik, teratur, sehat, terarah dan praktis yang dilakukan di alam terbuka yang memegang prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan dengan tujuan pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti.

Pramuka juga dibagi dalam beberapa jenis, dan salah satunya adalah Pramuka Penegak. Berikut kegiatan yang dilakukan oleh pramuka penegak;

Aktivitas Raimuna

Raimuna merupakan pertemuan pramuka penegak serta pramuka pandega dalam wujud perkemahan besar yang di indonesia diselenggarakan oleh kwartir gerakan pramuka. raimuna diselenggarakan mulai dari tingkatan kwartir ranting( kecamatan) sampai tingkatan nasional.

Kata raimuna berasal dari bahasa ambai, wilayah yapen timur, kabupaten kepulauan yapen, papua. kata raimuna ialah gabungan 2 kata ialah” rai” serta” muna”.” rai” berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk menggapai tujuan tertentu yang diresmikan bersama. sebaliknya” muna” merupakan energi kekuatan jiwa seorang yang mempengaruhi baik dalam menggapai kesuksesan. raimuna mempunyai makna sekelompok orang yang hidup dalam sesuatu kekuatan dengan dijiwai oleh suatu energi kekuatan yang senantiasa berikan semangat besar dalam menggapai tujuan.

raimuna merupakan sarana untuk:

1. membina serta meningkatkan mental, raga, pengetahuan, kecakapan, ketrampilan serta pengalaman pramuka penegak serta pandega

2. membina serta meningkatkan kepemimpinan, keahlian mengelola organisasi serta kegiatannya

3. berikan peluang serta keyakinan kepada pramuka penegak serta pandega buat belajar dan menaikkan pengalaman dalam menyelenggarakan kegiatan pertemuan besar dari, oleh serta buat para pramuka penegak serta pandega di dasar tutorial serta pengawasan pembina dan tanggung jawab kwartir yang bersangkutan

4. mengadakan pertukaran pengalaman, pemikiran, komentar serta kecakapan di antara para pramuka penegak serta pandega.

5. menyesuaikan hidup bersama serta bergotong royong, dan menanamkan watak toleransi serta kesetiakawanan.

Dari penafsiran tersebut, raimuna berarti maksudnya untuk pramuka penegak serta pramuka pandega, bagaikan upaya memupuk rasa persahabatan, persaudaraan serta perdamaian lewat aktivitas dalam wujud perkemahan.

Perkemahan Wirakarya

Perkemahan wirakarya yang diartikan dalam petunjuk penyelenggaraan ini, merupakan pertemuan pramuka berupa perkemahan yang diselenggarakan buat para penegak serta pandega dari bermacam satuan pramuka, dalam rangka mengadakan integrasi dengan warga serta turut dan dalam aktivitas pembangunan warga semacam tersirat dalam janji tri satya untuk penegak serta pandega.

Tujuan diselenggarakan perkemahan wirakarya merupakan untuk membina serta meningkatkan mental, raga, pengetahuan, pengalaman serta keahlian pramuka penegak dan pramuka pandega lewat kegiatan- kegiatan nyata yang hasilnya bermanfaat untuk warga.

target perkemahan wirakarya merupakan supaya para pramuka penegak serta pramuka pandega mendapatkan;

a. mempunyai tambahan pengetahuan, pengalaman, keahlian serta kecakapan yang sangat bermanfaat buat mengabdi kepada warga, negeri serta bangsa;

b. mempunyai mental, serta raga yang lebih mantap buat bekal berteman serta mengintegrasikan diri dengan warga;

c. mempunyai rasa tanggung jawab yang lebih meyakinkan terhadap dirinya, negeri serta bangsa, dan terhadap tuhan;

d. mempunyai perilaku serta metode berfikir yang lebih matang dalam mengalami seluruh tentangan serta tantangan hidup yang terdapat;

e. meningkat pengalaman dalam menyelenggarakan proyek- proyek sumbangsih yang positif serta produktif, cocok dengan aspirasi para pemuda, serta cocok pula dengan kepentingan pembangunan warga;

f. bisa tingkatkan kepemimpinan serta jiwa kewiraswastaan, yang sanggup menggerakan warga buat turut berpartisipasi dalam pembangunan.

Hiking Ataupun Perkemahan

Hiking berasal dari kata kerja to hike, yang berarti berjalan kaki ataupun berbaris jauh yang bertujuan untuk kesenangan( tamasya) ataupun latihan( gerak tubuh). jika kita pegang makna dari perkataan to hike tersebut, hingga banyak tipe olahraga jalur kaki yang tercantum hiking. namun realitas menampilkan kalau hiking merupakan sesuatu ekspedisi kaki yang dipadukan dalam game, petualangan, serta romantik, bukan cuma hanya berjalan kaki ataupun berbaris jauh semacam tersebut dalam makna kata kerja to hike.

dengan melaksanakan aktivitas di alam terbuka, tiap partisipan didik diharapkan bisa:

  1. melatih diri buat menanamkan dasar- dasar persatuan serta kesatuan mental/ spiritual, ialah penjiwaan/ penghayatan dan pengamalan pancasila serta kehidupan secara konkrit dalam perbuatannya tiap hari. melatih raga serta mental supaya suka serta tahan kerja, sesuatu kesiapan buat bekal kehidupan di masa- masa mendatang.

2. melatih tata metode kerja serta berorganisasi, dengan metode kerukunan yang cocok dengan karakter bangsa indonesia.

3. melatih perilaku disiplin, ketangkasan kecerdasan, ketabahan, keprasahajaan hidup serta kewiraan.

4. melatih watak terampil dalam macam- macam pengetahuan, kegemaran, serta praktek bermacam kecakapan.

perihal itu seluruh sangat berarti buat membentuk individu serta sifat yang baik, jasmani serta rohani yang sehat, serta menciptakan masyarakat warga serta negeri yang setia serta patuh, baik serta bermanfaat, sehingga sanggup mengisi dan membangun bangsa dan negara kesatuan republik indonesia.

Kunjungi distropramuka.com untuk menemukan atribut pramuka maupun baju pramuka