Pengiriman Ikan Cupang Hidup Dengan Pesawat, Bisakah?

Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang bisa anda jadikan sebagai peluang bisnis anda. Cupang atau latinnya adalah cupang sp. Ikan cupang merupakan ikan air tawar yang berasal dari habitat negara-negara Asia, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan negara lainnya.

Ikan cupang merupakan ikan yang berbeda dengan jenis ikan lainnya. dia agresif dan memiliki bentuk tubuh serta karakter yang cukup unik lho. Ikan cupang juga merupakan jenis ikan yang dapat bertahan hidup lebih lama. Dengan ini ikan cupang dapat bertahan hidup meskipun disimpan dalam wadah yang volume airnya sedikit meskipun tanpa aerator—bahkan alat sirkulasi udara.

Sebenarnya ikan cupang dibagi menjadi beberapa kelompok, antara lain cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar.

Salah satu ikan cupang asli dari Indonesia adalah Betta Channoides, tepatnya ditemukan di pulau Kalimantan Timur, Pampang.

Proses pengiriman ikan cupang hias dengan pesawat

Bawa Sample Ikan

Yang pertama anda harus mendapatkan surat karantina. Anda bisa datang ke sana dengan membawa sampel ikan yang satu jenis dengan saku kolam ikan yang akan dikirim . biasanya para pembudidaya ikan yang melakukan ekspor akan melakukan pembedahan. Sekali pembedahan tersebut akan dibedah dan dijadikan 3 sampel untuk 3 sertfikat.

Pesan Cargo

Setelah mendapatkan sertifikat atau surat kargo anda bisa langsung datang ke tempat cargo untuk memesan jasanya. Setiap jasa cargo tentu memiliki layanan yang beragam salah satunya dengan via pesawat.  maka anda bisa memesannya. Jika di suatu layanan kargo tidak ada layanan via pesawat anda bisa mencari layanan cargo lainnya yang memiliki layanan pesawat.

Ambil Surat Pengantar

Setelah anda memiliki sertifikat karantina, kini anda harus mengambil surat pengantar. Di mana surat pengantar ini akan diberikan saat anda membawa kembali ikan  yang akan dikirim ke badan karantina untuk mengecek kebenaran. Hal ini memang terlihat rumit. Namun prosesnya tidak akan selama yang anda bayangkan, kok.

Bawa Ikan ke Jas Cargo

Nah setelah melakukan pengecekan kembali di badan karantina, anda bisa langsung membawa ikan ke jasa kargo yang telah anda pesan tadi.  Tentunya anda membawa ikan hias hidup yang akan diekspor tersebut ke jasa cargo via pesawat.

Anda bisa langsung memberikan tiket dan menyebutkan nomor booking, lalu ikan akan dicek dan dipacking rapi kemabali. Maka ikan yag akan diekspor tersebut siap untuk diekspor.

Nah itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk bisa mengekpor ikan hias melalui via pesawat. lantas bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengekspor ikan hidup melalui via jalur darat?  Caranya hampir sama dengan proses kirim ikan via pesawat.

Namun, cara via darat tentulah berbeda. Jika anda ingin melakukan pengiriman ikan hidup via darat, sebab anda pikir tempat tujuannya lebih dekat, maka anda bisa menggunakan jasa kirim ikan hidup transloka.

Tentunya dengan via darat, anda bisa memilih banyak jasa kirim ikan hidup. Tentunya pengiriman ikan hidup ini dilalui dengn beberapa tahapan yang tidak jauh berbeda seperti yang tlah dijelaskan di atas. Yang penting anda bisa mendapatkan sertifikat karantina, maka semua layanan jasa kirim akan terbuka untuk anda yang ingin mengirim ikan hias hidup.

Transloka Group atau Transloka adalah perusahaan yang bisa anda hubungi untuk melakukan ekspor ikan dari hasil budidaya tersebut. Jangan khawatir, di tangan Transloka semuannya akan baik-baik saja, terlebih anda bisa mengirim ikan dengan selamat dan sentosa. Ya, keamanan yang dibuat Transloka tidak akan bisa anda tolak.