Menjelajah Objek Wisata Bukti watu Meja di Banyumas

Travel Purwokerto menjelajahi beberapa objek wisata di seputar wilayah ini memang tak akan habis dikunjungi selama seminggu atau sebulan. Begitu banyak lokasi rekreasi yang sayang bila dilewatkan. Salah satu yang populer adalah destinasi wisata Bukit watu meja.

Posisi Bukit Watu Meja ada di desaTumiyang, Kebasen, Banyumas. Saya dan beberapa orang kerabat di bulan Oktober 2020 berekreasi ke tempat wisata ini. Minat saya untuk berkunjung ke tempat ini sebab ingin tahu sesudah mencari tempat rekreasi seputar Banyumas lewat internet. Dari Purwokerto saya arahakn kendaraan menuju Kebasen dengan durasi perjalanan kurang lebih 30 menit.

Dengan mengikut instruksi GPS saya datang di dusun Tumiyang tetapi saya bingung di mana gerbang atau pintu masuk tempat rekreasi Bukit Watu Meja ini. Kami sempat sesat jalan dan kami menanyakan kewarga di tempat di mana letak tempat rekreasi Bukit Watu Meja ini. Rupanya panduannya cuman banner ukuran 1.5 x 3 mtr. di samping kiri jalan dan itu juga telah robek dan tempat ini pun tidak mempunyai tempat parkirkan. Saya memarkirkan kendaraan di dekat rumah masyarakat.

Akses ke arah posisi Bukit Watu Meja yang saya lewati cuman jalan setapak pada jalan naik melalui kebun masyarakat. Jalan ke arah Bukit Watu Meja yang saya lewati kemungkinan jalan singkat yang saya sendiri tidak paham jalan resminya. Kami lewat jalan itu lebih kurang 30 menit dengan keadaan jalan naik. Kami juga sempat istirahat minum di warung kecil.

Pada akhirnya kami sampai di gerbang loket. Loketnya juga simpel dibuat dari bambu. Ticket masuk Bukit Watu Meja sejumlah Rp 7000/orang. Disekitar loket ada banyak warung yang jual minuman dan makanan. Saya menanyakan ke Petugas loket jalan khusus, sesungguhnya ke arah Bukit Watu Meja, menurut petugas dapat memakai ojek dari bawah sampai gerbang loket..kemungkinan range Rp. 50.000 permotor PP.

Dari gerbang loket saya ke arah pucuk Bukit Watu Meja yang memiliki jarak 20 mtr.. Setelah tiba di posisi Bukit Watu Meja saya bisa menyaksikan tikungan sungai Serayu dan bukit rimba pinus. Di atas Bukit Watu Meja ini nampak jembatan kereta api yang melewati sungai serayu dan jalan raya yang ke arah Purwokerto.

Di posisi Bukit Watu Meja ada pakaian cadas warna coklat kemungkinan berikut mengapa disebutkan watu meja tetapi batunya juga tidak berupa meja. Fasilitas di posisi pucuk Bukit Watu Meja ada papan awasi, ayunan dengan background bukit pinus dan beberapa warung yang jual makanan dan minuman.

Saya anjurkan ketempat ini range jam 9 pagi atau 3 sore sebab bila siang hari akan terik matahari. Kami nikmati panorama tikungan sungai Serayu dan pesan kelapa muda yang segarrrr sekalian makan pecel pedes. Harga jajanan di warung normal lah. Rupanya tempat ini bagus looh.. menjadi tempat rekreasi pilihan di seputar Kebasen, Kemungkinan nantinya tempat ini akan ramai oleh pelancong bila info posisi masuknya dipertegas.

Tempat rekreasi Bukit Watu Meja masih bersih dan angin segar ciri khas rimba pinus. yuuk tiba bila sedang ke Banyumas. Menjaga kebersihan posisi rekreasi ialah tanggung jawab pengunjung dan tidak mencoret coret tulisan yang gak penting waktu berekreasi.