Berikut Ini Beberapa Kerajinan dari Serat Buah Kelapa

Assalamualaikum.. Haloo sabahat kali ini saya akan menjelaskan tentang kerajinan dari serat buah kelapa, meliputi beberapa penjelasan kerajinan dari serat buah kelapa. Simak dan pelajari yaa…

Berikut Beberapa Kerajinan dari Serat Buah Kelapa

1. Tali Rami dari Sabut Kelapa

Kerajinan pertama sabut kelapa adalah tali rami. Sekarang kejarinan tali ini sedang menjadi kerajinan yang sedang ngetren karena memiliki keindahan tersendiri karena mampu memberikan kesan natural.

Begitu banyak orang menjual kerajinan vintage atau buatan tangan untuk digunakan sendiri. Anda dapat menggunakan tali rami untuk mengikat hadiah, ruang untuk menggantung foto, aksesori, proyek DIY, untuk materi kreatif lainnya

2. Keset Sabut Kelapa

Padahal, banyak yang membeli tikar kelapa berasal dari Jakarta. Pasalnya, belakangan ini ada kabar ular atau bayi ular keluar dari sarangnya. Jadi, ada beberapa orang di kota yang resah dengan berita tentang berita tersebut.

Tapi, apa hubungannya ular dengan tikar kelapa? Bahkan, tikar sabut kelapa dikatakan mencegah ular masuk ke rumah, karena ular takut dengan kelapa.

Sejauh ini beberapa perajin menyayat hati telah meningkatkan omset mereka. Keset sabut kelapa juga hadir dalam berbagai model dan ukuran. Padahal, semakin besar matras, semakin tinggi tingkat kesulitannya dan tentunya semakin mahal harganya.

Untuk memberikan kesan estetis, beberapa hotel dan restoran juga menggunakan tikar kelapa sebagai pengganti tikar karet.

Baca juga : Jual Cocomesh Murah dan Berkualitas

3. Sapu Sabut Kelapa

Masih bertahan di era milenial, kerajinan kelapa ini benar-benar memiliki nuansa jadul namun sangat fungsional. Ya, sapu berbahan santan tetap tidak mau kalah dengan sapu modern saat ini.

Kebanyakan orang masih menggunakan sapu kelapa batubara, dengan alasan debu kotor lebih mudah dibersihake, lebih murah, tahan lama dan lebih ramah lingkungan. Karena sekarang sapu modern umumnya terbuat dari bahan plastik sintetis yang tidak tahan lama.

Sedangkan harga sapu kelapa adalah Rp 5.000 hingga Rp. 30.000. Apalagi jika Anda membeli langsung di tempat kerajinan, tentunya Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan di toko atau warung dekat anda.

4. Pot Tanaman

Buat kamu yang suka bercocok tanam dan menyukai tanaman, sepertinya kamu harus memiliki salah satu kerajinan berbahan dasar batok kelapa ini. Ya, menanam padi dari uap kelapa.

Tanaman yang biasa digunakan pada tanaman pot dari iris kelapa adalah anggrek. Selain itu, pot yang memiliki warna dan bahan yang menyatu dengan alam terlihat lebih indah, elegan dan natural.

5. Ring Dekorasi

Tampaknya kerajinan batok kelapa berbentuk cincin hias ini menjadi suatu keharusan. Misalnya menambahkan bunga kering, ditambah inisial, dan sebagainya.

Ornamen cincin juga bisa digunakan untuk kotak kado, perhiasan pernikahan, hingga panjang pintu depan. Harganya juga terjangkau, dibandingkan dengan cincin hias yang terbuat dari akar rotan.

Cincin hias kerajinan besi kelapa ini bisa berharga Rp 9.000 hingga puluhan ribu rupiah. Jadi, selain cantik, aneka kerajinan hias berbahan sabut kelapa ini harganya cukup murah.

6. Cocopeat atau Media Tanam

Bagi sebagian orang yang menyukai bercocok tanam, mungkin beberapa orang tersebut sudah tidak asing lagi dengan media tanam cocopeat. Cocopeat sendiri merupakan salah satu kerajinan sabut kelapa. Sabut kelapa yang dimaksud yaitu hasil samping sabut kelapa yang dihasilkan dari uraian serat menggunakan mesin pengurai. Pada umumnya cocopeat ini sering kali digunakan sebagai media tanam pembibitan.

Selain itu cocopeat ini juga bisa dijadikan sebagai campuran kompos untuk menggantikan wood fiber. Jika tanaman yang anda tanam sudah mulai besar, maka anda tidaklah perlu mengeluarkan tanaman anda dari cocopeat. Cukup pindahkan saja ke media tanam baru tanpa harus melepas cocopeat.

Baca juga : Berikut Ini Beberapa Contoh Kerajinan Sabut Kelapa

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang kerajinan dari serat buah kelapa bermanfaat dan berguna bagi anda serta bisa menjadi referensi buat anda. Selamat mencoba…

Terima kasih:)