Ketika Hujan Turun, Kenapa Malah Banjir?

Ketika Hujan Turun, Kenapa Malah Banjir

Ketika Hujan Turun, Kenapa Malah Banjir

Katanya hujan itu berkah, kenapa ketika turun hujan malah terjadi bencana dimana mana, bencana tersebut seperti banjir, longsor dan banjir bandang. Apakah ada yang salah dengan keterangan syariat ini?.

Jawabannya, tentu tidak ada yang salah dengan syariat Islam ini, kita sebagai seorang muslimin meyakini kebenaran yang di bawa oleh Rasulullah sallaahu alaihi wasallam adalah kebenaran yang haiki dan tidak ada keraguan sedikitpun didalamnya.

Lalu kenapa jika turun hujan terjadi bencana, jawabannya adalah karena kita sudah terlampau mempunyai banyak dosa, sehingga dosa tersebut lah yang menyebabkan bencana yang kita alami, bukan karena hujan.

Lupa Membaca Doa Ketika Hujan

Dan ada lagi syariat islam yang agung yang tidak di perhatikan dan di amalkan yaitu mengamalkan doa ketika hujan turun.

Malahan sebagian kita mengeluh akan datangnya hujan, padahal mereka tahu hujan adalah berkah. Itu semua karena kejahilan dan kebodohan kita akan syariat Islam yang mulia ini.

Islam mengajarkan kepada kita untuk membaca doa turun hujan agar kebaikan dan keberkahan menyertai hujan yang turun ke bumi kita.

Tapi sekali lagi, bukan berarti ketika kita sudah membaca doa hujan maka otomatis tidak akan terjadi bencana, sekali lagi kami tegaskan tidak demikian.

Banjir Karena Dosa Kita

Karena korelasi bencana, seperti banjir dan tanah longsor adalah dosa dan maksiat. Bukan semata-mata karena turun hujan atau kejadian alam.

Jika dosa dan maksiat kita banyak, maka tidak cukup hanya dengan membaca doa turun hujan, hal lain yang wajib kita laksanakan agar tidak terjadi bencana adalah melakukan taubatan nasuha.

Dan ini yang luput dari kita, sudahmah banyak dosa, pas turun hujan tidak membaca doa, ya sudah lengkap… Bencana tidak terelakan.

Kalau sebagai pelaku maksiat, iyalah kita maklumi akan tertimpa bencana, tapi bagaimana dengan orang sholeh di sekitar wilayah yang terjadi bencana, bukankah mereka juga akan tertimpa bencana yang sama seperti ahli maksiat tersebut?.

Betul orang sholeh diantara mereka juga akan kena bencana yang sama, ini sesuai dengan yang di kabarkan oleh Nabi kita yang mulia Muhammad shallallahu alaihi wasallam, beliau menerangkan ketika ada sahabat yang bertanya perihal orang sholeh di antara ahli maksiat, apakah orang sholeh tersebut terkena bencana yang sama?, maka Rasulullah sallaahu alaihi wasallam menjawab dengan jawaban iya mereka akan sama kena bencana juga, tapi perbedaan mereka nanti tetlihat di akhirat yang mana orang sholeh akan Mendapatkan balasan surga dan orang ahli maksiat akan mendapatkan siksa.

Dakwah Bisa Mencegah Bencana

Jadi keberadaan orang sholeh diantara orang yang bermaksiat tidak ada pengaruhnya jika si orang sholeh tersebut tidak melaksanakan dakwah mengajak ahli maksiat untuk bertaubat.

Kesimpulan dari artikel tentang kenapa hujan yang turun malah membawa bencana bukannya kebaikan, maka jawabanya adalah karena kita sudah terlalu banyak melakukan dosa, sehingga doa hujan yang kita panjatkan tidak cukup untuk menghalangi datangnya bencana.

Untuk menghalangi datangnya bencana adalah dengan melakukan taubatan nasuha, dan ini bisa dilakukan jika orang sholeh di sekitarnya menjalankan dakwah mengajak ahli maksiat dan ahli bidah untuk menjauhi dosa dan bidahnya.

Jika tidak, maka orang sholeh tersebut akan sama terkena bencana seperti ahli maksiat mendapatkan bencana.
Demikian semoga menjadi ibroh dan pelajaran untuk kita semua, artikel ini dikutip dan di sadur ulang dari website islami https://penaungu.com, yaitu website atau blog islami seorang penuntut ilmu yang menuangkan ilmu yang di pelajarinya kesebuah blog islami.

Silahkan kunungi blog tersebut untuk mendapatkan faedahnya.