Menyimpan Sayuran Di Kulkas agar Awet Dan Tahan Lama 

Buah dan sayuran merupakan bahan makanan yang bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Kedua bahan tersebut mempunyai banyak kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh, sehingga bisa dikonsumsi sehari-hari. Buah bisa dimakan secara langsung ataupun dibuat jus. Sedangkan untuk sayuran ada yang bisa dimakan langsung, dibuat salad, sayur kuah, dan juga berbagai resep masakan lezat lainnya. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, pastikan untuk selalu menyiapkan sayuran dan buah yang akan dikonsumsi. Tetapi juga penting diperhatikan agar tidak menyiapkannya terlalu banyak karena sayuran yang bisa cepat busuk. Tips lainnya juga bisa menyimpan sayuran di kulkas sehingga bisa membuatnya lebih tahan lama.berikut ini saya akan menjelaksan tentang menyimpan sayuran di kulkas.

Jenis Sayuran yang Bisa Disimpan di Kulkas

Ketika akan menyimpan sayuran dan buah di kulkas, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan mengetahui jenis yang bisa disimpan. Hal tersebut karena tidak semua buah dan sayur dapat disimpan di lemari es ataupun mempengaruhi masa tahan buah dan sayur tersebut. Atau justru apabila menyimpannya di dalam kulkas justru akan membuat sayuran atau buah menjadi cepat busuk. Oleh karena itulah penting memperhatikan jenis yang cocok disimpan di dalam lemari es untuk membuatnya lebih tahan lama.

Jenis buah yang dapat disimpan di kulkas lebih sedikit dibandingkan sayuran. Sehingga pastikan untuk mengetahui jenis yang cocok untuk disimpan di dalam lemari es agar bisa membuat buah yang akan dikonsumsi lebih tahan lama. Jenis buah tersebut adalah apel, pir, strawberry, ceri, anggur, dan juga nanas. Apel bisa disimpan di dalam kulkas maupun di suhu ruangan tergantung dari selera. Sedangkan untuk buah strawberry, ceri, dan anggur akan lebih baik untuk menyimpannya di dalam kulkas. Selain buah, sayuran yang disimpan di dalam kulkas akan lebih banyak. Seperti misalnya sayuran asparagus, bit, kubis, brokoli, wortel, bawang bombay, selada, jamur, lobak, bayam, jagung, kembang kol, dan kacang polong. Hal yang harus diingat ketika menyimpan sayuran di dalam kulkas adalah dengan tidak menyimpannya di satu tempat. Buah mengeluarkan gas etilen yang justru dapat membuat sayuran cepat layu apabila disimpan di dalam kulkas. Oleh karena itulah pastikan untuk menyimpan buah dan sayuran di tempat berbeda di dalam kulkas.

Lama Penyimpanan Sayur di dalam Kulkas

Sayuran bisa disimpan di dalam kulkas dengan waktu tiga hingga tujuh hari. Hal tersebut akan tergantung dengan jenis dan ketahanan sayuran tersebut seperti berikut ini:

  • Berdaun hijau bisa disimpan selama 3-5 hari.
  • Sayuran hijau bukan daun bisa disimpan 5-7 hari.
  • Bentuk buah bisa disimpan hingga 2 minggu.
  • Sayuran umbi dan akar bisa disimpan hingga 3 minggu.
  • Sayuran batang dan rempah bisa disimpan hingga 2 minggu.

Menyimpan Sayuran Di Kulkas agar Awet Dan Tahan Lama

 

Berikut tips menyimpan buah dan sayur agar tahan lama dan tetap berkualitas:

1. Jaga Tingkat Kelembapan

Sayur dan buah mengandung air, kandungan inilah yang harus selalu dijaga agar tahan lama dan tak cepat membusuk. Ketika buah atau sayur di panen, maka akan banyak air yang hilang akibat penguapan. Maka, jaga kandungan air tersebut dengan menyimpannya didalam plastik yang dilubangi agar ia tetap masih bisa bernafas.

2. Jangan Simpan di Suhu Ekstrem

Suhu yang terlalu tinggi atau rendah akan membuat buah dan sayur tak tahan lama sehingga cepat membusuk. Terlebih lagi, jika Anda menyimpan sayur atau buah di freezer, maka ia akan langsung rusak saat dicairkan. Tanda kerusakan tersebut seperti bercak kecokelatan pada apel dan lembek pada buah pir. Sebaliknya, jika disimpan pada suhu sangat tinggi, maka bahan makanan tersebut akan lunak, berkerut dan kisut.

3. Pastikan Simpan dalam Keadaan Kering

Jika Anda ingin menyimpan sayur atau buah di kulkas, maka pastikan dalam keadaan kering. Jangan cuci sayuran sebelum di masukkan kulkas. Sayuran dan buah yang basah akan tak tahan lama dan cepat rusak jika langsung disimpan di lemari es. Namun, saran terbaik adalah dengan tidak mencuci sayuran sebelum masuk kulkas.

4. Simpan dengan Kertas

Simpanlah sayuran dengan membungkusnya menggunakan kertas. Kertas mampu menyerap kelembapan yang berlebih sehingga sayurang tidak akan cepat membusuk. Jika ingin lebih kering, maka lapisi dengan tisu dapur di bagian bawah sayur, lalu bungkus kertas.

5. Pastikan Kulkas Bersih

Kulkas yang bersih juga menjadi hal yang penting agar kualitas makanan tetap terjaga. Suhu pada kulkas juga mampu menentukan munculnya bakteri atau tidak. Idealnya, suhu didalam kulkas yaitu antara 1-4 derajat celcius. Jika lebih tinggi dari itu, maka bisa menimbulkan bakteri yang nantinya mempengaruhi rasa dan juga aroma makanan. Sementara itu, jika lebih rendah akan membuat sayuran beku.

6. Ambil Sesuai Kebutuhan

Jika Anda menyimpan semua sayuran di kulkas, lalu ingin mengolahnya, maka cukup ambil seperlunya. Sebaiknya hindari sayuran yang keluar masuk kulkas agar tahan lama. Jika sayuran terlalu sering keluar masuk kulkas maka kualitasnya tak baik lagi dan mudah busuk karena sering terpapar suhu yang berbeda-beda.

7. Simpan Sayur & Buah di Tempat Khusus

Kini banyak jenis tempat penyimpanan sayur, buah dan makanan lain yang mampu menjaga kesegarannya. Pastikan tempat penyimpanan tersebut kedap udara sehingga sayuran akan lebih tahan lama disimpan di lemari es. Fresh ‘n Lock dari Perfect Health memiliki penutup untuk berbagai wadah yang mampu menjaga kesegaran bahan makanan. Penutup wadah ini bisa digunakan untuk piring, mangkok, dll. Selain itu, penutup ini mampu menahan udara masuk kedalam wadah dengan optimal dan aman di pakai di microwave.

Nah, agar lebih mudah menggunakan alat mesin vacuum sealer anda bisa menemukanya di rumah mesin .sekian artikel saya bila ada salah kata pada artikel saya mohon dimaafkan selamat mencobanya semoga sukses