Pengenalan Komponen Mobil Matic Untuk Belajar Nyetir

Madridcomics.com Seiring pesatnya perkembangan teknologi pada kendaraan bermotor, inovasi lahir untuk mempermudah pengguna kendaraan bermotor. Salah satunya melalui transmisi otomatis atau matic, yang tidak perlu injak kopling dang anti gear saat mengemudikan. Jadi gak usah capek-capek nyetirnya yaa gengs.

Tapi taukah kamu tahun berapakah transmisi otomatis atau matic itu ditemukan? Nah pada tahun 1932 lalu ada dua engineer asal brasil yang berhasil membuat transmisi matic gengs. Ternyata jauh sebelum negara kita merdeka, transmisi ini sudah ditemukan lho. Hmmm peradaban manusia sudah maju sejak dahulu gengs. Tapi transmisi matic baru digemari belakangan ini lho, krn semakin padatnya kendaraan membuat semakin tinggi angka kemacetan dijalan raya gengs. Jadi dengan transmisi otomatis, kita tidak usah capek-capek melewati jalanan macet gengs.

Bagi kamu yang sudah bisa mengemudikan mobil manual, mungkin ada sedikit perbedaan pada transmisi otomatis ini gengs. Yaitu kaki kiri tidak usah capek-capek beraktifitas gengs, karena sudah tidak ada lagi pedal kopling. Kemudian tidak usah mengganti gear atau gigi, karena perpindahan gear dilakukan secara otomatis juga. Hmmm jadi benar-benar dimanja yaa gengs.

Bagi pemula, boleh saja belajar mobil dengan transmisi otomatis ini. Apalagi kamu akan cepat paham bila mengikuti kursus stir mobil bandung, bagi yang berdomisili di Bandung Jawa Barat. Dengan mengikuti kursus mengemudi, kamu akan dilatih oleh instruktur yang professional dan berpengalaman dalam belajar mengemudi.

Bagi pemula, ada baiknya mengenal beberapa komponen dalam mobil bertransmisi otomatis. Sehingga memantapkan pengetahuan seputar mobil matic.

Gambar diatas merupakan pedal dari mobil transmisi matic gengs. Yang biasanya kamu menjumpai tiga pedal pada mobil transmisi manual, kini kamu hanya menjumpai dua pedal pada mobil transmisi otomatis gengs. Yaa hanya ada gas dan rem saja gengs, jadi kaki kiri tidak usah bekerja. Nyantai deh gengs, mau perjalanan jarak dekat atau jauh, serasa duduk di kursi rumah saja hehehe.

Selanjutnya perhatikan gambar kedua pada transmisi ini dan berikut penjelasannya gengs:

  1. P merupakan Parking, yaitu digunakan hanya saat parkir dalam keadaan mesin off. Jadi ketika parkir tanpa mematikan kendaraan, tidak disarankan pada posisi ini. Ketika tuas persneling dipindah ke “P”, maka gear akan mengunci, sehingga mobil tida dapat berjalan maupun didorong.
  2. R atau reverse, digunakan pada saat hendak mundur.
  3. N atau Neutral, sama dengan mobil manual gengs. Pada posisi gear ini, mobil tidak akan berjalan gengs, karena posisi gear ada di netral.
  4. D atau drive. Ini marupakan gear untuk maju. Pada gear ini sama dengan gear 4 di mobil manual. Perlu kamu ketahui gengs, gear “D” ini melakukan perpindahan gear secara otomatis. Baik perpindahan ke gear yang lebih tinggi maupun yang lebih rendah gengs.
  5. 3 merupakan gear 3 gengs. Jadi apabila kamu memindah tuas persneling ke gear 3, maka gear tersebut sama dengan melaju pada gigi 3 gengs. Sama dengan gear “D”, gear 3 ini akan melakukan perpindahan transmisi secara otomatis. Namun hanya terbatas sampai gear 3 saja gengs. Pengunaan gear 3 ini biasanya pada saat mengurangi kecepatan, maka timbulah engine brake, dimana mesin mengurangi kecepatan putarnya karena perpindahan ke gigi yang lebih rendah.
  6. 2 digunakan saat tanjakan landau. Ini sama halnya dengan gigi 2 pada mobil manual gengs. Cara kerjanya sama dengan gigi D maupun 3. Bila kamu menemui tanjakan yang sedang atau landau, kamu bisa mengover ke gigi 2 gengs.
  7. L merupakan gigi Low atau rendah. Nah pada gigi L ini sama dengan gigi 1 dimobil manual. Sangat cocok digunakan untuk melahap tanjakan curam, karena pada gear L ini torsinya besar gengs. 

Nah itu dia dua perbedaan pada mobil transmisi matic gengs. Memang lebih simpel dan mudah, serta memanjakan kita gengs. Tapi jangan heran bila harga mobil matic lebih mahal daripada manual, serta perawatannya harus benar-benar pakai hati yaa gengs.

Semoga membantu kamu dalam mempelajari mobil transmisi manual gengs. Sekali lagi kami ingatkan gengs, bagi yang ingin kursus mobil domisili bandung, silahkan menuju ke kursus mobil bandung. Karena kamu akan ditangani oleh ahlinya disana gengs.

Oke sekian artikel kali ini gengs, semoga bermanfa’at untuk kita semua. Dan tetap semangat gengs dalam belajar mengemudi mobil.