Masjid Tiban Turen Malang, Keindahan Masjid Yang Mengandung Unsur Ghaib

Masjid Tiban Turen Malang

Mendengar kata ghaib, biasanya yang langsung muncul di pikiran kita adalah hal – hal yang menyeramkan dan berbau mistis. Di Malang Raya terdapat sebuah masjid indah nan megah yang konon katanya di bangun oleh mahluk ghaib dan hanya dalam waktu semalam. Masjid Tiban Turen Malang, masjid ini merupakan bagian komplek dari Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaairil Rahmah yang terletak di Jalan K.H. Wahid Hasyim, Gang Anggur, Sannahrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Di beri nama Masjid Tiban karena masjid ini mucul secara tiba – tiba, di mana Tiban tersebut memiliki arti muncul secara tiba – tiba. Untuk menuju kesini bisa dengan emesan paket wisata malang yang langsung ke tempat.

Masjid Tiban Turen Malang

Masjid Tiban Turen Malang, masjid yang konon katanya di bangun oleh mahluk ghaib hanya dalam waktu semalam, namun sebenarnya masjid ini di bangun oleh santri atau jamaah pondok pesantren yang disebut sebagai riadoh, istilah riadoh ini di gunakan oleh para santri atau jamaah pondok pesantren untuk mengabdikan diri demi mendapatkan ridho Allah Swt dan juga untuk membersihkan hati. Masjid Tiban Turen Malang ini memiliki 10 tingkat atau 10 lantai, pada setiap tingkatanya atau lantainya masjid ini memiliki konsep yang berbeda – beda. Pada lantai 1 masjid ini terdapat tempat penjual souvenir dan juga terpajang beberapa akuarium yang cukup besar. Pada lantai 2 – 6 kita akan di melihat keindahan ukiran – ukiran kaligrafi dan ornamen – ornamen yang akan membuat anda betah berlama – lama di sini. Pada lantai 7 – 8 terdapat tempat penjualan pernak – Pernik khas Masjid Tiban. Pada lantai 9 – 10 kita akan dimanjakan dengan keindahan pedesaan yang hijau disekitar masjid ini, saat menaiki anak tangga menuju lantai 9 – 10 kita dapat memilih menggunakan anak tangga yang biasa atau yang extrem. Jika ingin memacu sedikit adrenalin kita bisa menggunakan anak tangga yang extrem ini, di katakan extrem karena anak tangga ini memiliki kemiringan yang cukup memacu adrenalin kita.

Dengan gaya arsitektur yang bernuansa China, Eropa dan Timur Tengah membuat masjid ini terlihat sangat mewah berada di tengah rumah masyarakat sekitar, dengan warna dominan biru dan putih membuat masjid ini sangat mencolok berada di tengah rumah masyarakat sekitar. Untuk menuju masjid ini, dari Kota Malang menuju Kecamatan Turen berjarak sekitar 30 km dan memakan waktu sekitar 50 menit. Masjid ini biasanya ramai di kunjungi pada saat hari libur dan menjelang hari Raya, wisatawan lokal biasanya mendominasi namun tidak sedikit juga wisatawan mancanegara mengunjungi masjid ini.

Untuk memasuki masjid yang indah ini, kita tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun, biaya yang kita keluarkan ialah hanya biaya parkir kendaraan yang kita gunakan. Karena masjid ini yang letaknya di tengah perkampungan maka, kita harus berjalan kaki untuk memasuki masjid ini. Saat memasuki masjid ini kita hanya akan di minta data pengunjung seperti, berapa jumlah rombongan, menggunakan kendaraan apa dan nama pengunjung bahkan jika kita ingin di damping, kita bisa meminta petugas untuk mendampingi kita. Di sarankan juga jika berkunjung ke masjid yang indah nan megah ini sebaiknya menggunakan pakaian yang sopan dan tertutup, juga harus menjaga kebersihan area masjid.

Jadi bagaimana ? ingin mengunjungi masjid indah nan megah yang konon katanya di bangun oleh mahluk ghaib ini. Jika anda berlibur ke Malang Raya, sempatkan sedikit waktu untuk mengunjungi Masjid Tiban Turen Malang yang indah nan megah ini dan jangan lupa untuk memesan paket wisata malang dari Nahwa Tour.