Mengataasi Kulit Bayi Bersisik

pascal-edu.com – Ada dua kemungkinan, Mam. Jika kulit bersisik ini merupakan dermatitis atopi, maka penyebabnya adalah alergi, seringnya alergi protein susu sapi. Mengatasinya cukup dengan menghindari susu sapi. Tapi jika kondisi ini adalah dermatitis kontak alergi, penyebabnya adalah kosmetik bayi dan yang tersering di Indonesia, yaitu minyak penghangat. Cukup hindari penggunaan minyak penghangat, maka sisik itu pun akan menghilang.

Memilih aksesoris yang aman

Memang, si kecil jadi makin lucu dan cantik jika aksesori pakaiannya enak dilihat. Namun, aksesori tersebut hendaknya jangan asal bagus dilihat ya, Mam. Nah, apa sajakah yang harus diperhatikan agar aman?

* Perhatikan bentuk kerah baju. Bentuk kerah pada baju yang terlalu tebal dan sempit dapat membuat bayi tidak nyaman.

* Hindari penggunaan karet elastis yang lebar, baik pada celana maupun baju, karena memiliki daya rekat lebih kuat. Sebagai penggantinya dapat digunakan benang karet yang daya rekatnya lebih lembut.

* Hindari pengunaan mote sebagai hiasan karena bayi kerap menggigiti bagian bajunya. Ditakutkan bayi menelan mote tersebut.

* Hindari kancing yang terbuat dari metal, biasanya kerap terdapat pada celana atau overall berbahan jins. Sebagai gantinya dapat digunakan kancing plastik kecil atau perekat plastik (velcro). Bahaya dari kancing metal adalah tidak higienis karena besi dapat berkarat. Kala bayi mulai meraba serta memasukan tangan, maka karat pun bisa terbawa.

* Hindari pula baju berkancing besar di bagian depan karena saat si kecil tengkurap, kancing tersebut akan menyakiti tubuhnya.

* Hindari hiasan kerutan (smock) di dada karena bila terlalu ketat akan membuat bayi sesak.

* Khusus renda, pilihlah yang terbuat dari katun.

Lidah Bayi yang putih

Itu karena sisa-sisa ASI (atau sufor) yang menempel dan menumpuk di lidah. Kondisi ini jika dibiarkan lama akan menjadi media tumbuhnya bakteri dan jamur. Jika jamur tersebut Mama kerok/terangkat, maka lidah akan berdarah. Ah, kasihan si kecil! Itulah mengapa, kebersihan mulut bayi harus selalu dijaga. Bersihkan lidahnya setiap kali usai menyusu—atau paling tidak sebelum si kecil tidur—dengan menggunakan sikat gigi khusus, bisa juga menggunakan kain kasa. Caranya, lilitkan kain kasa steril di jari telunjuk Mama (tentu sebelumnya Mama harus cuci tangan dahulu hingga bersih), kemudian celupkan ke dalam air matang hangat, lalu bersihkan lidah bayi dengan gerakan lembut.