Kompor Tanam Rinnai dan Harganya: Lakukan Hal Berikut Saat Membersihkan Kompor Gas Tanam

Penggunaan kompor gas tanam saat ini terbilang cukup banyak diminati. Hal ini lantaran kompor gas jenis ini menawarkan beberapa keunggulan tersendiri. Mulai dari kelebihan berupa lebih aman digunakan, mudah perawatannya, membuat dapur terlihat lebih rapi, dan masih banyak lagi. Keawetan sebuah kompor gas tanam, umumnya dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti kualitas, material yang digunakan, serta perawatan yang dilakukan.

 

Di pasaran, kompor tanam terbilang cukup banyak ditemukan, seperti kompor tanam Rinnai dan harganya yang bersahabat. Sehingga Anda bisa dengan mudah membeli yang sesuai dengan kebutuhan. Agar kompor tanam yang dimiliki bisa awet, maka wajib untuk selalu membersihkannya secara rutin. Mengingat setelah digunakan memasak, kompor bisa saja terkena tumpahan kuah, minyak, maupun kotoran lainnya. Dengan rajin membersihkan kompor tanam saat kotor, maka peralatan dapur yang satu ini bisa menjadi lebih awet, serta rapi atau enak dipandang.

 

Namun saat membersihkan kompor tanam jangan sampai dilakukan secara sembarangan. Karena cara membersihkan yang salah juga berpotensi menyebabkan kompor cepat rusak. Maka dari itu, berikut ini ada sedikit tips yang bisa dilakukan saat membersihkan kompor tanam, yaitu:

 

  1. Pastikan api kompor sudah dalam keadaan padam dan keadaan dingin.
  2. Kemudian lepaskan regulator kompor.
  3. Angkat tungku pada kompor tanam dan pisahkan burner-nya. Rendam pada air panas dan tunggu hingga 10-15 menit agar noda atau lemak yang menempel pada tungku bisa rontok.
  4. Bersihkan dengan menggunakan spon dan sikat secara perlahan jika ada noda membandel. Keringkan hingga benar-benar kering.
  5. Untuk lapisan kaca atau tempered glass, bersihkan menggunakan kain halus yang sudah dibasahi dengan air sebelumnya. Gosok secara perlahan dan hindari menggunakan pembersih kimia karena bisa merusak permukaannya.
  6. Jika kompor tanam terbuat dari material stainless, bersihkan dengan pembersih kimia yang sudah dilengkapi anti karat.
  7. Untuk inti tungku kompor, gunakan kuas ketika membersihkan setiap sisi dalam tungku.
  8. Pasang kembali dan letakkan tungku atau burner dengan tepat pada lubangnya.

 

Itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan ketika membersihkan kompor tanam yang tepat agar awet ke depannya. Nah, agar kompor awet, perlu juga mempertimbangkan kompor yang berkualitas seperti Rinnai. Banyak pilihan kompor tanam Rinnai dan harganya terbilang juga sangat bersahabat. Sehingga bisa menjadi pilihan terbaik untuk kebutuhan kompor tanam di masa kini.