Kenapa Ongkos Kirim Dari Alibaba Lebih Mahal Dari harga ?

Selama tidak cukup lebih 14 th. saya berkecimpung di bidang jasa pembelian, jasa pembayaran dan jasa forwarder, tidak sedikit menghadapi “keluhan” kastemer yang belajar cara impor barang tidak mahal berasal dari China melalui Alibaba, aliexpress, 1688, ataupun web site internasional lain seperti ebay, amazon, dll.

Mereka berkeluh kesah, kenapa ongkos kirim barang lebih mahal berasal dari harga barangnya ?. Pada mulanya cuma satu dua orang customer, tetapi lama kelamaan jadi banyak. Terutama yang mencoba membeli barang berasal dari Alibaba indonesia .

 

Mengapa banyak yang berpikir seperti ini ?. saya berpikir ini disebabkan oleh normalitas mereka membeli barang di market lokal yang kebanyakan sebetulnya ongkos kirim tidak seberapa, dibanding dengan harga barang yang berkenan dibeli.

 

Banyak yang lupa bahwa berbicara membeli berasal dari Alibaba, maka itu bermakna kami membeli barang berasal dari luar negeri, yang jaraknya sebetulnya jauh. Dan kami termasuk mesti paham, bahwa ongkos kirim itu dihitung berdasarkan berat dan volume barang yang kami beli, bukan berdasarkan harga barangnya. Jadi pasti wajar, kalau kami membeli barang murah, tetapi berat atau volume nya besar, sehingga hitungan ongkos kirimnya menjadi mahal.

 

Saran saya buat teman teman yang ingin belajar cara belanja di Alibaba, 1688 atau web grosir lainnya dan ingin menjual barang tersebut di Indonesia, lakukanlah hal hal sebagai berikut :

  1. Hitung dulu total harga + ongkos kirim total barang sampai alamat. Kemudian dibagi dengan jumlah barang yang dibeli, sehingga ketemu modal satuan per unit barang tersebut. Lalu coba cek di pasaran, apakah dengan modal tersebut masih bisa kitajual dan menguntungkan ?
  2. Sebisa mungkin kita menghindari membeli barang dengan harga murah, dengan berat atau volume barang besar. Dengan kondisi ini, maka kita akan cenderung mendapatkan ongkos kirim yang mahal. Tetapi, sekali lagi, jika ternyata kita tetap masih bisa menjual barang tersebut disini dan mendapatkan untung, maka silahkan dijalankan
  3. Usahakan membeli barang dalam jumlah yang besar, sehingga kita bisa menghemat harga dan ongkos kirim. Karena jika kita membeli barang dalam jumlah besar, maka kita akan mendapatkan harga yang lebih baik dari seller, serta mendapatkan diskon biaya pengiriman dari pihak forwarder

Demikianlah pembahasan singkat kita tentang kenapa ongkos kirim menjadi lebih mahal dibanding harga barangnya ?.