Keuntungan Menggunakan Pupuk Kompos Yang Baik Untuk Lingkungan

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang keuntungan menggunakan pupuk kompos. Dengan menggunakan pupuk kompos, akan ada banyak keuntungan yang bisa kita dapat.

Keuntungan Menggunakan Pupuk Kompos

Keuntungan Menggunakan Pupuk Kompos

1. Mengurangi Jejak Karbon Dari Truk Pengangkut Sampah

Kendaraan pengangkut sampah jadi salah satu sumber jejak karbon di bumi. Dengan mengompos akan kurangi kendaraan pengangkut sampah yang tiba kerumah kita. Sebab sampah yang kita hasilkan telah kita peruntukan bahan buat mengompos.

2. Bersyukur Dengan Proses Alami Alam

Mengompos pula mengarahkan kita untuk bersyukur dengan proses alami alam. Sebab seluruh proses mengompos dilakukan secara alami serta memakai bahan- bahan yang natural( sampah organik).

3. Menutrisi Tanah serta Makhluk Didalamnya

Mengompos pula bisa menutrisi tanah serta makhluk yang terdapat di dalam tanah tersebut, sebab bahan yang kita pakai buat mengompos berasal dari sampah organik, misalnya sisa makanan ataupun dedaunan.

4. Mengurangi Efek Musibah Longsor

Memakai pupuk kompos lebih ramah terhadap area serta kurangi pencemaran air ataupun tanah. Sampah- sampah organik yang berserakan bisa dikumpulkan buat diolah jadi pupuk sehingga tidak menutup aliran air yang bisa memunculkan banjir ataupun longsor.

5. Sampah Selain Sampah Organik Bisa Dibawa Ke Bank Sampah

Saat sebelum mengompos, pasti kita memisahkan sampah organik serta anorganik terlebih dulu. Perihal ini pasti sangat menolong kita dalam memilah sampah di rumah, sehingga sampah organik dijadikan bahan kompos serta sampah anorganik( selain sampah organik) dapat dibawa ke bank sampah.

6. Meringankan Beban TPA

Aksi mengompos pula membantu meringankan beban sampah di TPA, sebab sebagian sampah yang kita hasilkan telah dijadikan bahan kompos. Semakin kerap melakukan kompos, semakin menurun jumlah sampah di TPA. Jadi tunggu apa lagi? Ayo mulai mengompos.

7. Melindungi Mutu Air serta Tanah

Kandungan organik yang ialah proses pengomposan di tanah pula membantu melindungi mutu air serta tanah. Kompos memperbaiki struktur tanah dengan tingkatkan kandungan bahan organik tanah serta akan tingkatkan kemampuan tanah buat mempertahankan kandungan air tanah.

8. Menghasilkan Tumbuhan yang Baik serta Subur

Kompos membagikan kesuburan untuk tanah sebab sediakan unsur- unsur hara serta mineral yang dibutuhkan tumbuhan. Pengguanaan kompos dalam bidang pertanian ataupun perkebunan pasti akan menghasilkan produktivitas yang lebih besar dan hasil tumbuhan yang lebih sehat.

9. Kurangi Bayaran Angkut Sampah

Bila sebagian sampah( sampah organik) telah dijadikan bahan kompos, pasti kendaraan pengangkut sampah pula tidak perlu tiba tiap hari kerumah kita. Bayaran angkut sampah yang hendak kita keluarkan pula bakal menurun.

10. Mengurangi Dampak Gas Rumah Kaca serta Perubahan Iklim

Sisa organik yang terdapat di TPA akan terurai tanpa oksigen serta menciptakan gas- gas rumah kaca, semacam metana serta karbon dioksida pemicu perubahan iklim. Dengan mengompos pasti kita berkontribusi dalam penangkalan perubahan iklim kan?

11. Media Kegiatan Keluarga

Mengompos tidak cuma aksi dalam menyelamatkan bumi ataupun memudahkan proses manajemen sampah. Mengompos pula dapat jadi media kegiatan yang dapat kalian lakukan dirumah bersama keluarga kesayangan kita Pasti ini akan jadi kegiatan mengasyikkan yang dapat mengisi hari weekend ataupun di hari libur kamu kan?

Jika Anda sedang membuat pupuk kompos Anda bisa menggunakan mesin pencacah kompos agar lebih mudah. Pembuatan kompos dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahan- bahan organik yang sudah dicacah dengan mesin pencacah sampah organik

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat.