Mengenal Pekerjaan Konsultan Pajak

Tips Memilih Jasa konsultan Keuangan - KJA Maryanta | 021 2938 3351

Konsultan pajak Ialah orang/badan yang memberikan jasa konsultasi perpajakan terhadap wajib pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi keharusan perpajakannya layak dengan aturan perundang-undangan perpajakan. Tak segala orang bisa menjadi konsultan pajak di Indonesia. Mereka terikat dengan beberapa syarat penting.

Prasyarat menjadi konsultan pajak yaitu menjadi member pada salah satu asosiasi konsultan pajak yang telah terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak. Asosiasi konsultan pajak yang telah terdaftar sebanyak dua asosiasi konsultan pajak, yaitu Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (www.ikpi.or.id) dan Asosiasi Konsultan Pajak Publik Indonesia.

Prasyarat selanjutnya yaitu mempunyai sertifikat konsultan pajak. Ialah surat keterangan tingkat keahlian sebagai konsultan pajak yang bisa diperoleh lewat Ujian Sertifikasi Konsultasi Pajak (USKP). USKP bisa ditiru secara berjenjang dari tingkat A, tingkat B, hingga tingkat C layak dengan materi yang berkeinginan diampu. Tentu saja, syarat lain seperti yaitu Warga Negara Indonesia yang tinggal di Indonesia dan berkelakuan bagus, tak terikat dengan profesi atau jabatan pada Pemerintah/Negara dan/atau Badan Usaha Milik Negara/Tempat, dan telah mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yaitu hal yang wajib ada.

Selain syarat-syarat di atas, Konsultan Pajak Resmi juga wajib mempunyai izin praktik konsultan. Izin hal yang demikian wajib dimiliki oleh seorang konsultan pajak untuk bisa berpraktik sebagai konsultan pajak. Izin praktik konsultan Pajak diatur oleh Direktur Jenderal Pajak atau pejabat yang ditunjuk dan berlaku di segala kawasan Republik Indonesia.

Namun, terdapat beberapa kegiatan perpajakan yang tak bisa dikuasakan oleh wajib pajak terhadap konsultan pajak, diantaranya keharusan mendaftarkan diri bagi wajib pajak orang pribadi untuk mendapatkan