MANFAAT KEGIATAN EKSTRAKURIKULER UNTUK SISWA SMA

MANFAAT KEGIATAN EKSTRAKURIKULER UNTUK SISWA SMA

Ekstrakurikuler merupakan kegiatan tambahan di sekolah yang dapat dipilih oleh siswa sesuai bakat dan minatnya. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat, namun tidak sedikit pula yang menganggap bahwa kegiatan ini justru menyita waktu belajar siswa. Berikut daftar manfaat kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa SMA:

Wadah Mengembangkan Bakat

Kegiatan ekstrakurikuler dapat menjadi salah satu wadah untuk mengembangkan bakat dan minatmu. Di dalamnya akan ada banyak kegiatan yang berkaitan dengan hobi atau bakat siswa. Misalnya siswa yang menyukai dunia penulisan maka dia dapat memilih ekstrakurikuler jurnalistik, sedangkan siswa yang menyukai tari dapat memilih Seni Tari.
Ada banyak ekstrakurikuler lainnya yang dapat dipilih para siswa seperti Seni Musik, Olahraga, Palang Merah Remaja (PMR), Seni Drama, Seni Lukis, Pramuka, Pencak Silat, dan berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler lainnya.

Melatih Kemandirian dan Tanggung Jawab

Di dalam ekstrakurikuler akan banyak agenda kegiatan yang dikelola oleh para siswa. Bergabung dalam kegiatan ini, otomatis akan membuat kamu latihan untuk mandiri dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

Belajar Berorganisasi dan Bekerja Sama
Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler akan memberi pengalaman berorganisasi. Pengalaman berorganisasi tersebut akan sangat bermanfaat untuk persiapan memasuki dunia perkuliahan. Di universitas ada banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dapat dipilih. Jadi, kalau kamu telah terbiasa berorganisasi sejak di bangku SMA, maka saat mengikuti UKM telah tidak canggung lagi.

Belajar Bersosialisasi dan Memperbanyak Teman
Keuntungan lainnya yang didapat dengan bergabung di dalam kegiatan tambahan yang satu ini yaitu belajar bersosialisasi. Kamu akan memiliki banyak teman yang memiliki hobi atau minat yang sama. Tentu mengasyikkan dong memiliki banyak teman untuk melakukan kegiatan yang disukai?.

Belajar Bekerja Sama
Di dalam kegiatan ekstrakurikuler, siswa serta tentu akan belajar bekerja sama dengan anggota lainnya. Tanpa kerja sama yang baik, maka per kegiatan yang dilakukan tidak akan dapat berjalan dengan maksimal.

Belajar Manajemen Waktu yang Baik
Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler berarti waktu belajar dan bermain akan berkurang. Kamu harus pandai mengatur waktu agar tidak ada hal penting yang dikorbankan misalnya nilai sekolah.
Kegiatan ekstrakurikuler memang menyenangkan, namun jangan sampai kamu terlalu terlena oleh aneka kegiatan yang ada di dalamnya hingga lupa belajar untuk mempersiapkan masa depan. Jadi, kamu harus berusaha memanajemen waktu dengan baik agar nilai di sekolah tetap bagus dan ekstrakurikuler tetap berjalan lancar.

Sebagai Sarana Refreshing yang Mendidik
Belajar di kelas dan membahas tentang pelajaran melulu tentu akan menimbulkan kebosanan. Nah, kamu dapat refreshing sejenak dengan mengikuti kegiatan ektrakurikuler. Selain menyegarkan pikiran, kamu dapat memperbanyak teman dan mengembangkan hobimu, sangat bermanfaat kan?.

Pembentukan Karakter
Di dalam kegiatan ekstrakurikuler, kamu akan dilatih untuk bertanggung jawab, mampu mengatur waktu dengan baik, mandiri serta bekerja sama dengan banyak orang. Hal-hal tersebut tentu akan membantu membentuk karaktermu menjadi pribadi yang baik.

Persiapan Masuk Kuliah
Hal-hal yang kamu pelajari selama berkecimpung di dalam kegiatan ekstrakurikuler akan sangat bermanfaat ketika kamu masuk kuliah. Karena telah terbiasa bersosialisasi dan bekerja sama dengan banyak orang, maka kamu tidak canggung lagi saat harus berinteraksi dengan banyak mahasiswa baru yang berasal dari berbagai wilayah dan budaya yang berbeda.

Demikian berbagai manfaat kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa SMA. Semoga bermanfaat.

Sumber :