Mengapa Soekarno Memilih Arsitek Kristen Untuk Mendesain Masjid Istiqlal?

arsitek masjid istiqlal

Masjid Istiqlal merupakan pusat tempat ibadah umat Islam disaat Indonesia mulai terancam karena provokasi kesenjangan keagamaan yang sering kali membuat gaduh negeri ini. Pasalnya masjid yang diresmikan pada tanggal 24 Agustus 1961 oleh arsitek utamanya yakni Presiden Soekarno tersebut merupakan lambang persatuan umat Islam di Indonesia. Itulah dasar terbentuknya negara Indonesia yang tumbuh dari dasar-dasar keislaman yang mengayomi kemajemukan dalam sebuah idiologi bernegara yang dikenal dengan Pancasila.

Masjid Istiqlal merupakan tempat ibadah umat muslim yang ide pembangunannya dari pandangan Soekarno yang desainnya dikerjakan oleh arsitek kristen bernama Friedrich Silaban. Perencanaan pembangunan serta ide desain yang dipilih secara ketidaksengajaan melalui sebuah sayembara yang dilakukan oleh Soekarno ini membuat keberadaan masjid Istiqlal menjadi simbol kemerdekaan dan persatuan Indonesia. Tak hanya indah, rancangan Istiqlal yang digarap oleh arsitek yang bukan beragama Islam tersebut juga menjadi pertanda bahwasannya bangsa Indonesia yang mayoritas muslim ini, memiliki kebesaran hati untuk mempercayakan desainya dikerjakan oleh orang yang bukan dari Islam dimana semangat ini dibangun atas dasar semangat inklusif berkat sandi ketuhanan yang diusungnya.

Arsitek Masjid Istiqlal

arsitek masjid istiqlal tempo doeloe
Selain desain, Presiden Soekarno sebagai arsitek utamanya juga tak main-main saat menentukan lokasi dibangunnya rancangan Istiqlal ini. Soekarno memilih taman Willhelmina sebagai lokasi dibangunnya masjid Istiqlal yang mana kawasan tersebut sangat berdekatan dengan Gereja Katredal dan Gereja Immanuel yang juga menjadi tempat ibadah umat nasrani yang dibangun penjajah Belanda hingga saat ini.
Untuk mengenang sejarah awal mula berdirinya masjid Istiqlal di masa lampau, di sekitar kawasan Istiqlal selalu dijadikan tempat penyelenggaraan festival tahunnya yang memamerkan arsip arsitektur dan sejarah masjid Istiqlal dengan lengkap. Ini adalah bahan bagi banyak arsitek muda dalam menggali akar arsitektur Indonesia. Bahkan dalam festival tersebut Anda juga akan menjumpai sederet foto peresmian, foto tamu negara hingga sederet kaligrafi yang menakjubkan. Biasanya festival ini hanya akan berlangsung sekitar 5 hari saja, maka tak heran jikalau festival Istiqlal ini selalu dinanti banyak kaum muslim dan para mahasiswa arsitek.

arsitek kristen nasrani
Nah, itulah alasan kenapa Soekarno memilih jasa arsitek nasrani untuk merancang Masjid Istiqlal yang hingga kini masih berdiri dengan megah dan kokohnya yang bisa kami informasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.