Manfaat Lemon untuk Wajah

Lemon biasa dikenal sebagai buah yang punya rasa kecut masam, namun segar ketika sudah diolah menjadi makanan atau minuman tertentu. Jika menghubungkan dengan dunia kecantikan, ternyata ada banyak manfaat lemon untuk wajah bila berhasil diolah berdasarkan kebutuhan.

Manfaat Pada Lemon untuk Wajah

 

  • Membersihkan wajah

 

Perawatan yang dipakai untuk membersihkan wajah dari lemon berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Untuk menggunakan manfaat ini, Anda dapat membuat pembersih sendiri dari bahan baku lemon. Cara membuatnya juga mudah.

Cukup campurkan minyak esensial, tea tree, dan lemon ke dalam 6 miligram air. Celupkan kapas bersih kemudian pakai sesuai kebutuhan.

 

  • Mengontrol produksi minyak

 

Pemilik muka berminyak akan diuntungkan dengan manfaat ini. Lemon mengandung asam sitrat yang punya peran sebagai astringen alami. Zat ini memicu terjadinya pengerutan jaringan untuk mengurangi terjadinya sekresi minyak pada wajah.

Apabila kulit cenderung berminyak, segera teteskan air lemon ke atas kapas. Usapkan pada wajah setelah mandi agar pengontrolan minyak dapat terjadi secara efektif.

 

  • Mencegah penuaan dini

 

Aktivitas sehari-hari dapat memicu terjadinya penumpukan radikal bebas, polusi, serta paparan sinau UV. Kondisi tersebut menimbulkan kulit wajah yang lebih keriput. Anda perlu memanfaatkan komposisi vitamin C pada lemon untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Kandungan tersebut kaya akan kolagen yang mengencangkan kulit wajah sekaligus menghalau radikal bebas. Dengan begitu, Anda dapat menikmati penampilan yang awet muda.

 

  • Melembapkan bibir

 

Lemon juga mengandung AHA sebagai zat eksfoliator kimia. Manfaatnya adalah melonggarkan sel-sel kulit mati di bibir. Hal inilah yang mampu menjadi solusi terhadap bibir berciri khas kering dan pecah-pecah.

Campurkan perasan air lemon ke dalam madu atau gula merah. Oleskan pada bibir kemudian diamkan dan bilas sampai bersih. Lemon ikut melembapkan serta merontokkan sel kulit mati pada bibir secara alami.

 

  • Mengurangi jerawat

 

Jerawat yang cenderung meradang ternyata dapat diatasi memakai lemon. Hal ini dikarenakan adanya zat antibakteri di dalam lemon. Proses peradangan juga dapat diatasi dengan baik berdasarkan formula antiradang pada lemon.

 

Itulah berbagai manfaat lemon yang dapat Anda coba untuk kebutuhan wajah. Kekayaan kandungan alami pada lemon membuatnya unggul sebagai bahan baku perawatan wajah. Perhatikan takaran dan cobalah dengan tepat berdasarkan anjuran.