Pakan Hijauan Untuk Entok Serta Proses Fermentasi Pakan Entok

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang pakan hijauan untuk entok serta proses fermentasi pakan entok. Berikut simak penjelasannya.

Pakan Hijauan Untuk Entok

1. Eceng Gondok

Sampai saat ini, telah banyak para ilmuan yang mengamati tentang manfaat yang terkandung dalam eceng gondok untuk pakan alternatif entok. Para peneliti mengatakan jika daun eceng gondok ini bisa berguna dalam sistem reproduksi entok untuk membantu dalam memproduksi telur yang mempunyai protein tinggi.

Pemakaian eceng gondok untuk pakan entok ini, kerap diterapkan oleh para peternak untuk entok yang telah berumur dari 36- 60 hari, serta umumnya terbuat dengan kombinasi, ampas tahu, nasi aking, bakatul, serta pula menir.

2. Kangkung

Pada awal mulanya, fermentasi pakan entok memakai kangkung ini banyak diragukan oleh para peternak. Sebab, kangkung ini mempunyai kandungan serat yang lumayan besar, sebaliknya kemampuan entok untuk mengolah makanannya tidak setangkas domba serta kambing. Mereka juga cemas bila pemberian kangkung sangat banyak, akan membuat produksi telur menyusut.

Bersamaan berjalannya riset, nyatanya memanglah benar. Pemberian kangkung sangat banyak hendak mendatangkan akibat negatif. Maknanya, pemberian pakan ini senantiasa di bolehkan. Tetapi, dengan kandungan yang lebih sedikit. Tenang saja, pemberian ini tidak hendak membuat entok kekurangan konsumsi serta pula tidak mempengaruhi tidak terhadap mutu telur.

3. Daun Singkong

tipe daun- daunan untuk pakan entok berikutnya merupakan daun singkong. Daun singkong ialah tanaman yang mengadung protein yang cukup besar. Sehingga membuat para peternak banyak yang menjadikannya sebagai pakan alternatif buat entok.

Tetapi, para peneiliti membolehkan pakan ini disantap oleh entok, dengan sesi fermentasi dengan em4 terlebih dulu. Perihal ini disebabkan, daun singkong memiliki asam sianida yang bisa menimbulkan hewan ternak keracunan, apalagi kematian.

4. Daun Pepaya

Daun pepaya yang kerap diketahui sebagai obat pada kendala pencernaan manusia ini, nyatanya mempunyai seribu khasiat untuk hewan ternak, termasuk entok. Tidak hanya itu, daun pepaya pula memiliki sebagian sifat penyembuhan, antara lain, menghindari penyusunan kantarak, mengurangi peradangan, serta masih banyak lagi.

Pakan hijauan untuk entok ini juga mempunyai kemampuan anti parasit, yang bermanfaat untuk tingkatkan berat tubuh entok. Kemampuan ini bisa tingkatkan berat tubuh sekitar 40% lebih, bila dibanding dengan entok yang lain.

5. Gedebog Pisang

Gebegog Pisang? pasti terdengar sangat aneh. Tetapi, setalah dicoba riset, memanglah benar kalau pakan fermentasi gedebog pisang buat entok sangat berguna. Telah banyak para peternak yang mempraktikkan metode ini, serta sukses memperoleh hasil yang memuaskan.

Cara Membuat Fermentasi Pakan Entok

KOMPOSISI PAKAN ENTOK MURAH - YouTube

  • Sediakan Bahan Utama Eceng Gondok( untuk contoh pembuatan 30 kilogram eceng gondok)
  • Potong- potong enceng gondok kurang lebih ukuran 2- 3 cm atau bisa dicacah menggunakan mesin pencacah rumput
  • Timbang potongan enceng gondok kira kira 30 Kilogram, setelah itu jemur pada cahaya matahari hingga kandungan air tinggal 50%
  • Sehabis di jemur lalu tambahkan 500 ml tetes tebu atau molase ataupun air gula jawa serta 600 ml probiotik EM4 ataupun sejenisnya, setelah itu campur secara menyeluruh serta tambahkan sedikit air hingga kandungan airnya kurang lebih 60%- 65%
  • Bisa juga dicampur dengan sekam yang sudah digiling dengan mesin giling sekam
  • Selanjutnya masukkan campuran tersebut ke dalam drum ataupun wadah plastik peram selama 21 hari dalam kondisi anaerob.
  • Ciri fermentasi yang sukses ditandai dengan munculnya bau yang harum semacam bau karamel, saat sebelum diberikan ke ternak, angin- anginkan terlebih dahulu hasil fermentasi supaya sedikit kering.

Sekian artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang membaca.