Macam macam beasiswa fakultas kedokteran

FK UI merupakan lembaga pendidikan yang terkemuka di Indonesia. FK Ui juga menjadi acuan nasional hingga saat ini menjadi pilihan utama bagi banyak siswa. Meskipun telah dibuka jalur masuk ke UI, sehingga calon mahasiswa dari berbagai daerah serta latar belakang ekonomi yang berbeda, maka timbul pula sebuah masalah.

Permasalahan yang kerap terjadi adalah besarnya biaya pendidikan kedokteran di FK UI serta biaya hidup di Kota Jakarta yang sungguh tinggi. Sehingga banyak calon mahasiswa yang merasa pesimis dan merasa tidak dapat menjalankan pendidikannya di FK UI.

Untuk itu, FK UI mengusahakan ketersediaan dana dari berbagai donatur yang bersedia memberi bantuan pada seluruh mahasiswa yang ternyata menuai prestasi tapi berasal dari kalangan tidak mampu. Beberapa beasiswa yang tersedia diantaranya:

1. Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOPB)

Beasiswa ini merupakan penerapan uang kuliah tunggal atau UKT yang ada di UI. BOPB merupakan skema yang memungkinkan bagi para mahasiswa untuk membayar pendidikan sesuai dengan kemampuan dari ekonomi orang tua.

Mahasiswa baru UI bisa mengajukan BOPB dengan membawa berkas yang berisikan data diri serta keluarga. Di dalam berkas, mahasiswa bisa mengajukan besaran BOPB yang disanggupi.

2. Beasiswa Paripurna untuk Bangsa

Beasiswa Paripurna untuk bangsa adalah beasiswa yang mencakup biaya pendidikan dan juga biaya hidup bagi seorang mahasiswa kedokteran. Penerima beasiswa ini merupakan hasil seleksi dari Tim Seleksi Penerima Beasiswa Program BPuB. Tak hanya memberikan biaya pendidikan saja, melainkan juga memberikan bantuan fasilitas penunjang akademik dan biaya hidup.

3. Bidik Misi

Beasiswa Bidik Misi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal pendidikan Tinggi serta kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi tapi mempunyai potensi akademik yang baik.

Bidik Misi dipergunakan untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan hingga mahasiswa dapat lulus tepat waktu. Program pemerintah ini telah diselenggarakan semenjak tahun 2010 yang lalu.

Bagi anda yang membutuhkan konsultasi untuk masuk Fakultas Kedokteran UI, bimbelakademiui.com by Indonesia College membuka bebeapa Program Bimbingan diantaranya, Bimbingan Kedokteran SBMPTN & KKI UI Natural Sciences(Kedokteran Internasional UI).

Itulah dia ulasan mengenai Pendaftaran Fakultas Kedokteran UI. Penting bagi Anda yang berniat untuk mendaftar di fakultas tersebut supaya membaca informasi ini. Keep Fighting!