Manfaat Minyak Kelapa Sawit Untuk Kulit

Pada kali ini saya akan membagikan manfaat minyak kelapa sawit untuk kulit. Yuk simak artikelnya.

Definisi Minyak Kelapa Sawit

Minyak sawit adalah minyak nabati yang didapatkan dari mesocarp buah pohon kelapa sawit, umumnya dari spesies Elaeis guineensis, dan sedikit dari spesies Elaeis oleifera dan Attalea maripa.

Sawit secara alami berwarna merah karena kandungan alfa dan beta-karotenoid yang tinggi. Minyak sawit berbeda dengan minyak inti kelapa sawit (palm kernel oil) yang dihasilkan dari inti buah yang sama.

Kelapa sawit juga berbeda dengan minyak kelapa yang dihasilkan dari inti buah kelapa (Cocos nucifera). Perbedaan ada pada warna (minyak inti sawit tidak memiliki karotenoid sehingga tidak berwarna merah), dan kadar lemak jenuhnya.

Kandungan Minyak Kelapa Sawit

Minyak sawit mengandung 41% lemak jenuh, minyak inti sawit 81%, dan minyak kelapa 86%. Minyak sawit termasuk minyak yang memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi.

Kelapa sawit berwujud setengah padat pada temperatur ruangan dan memiliki beberapa jenis lemak jenuh asam laurat (0.1%), asam miristat (1%), asam stearat (5%), dan asam palmitat (44%).

Minyak sawit juga memiliki lemak tak jenuh dalam bentuk asam oleat (39%), asam linoleat (10%), dan asam alfa linoleat (0.3%).[4] Seperti semua minyak nabati, minyak sawit tidak mengandung kolesterol meski konsumsi lemak jenuh diketahui menyebabkan peningkatan kolesterol lipoprotein densitas rendah dan lipoprotein densitas tinggi akibat metabolisme asam lemak dalam tubuh.

Minyak sawit juga GMO free, karena tidak ada kelapa sawit termodifikasi genetik (GMO) yang dibudidayakan untuk menghasilkan minyak sawit. Minyak sawit adalah bahan memasak yang umum di negara tropis di Afrika, Asia Tenggara, dan sebagian Brasil.

Penggunaannya dalam industri makanan komersial di belahan negara lain didorong oleh biaya produksinya yang rendah dan kestabilan oksidatifnya ketika digunakan untuk menggoreng. Maraknya perkebunan sawit telah mengundang kekhawatiran aktivis lingkungan karena besarnya penghancuran hutan untuk melakukan pertanian monokultur kelapa sawit.

Perkebunan sawit ini telah menyebabkan hilangnya habitat orang utan di Indonesia, yang merupakan spesies yang terancam punah. Pada tahun 2004, Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) dibentuk untuk mengarahkan kekhawatiran tersebut. Malaysia sejak 1992 telah membatasi ekspansi perkebunan sawit di wilayahnya dengan menerapkan peraturan batas minimum lahan negara sebagai hutan.

Baca Juga : Kelapa Sawit Banyak Diolah Dijadikan

Manfaat Minyak Kelapa Sawit Untuk Kulit

1. Membantu Meremajakan Kulit

Efek yang paling terlihat jika menggunakan minyak kelapa sawit adalah mampu mengurangi tanda-tanda penuaan serta peremajaan kulit.

Minyak kelapa sawit punya banyak manfaat, dan setelah kalian pakai kulit kalian akan semakin kenyal dan terjaga kelembabannya.

2. Sebagai Face Oil

Bagi pemilik kulit kering, face oil mampu melembabkan kulit. Namun nggak jarang produk face oil dibuat dengan campuran bahan kimia. Ternyata, face oil alami bisa didapatkan dari minyak kelapa sawit loh!

Biasanya digunakan bersama dengan toner cair dengan sedikit tambahan minyak kelapa sawit sebagai pengganti face oil. Hasilnya seperti menggunakan double moisturizer. Kulit kalian akan menjadi semakin lembab seharian.

3. Menyehatkan Kulit dengan Vitamin E

Minyak kelapa sawit sudah teruji klinis memiliki nutrisi yang diperlukan tubuh serta kulit. Seperti betakaroten dan juga vitamin E yang membantu peremajaan kulit.

Minyak kelapa sawit ini cocok untuk digunakan segala jenis kulit. Selain itu, sebagai bahan alami dan natural minyak kelapa sawit juga lebih aman dipakai dibanding produk skincare dengan kandungan bahan kimia di dalamnya.

4. Menyehatkan Rambut

Padatnya aktivitas membuat keringat serta polusi nggak cuma menempel di wajah, melainkan juga rambut. Apalagi buat para hijabers yang lebih berpotensi berkeringat di area kepala. Nggak perlu ribet pergi ke salon, kalian bisa menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala dengan minyak kelapa sawit.

Itu dia manfaat minyak kelapa sawit untuk kulit ternyata bermanfaat banget ya. Jangan lupa simak artikel lainya disini ya.