Penjelasan Lengkap OHS jurnal

Jurnal OJS adalah jurnal berbasis online bersama dengan platform bernama Open Journal System.

Bagi mereka yang berada perguruan tinggi atau lembaga pendidikan lainnya, jurnal ilmiah sangatlah penting. Jurnal ilmiah juga menjadi tidak benar satu beberapa syarat kenaikan tingkat sebuah institusi pendidikan sehingga perguruan tinggi ataupun lembaga pendidikan lainnya berlomba-lomba memicu jurnal ilmiah dan mempublikasikannya.

Namun memicu jurnal ilmiah tidaklah semudah membalik telapak tangan, bukan hanya dari ide penelitian namun juga dari aspek biaya. Mencetak dan mempublikasikan jurnal ilmiah membutuhkan ongkos tersendiri sehingga tak semua institusi pendidikan dapat melakukannya bersama dengan mudah.

 

OJS merupakan sebuah platform yang digunakan untuk berbagai manfaat pembuatan jurnal ilmiah dan mencetak serta mempublikasikannya secara online. OJS merupakan salah satu produk dari PKP (Public Knowledge Project) yang dibuat dengan sistem open source.

 

Karena open source, jurnal dengan sistem ini gratis untuk digunakan siapa saja tanpa perlu membayar biaya penggunaan. OJS bisa digunakan untuk mahasiswa yang mencari jurnal ilmiah dan melakukan submit artikel.

Jurnal dengan sistem ini gratis dan punya fitur yang sangat lengkap untuk memudahkan kamu membuat, mengedit dan mengelola jurnal dengan baik. Selain itu open journal system juga memungkinkan jurnal yang dipubliksai lebih Google friendly baik melalui mesin pencari Google secara langsung ataupun yang lebih spesifik Google Scholar. Bagi kamu yang ingin membuat jurnal dan mempublikasikannya, kini tak perlu menunggu lama untuk memulai karena sudah ada OJS yang memiliki banyak kelebihan.

 

Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh OJS sebagai platform jurnal online:

  1. OJS dapat diinstal secara online maupun offline di komputer lokal.
  2. Kamu dapat mengatur setting pada jurnal yang dibuat menggunakan open journal system. Hal ini memungkinkan Kamu langsung mengatur settingan sesuai dengan aturan yang diinginkan pada semua jurnal maupun masing-masing jurnal.
  3. Memungkinkan melakukan manajemen konten secara online maupun offline.
  4. Sudah terintegrasi dengan beberapa mesin pencari sehingga memberikan kemudahan Kamu untuk melakukan indexing pada jurnal.
  5. Adanya notifikasi melalui email mengenai jurnal yang Kamu buat misalnya adanya pengunduhan dari peminat di berbagai negara.
  6. Memiliki fitur pembayaran yang real time.

Meski berbasis online, namun OJS memberikan kemungkinan terhadap pembuatan jurnal ilmiah sesuai dengan yang seharusnya. Alur publikasi artikel jurnal pada jurnal dengan sistem OJS sendiri terdiri dari:

  • Pembuatan akun melalui sign up di laman jurnal OJS
  • Pengiriman artikel oleh penulis.
  • Review artikel oleh editor dan reviewer.
  • Proses editing oleh editor dan penulis.
  • Pengelolaan terbitan oleh editor.
  • Publikasi akhir.
  • Penerbitan jurnal.

Untuk melakukan proses di atas, dibutuhkan sumber daya manusia yang kompeten dengan jumlah yang cukup sehingga jurnal yang diterbitkan betul-betul memiliki kualitas dan hasil sesuai dengan yang diharapkan.

Untuk itu OJS memiliki fitur untuk menambahkan user sesuai dengan kebutuhan dimana kamu bisa memasukkan user yang menjadi editor hingga reviewers sesuai dengan isi jurnal yang kamu buat tersebut.

 

Meski kamu membuat dan mempublikasikan jurnal menggunakan software open source yaitu OJS, namun jurnal ilmiah yang kamu buat tetap bisa dibeli untuk digunakan. Proses pembayaran atas penggunaan jurnal juga akan diatur oleh OJS dimana kamu akan dikirimkan email jika ada transaksi yang berhubungan dengan jurnal ilmiah kamu.

Dengan begitu, Kamu bisa membuat jurnal sebanyak mungkin tanpa mengeluarkan uang untuk biaya publikasinya namun tetap bisa mendapatkan income dari penggunaan jurnal ilmiah tersebut.

OJS juga akan mempermudah ditemukannya jurnal ilmiah Kamu karena sudah memiliki pengaturan untuk memudahkan berbagai mesin pencari untuk menemukan jurnal ilmiah Kamu tersebut. Agar jurnal ilmiah kamu menjadi bisa diakses oleh publik, maka kamu perlu mendaftarkan OJS Kamu ke situs pencari. Ada beberapa situs pencari yang bisa Kamu gunakan seperti Google, Portal Garuda, OneSearch, DOAJ dan sebagainya.