Kuliner Baso Yang Selalu Bikin Kita Ngiler

Baso ialah tipe bola daging yang umum diketemukan pada masakan Indonesia. Biasanya dibikin dari kombinasi daging sapi giling serta tepung tapioka, namun ada pula Baso yang dibuat dari daging ayam, ikan, atau udang serta daging kerbau dengan menggunakan sebuah mesin khusus untuk bikin baso. Alat ini dapat di beli di toko yang jual mesin bakso agar mempermudah dalam produksi baso. Dalam penyajiannya, Baso diberikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, digabung mi, bihun, tahu, kadang telur, daun sawi serta diberi bawang goreng serta seledri.

Baso benar-benar terkenal serta bisa diketemukan di semua daerah Indonesia. Dari pedagang gerobak keliling, kaki lima sampai restoran besar. Beberapa tipe macam Baso banyak juga ditawarkan, dari mulai Baso urat, Baso keju, Baso bola tenis dan lain-lain.

Dampak Kuliner Tionghoa
Baso sebetulnya adalah akar dari seni kuliner Tionghoa-Indonesia. Ini diperlihatkan dari arti ‘Baso’ datang dari kata Bak serta So, yang dalam Bahasa Hokkien yang dengan harfiah bermakna ‘daging giling’. Sebab umumnya masyarakat Indonesia ialah muslim, karena itu Baso lebih umum dibuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam.

Sekarang, umumnya penjual Baso ialah orang Jawa dari Wonogiri serta Malang. Tempat yang populer jadi pusat Baso ialah Solo serta Malang yang disebutkan Baso Malang. Baso Malang serta Baso Solo ialah masakan Baso serta diberikan dengan ciri khas Jawa.

Baso datang dari Tiongkok tapi tidak sama dengan Baso Malang serta Solo. Baso Tiongkok umumnya dibuat dari babi atau makanan laut serta warnanya cukup kecoklatan dan memiliki bentuk tidak bundar sekali. Sedang Baso Malang serta Solo dibuat dari daging sapi, berwarna abu-abu serta memiliki bentuk bundar sekali. Baso Tiongkok tidak diberikan dengan kuah melimpah, sedang Baso Malang serta Solo diberikan dengan kuah melimpah.

Baso benar-benar gampang diketemukan, dari mulai pedagang keliling sampai restoran besar. Ada juga Baso yang dipasarkan di super market dalam kondisi beku, untuk menikmatinya perlu memanasi Baso. Harga satu porsinya variasi serta dapat dijangkau oleh warga, tidak mahal. Rata-rata cuma Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000, dapat melahap makanan ini. Serta Baso yang dipasarkan keliling oleh abang-abang dapat dipasarkan tambah murah.

Beberapa jenis Macam Baso
Tingginya ketertarikan Baso, sekarang banyak penjual Baso bersebaran. Sebab menu ini tidak terbatas dengan umur, baik beberapa anak, remaja, dewasa serta orangtua, suka pada menu Baso. Langkah penyajiannya juga simpel serta cukup mengenyangkan.

Beberapa tipe Baso ditawarkan untuk menarik konsumen, suapay memiiki beberapa pilihan rasa dari sebatas Baso serta kuah. Salah satunya beberapa jenis Baso yang banyak dipasarkan di daerah Indonesia, diantaranya, Baso urat yakni Baso yang diisi potongan urat atau tendon serta daging tetelan kasar, Baso bola tenis atau Baso telur yakni Baso seukuran dengan bola tenis yang berisi telur ayam rebus sampai Baso seseupan, lengkap dengan tulang-tulangnya.

Baso gepeng, yakni Baso yang berupa pipih, Baso ikan, Baso memiliki bahan daging ikan, Baso udang: Baso memiliki bahan dari udang, Baso Malang yakni sajian Baso dari Kota Malang, Jawa Timur, komplet dengan mi kuning, tahu, siomay, serta pangsit goreng. Pedagang Baso Malang yang populer ialah Henky Eko Sriyantono pemilik Baso Malang Kota Cak Eko.

Baso Karimunjawa  ialah Baso yang berbahan datang dari ikan ekor kuning. Baso Solo serta Baso Wonogiri, adalah sajian Baso yang datang dari Solo serta Wonogiri, memiliki bentuk lebih kecil dari Baso Malang serta tidak selengkap Baso Malang. Tapi Baso Solo serta Wonogiri mempunyai rasa ciri khas sapi yang kuat. Baso Solo serta Wonogiri ada kombinasi potongan daging sapi atau tetelan. Pedagang Baso Wonogiri yang populer ialah Ki Ageng Widyanto Suryo, pemilik Baso Lapangan Tembak Senayan.

Baso Qeju, adalah Baso resep baru berisi keju, ada juga Baso bakar yakni Baso yang diolesi bumbu spesial serta dibakar langsung (tanpa ada arang) diberikan bersama dengan potongan ketupat serta kuah kaldu yang hangat serta bumbu kacang. Umumnya bumbu beri sebelum dibakar adalah salah satunya yang tentukan enak atau tidaknya Baso bakar.