Megahnya Masjid Al Akbar

Masjid Al Akbar

Tahukah kamu? Masjid al – akbar merupakan masjid terbesar kedua di Indonesia. Masjid agung kota Surabaya ini jadi destinasi utama para traveler yang ingin berwisata religi di kota pahlawan.

Masjid besar ini memiliki arsitekstur megah yang bisa membuat kamu berdecak kagum. Tak hanya itu, berbagai fasilitas lengkap pun tersedia disini seperti aula serbaguna dan perpustakaan. Kegiatan keagamaan seperti kajian dan pelatihan pun rutin di lakukan di masjid ini. Ada travel surabaya malang termurah dari Nahwa Travel untuk bepergian ke surabaya.

Masjid Al Akbar

Masjid al akbar Surabaya menjadi salah satu potret sosok masjid yang menjadi pilar aktivitas social. Masjid itu menjadi masjid terbesar di Indonesia, yang mendampingi sekaligus melengkapi masjid yang di miliki Indonesia sebelumnya, masjid istiqlal Jakarta. Masjid al akbar berdiri di atas lahan seluas 11.2 hektar dan mulai di bangun pada 4 agustus 1995 –ditandai peletakan batu pertama oleh wakil presiden try sutrisno. Pada 20 november 2000 masjid ini di resmikan presiden KH. Abdurrahman wahid dan mampu menampung 30.000 jama’ah.

Masjid ini berada di jalan masjid al akbar timur No.1, pagesangan, jambangan, Surabaya. Cara untuk datang kesini sangat mudah, kamu dari terminal bungurasih bisa menggunakan bus menuju joyoboyo. Lalu, lanjutkan perjalanan dengan angkutan kota menuju menanggal.

Salah satu daya Tarik masjid nasional al akbar Surabaya adalah keberadaan menara. Menara setinggi 99 meter ini mampu melayani jamaah dalam melihat view of Surabaya from the top atau pemandangan Surabaya dari atas. Di lengkapi lift dengan kapasitas 550 kg untuk menuju ke atas menara, serta fasilitas kantin yang memadai, sehingga jamaah dapat puas melihat pemandangan dengan makanan ringan dan cemilan yang menemani.

Aktivitas lain yang bisa di lakukan adalah mengambil gambar dari atas menara, sambil berpose atau berfoto bersama keluarga, mengambil potret kubah masjid, pemandangan kota, serta gedung sekeliling masjid al akbar. Bahkan aktivitas shooting untuk kepentingan acara televise pun bisa di lakukan di sana.

Untuk memasuki menara masjid al akbar ini kita harus mebayar 7.500 untuk dewasa dan 5.000 untuk anak-anak. Menara ini buka setiap hari mulai dari 06.00 – 16.30 wib. Dan pada waktu sholat menara tutup sementara.

Keunggulan lainnya dari masjid al akbar Surabaya adalah corak ukiran dan kaligrafi. Masjid ini memiliki kaligrafi yang lebih banyak. Saat memasuki masjid, pengunjung akan di sambut dengan ukiran 45 ukir kaligrafi di kayu jati. Kaligrafi yang rumit juga terpampang pada dinding-dinding masjid.

Elemen penunjang keindahan yang lain adalah penggunaan kaca patri. Bahkan bukan hanya bernilai estetis, penggunaan kaca patri dengan system triple gazed unit, yaitu pelapisan panel kaca patri dengan kaca tempered menggunakan bahan dan mesin buatan amerika, menjadikan masjid ini hemat energy, selain juga berfungsi sebagai peredam suara bising. Marmer untuk keperluan pengadaan lantainya langsung didatangkan dari lampung. Selain murah dan berkualitas, marmer dari perbukitan lampung di anggap memiliki jumlah warna yang banyak yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan pembangunan masjid. Menarik bukan? Cek juga website nahwatravel.co.id.

Fasilitas yang ada

Internet akses, parkir, taman, tenpat penitipan sepatu/sandal, ruang belajar, aula serbaguna, poliklinik, perpustakaan, kantor secretariat, sound system dan multimedia, pembangkit listrik/genset, kamar mandi/wc, tempat wudhu, sarana ibadah, stasiun radio, menara.