Mendapatkan Skor TOEFL 580 Tanpa Belajar, Kamu Juga Bisa ?

Tips dalam artikel yang saya tulis berdasarkan pengalaman saya berjuang dengan TOEFL. Saya tidak pernah menghadiri kursus bahasa Inggris, karena saya adalah tipe orang yang Bung dan suka mengantuk yang hanya duduk diam di kelas hanya mendengarkan penjelasan guru. Saya lebih suka belajar sendiri. Saya sangat suka bahasa Inggris.

Dari masa kanak-kanak saya suka menonton pertunjukan bahasa Inggris dan meniru apa yang dikatakan. Hanya mengandalkan pendengaran, maka saya dapat membaca tulisan bahasa Inggris dengan sendirinya tanpa diajarkan.

Saya suka membaca apa pun yang berbicara bahasa Inggris, dari hanya menulis di Billboard sampai buku cerita.

Membacakan semua tulisan keras, berpura-pura saya seorang pendongeng atau pembaca berita atau penyair, itu sangat menyenangkan.

Dari membaca dan mendengarkan, lalu perlahan kosakata saya lebih dan kemudian saya bisa menulis. Dari membaca dan mendengarkannya, saya bisa berbahasa Inggris.

 

Saya, yang belum pernah menjadi kursus, harus mengikuti TOEFL untuk pertama kalinya pada 2007 untuk dapat melampirkan sertifikatnya ke Curriculum Vitae saya. Hanya dipersenjatai dengan pembelajaran Otodidak (dan sedikit pencerahan dari sekolah) saya bisa mendapatkan skor 580.

Sayang sekali saya tidak dapat menampilkan foto karena saya lupa di mana sertifikat diletakkan, karena sudah bertahun-tahun (ketika itu dapat bekerja secara langsung sertifikat, hahaha).

 

Apa yang saya ingat, pada saat itu saya mendapatkan hampir nilai sempurna untuk membaca, 48 dari 50 pertanyaan yang bisa saya jawab dengan benar, karena mendengarkan saya lupa jumlah fit, yang pasti jumlah yang salah kurang dari 10.

Nah, strukturnya kurang, jumlah yang benar untuk struktur dalam jumlah 20, saya tidak ingat jumlah yang tepat. Untuk pertama kalinya ujian, skornya adalah sesuatu yang pasti.

 

Dari pengalaman saya, dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan skor tinggi di TOEFL itu mudah, tetapi tidak instan.

Anda harus banyak berlatih. Harus datang ke banyak bahasa Inggris, dengan mendengarkan dan membaca.

Yang perlu Anda ingat, TOEFL adalah ujian pemahaman. Apa yang diuji adalah pengertian Anda. Jika Anda mengerti, maka apa pun yang disajikan dapat dilakukan dengan baik.

Nah, untuk mencapai tingkat pemahaman yang lebih tinggi, tentu saja Anda harus banyak berinteraksi dengan bahasa Inggris, jangan hanya dipanggil, apa lagi yang baru saja terlihat.

Jika target Anda hanya 500, maka tips di atas cukup untuk Anda. Cukup memoles keterampilan mendengarkan dan membaca keterampilan Anda, sekali lagi, dengan banyak mendengarkan dan membaca apa pun yang berbau bahasa Inggris.

Tetapi, jika target Anda di atas, berarti nilai struktur Anda harus tinggi, di atas 25, maka Anda harus mempelajari tata bahasa secara menyeluruh. Bukan hanya tahu kata.

Bagaimana cara meningkatkan skor struktur di TOEFL?

Ketika saya masih hanya mengandalkan perasaan, jumlah pertanyaan yang benar untuk struktur jarang berlalu dari 25, yang bahkan ada, jika naik hanya 1-3 poin.

Itu karena struktur tidak hanya dapat dipahami dengan perasaan tetapi harus benar-benar dipelajari, dipahami, dan diinfuskan. Setelah saya memperdalam tata bahasa dan berlatih banyak tentang struktur, maka saya bisa menembus angka 25. Jumlah yang salah selalu di bawah 5.

Memang belum dapat mencapai nilai 677, tetapi setidaknya nilai TOEFL saya di atas 600.