Pengertian Lembaga Sosial dan Ciri – Ciri Lembaga Sosial

pengertian lembaga sosial

Lembaga sosial adalah lembaga yang anggotanya terdiri dari masayrakat yang berkumpul sampai menjadi satu kesatuan karena adanya suatu kesamaan puisi serta misi dari masing – masing anggota lembaga sosial, Lembaga sosial bisa juga disebut sebagai lembaga kemasyarakatan.

Selain terdapat visi dan misi dari lembaga sosial ada juga nilai – nilai dan norma dan adat serta unsur kemasyarakatan yang dianut oleh masayarakat yang sama. Di dalam suatu lembaga sosial tentunya akan mempunyai peraturan yang harus di setujui atau disepakati secar bersama sehingga bisa menjalankan keinginan bersama guna mencapai suatu tujuan.

Masing – masing anggota yang masuk ke dalam lembaga sosial harus menaati peraturan yang ada di dalam lembaga sosial. Selain itu, para anggota dari lembaga ini tidak hanya harus menaati perturan yang ada, mereka juga harus mengetahui tradisi yang dimiliki oleh suatu lembaga sosial serta melaksanakan tradisi tersebut sebagai salah satu kegiatan yang ada di dalam lembaga sosial.

Bisa juga dikatakan jika pengertian lembaga sosial sendiri adalah suatu organisasi baik itu yang resmi atau yang tidak remsi yang memiliki tujuan dari diciptakannya suatu organisasi tersebut yakni untuk menciptakan sautu landasan sosial yang memiliki tujuan untuk memenuhi berabgai kebutuhan hidup dalam masyarakat.

 

Ciri – Ciri Lembaga Sosial

Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri lembaga sosial, antara lain.

  • Lembaga sosial memiliki tujuan untuk bisa memenuhi berabgai kebutuhan khusus dari masyarakat.
  • Setiap lembaga sosial memiliki nilai pokok yang berasal dari anggota.
  • Setiap lembaga sosial memiliki keberagaman simbol kebudayaan tertentu.
  • Suatu lembaga sosial memiliki bentuk tata krama dalam berperilaku.
  • Setiap lembaga sosial dirangkai secara terorganisir sampai sempurna pada setiap rangkaian norma, nilai, pola, serta perilaku.
  • Suatu lembaga sosial memiliki paham ideologi yang diguankan sebagai landasan untuk orientasi siati kelompok yang dimiliki.
  • Dalam lembaga sosial ada berabagai pola perilaku yang bersifat permanent dan sudah menjadi bagian dari tradisi dan kebudayaan yang ada serta disadari oleh anggotanya.

 

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai lembaga sosial. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita, jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.

Sumber Artikel : www.mastekno.com